Saturday, September 20, 2014

Bagian Komponen Ac Split

Bagian Komponen Ac Split
Seputar Dunia Elektronik - Banyak orang terutama di Indonesia yang sudah mengetahui tentang manfaat barang elektronik yang satu ini, Ac sekarang ini sudah menjadi bagian dari alat penunjang yang cukup penting bagi kehidupan sehari-hari, terutama dalam cuaca panas, fungsi lain AC selain sebagai pendingin adalah sebagai pemfilter udara dalam ruangan, mengingat AC memiliki satu bagian komponen yang terbilang penting, Yakni Filter udara, yang berfungsi sebagai penyaring udara kotor/debu. sebenarnya banyak bagian komponen lain yang tak kalah penting, dan untuk lebih lengkapnya kami sajikan berikut ini beberapa komponen yang terdapat pada Ac split.



BAGIAN INDOOR

1.PCB (Modul Ac)
PCB (Modul Ac)Komponen inilah yang pertama kali mengontrol kerja AC secara keseluruhan, semua sistem kerja diatur disini, dari power sampai dengan sistem penunjang lainnya.



 



2. Evaporator
EvaporatorBenda ini mirip seperti radiator mobil, bersirip. disinilah proses pendinginan dikeluarkan. pada sistem pendinginan, evaporatorlah yang bertugas sebagai penghantar dingin lalu dihembuskan oleh fan/kipas indoor yang kemudian menghembuskan udara dingin keseluruh ruangan. Evaporator berfungsi menyerap dan mengahasilkan panas dari udara ke refrigran. Akibatnya, wujud cair refrigeran setelah melewati pipa kapiler akan berubah wujud menjadi gas. Secara sederhana, evaporator bisa dikatakan sebagai alat penukar panas. Udara panas disekitar ruangan ber-AC diserap oleh evaporator dan masuk melewati sirip-sirip pipa sehinga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih rendah dari kondisi semula atau dingin. Sirkulasi udara ruangan ber-AC diatur oleh blower indoor.
ThermistorAlat ini bertugas sebagai pemutus aliran listrik ke mesin outdoor (otomatis mati hidup outdoor kompresor) dengan membaca temperatur dingin maksimal, di Ac biasanya terdapat 2 thermistor yang jadi satu ataupun terpisah, yakni thermistor untuk temparatur ruangan dan temperatur pipa epapurator.

4.Motor Fan Indoor
Motor Fan Indoor
fungsi dari alat ini adalah sebagai penghembus udara dingin yang dihasilkan oleh pipa euvapurator, fungsinya sama seperti kipas angin yang menghembuskan angin/udara.






5. Sensor Dan Remote
Remote AcSensor bertugas untuk membaca signal yang dikirimkan oleh remote Ac, sementara remote itu sendiri bertugas sebagai alat pengatur ac secara keseluruhan secara otomatis, seperti mengatur temperatur/suhu,ON/OFF,Mode,Timer,Setelan untuk fanmotor,dan lain-lain.


6.Filter
Filter Acseperti yang telah dibahas di awal, fungsi filter adalah sebagai penyaring udara dan debu, inilah yang sering menyebabkan Ac tidak dingin,yaitu membiarkan filter begitu kotor, padahal filter harus dalam keadaan bersih, dan idealnya filter dibersihkan paling lama 1 bulan sekali.



BAGIAN OUTDOOR

1.Mesin Kompresor Dan Kapasitor
Mesin Kompresor AcInilah sebuah alat yang paling penting, saya lebih suka menyebutnya sebagai jantungnya Ac (khususnya kompresor), kompresorlah yang berperan sebagai pendingin,(di artikel yang lain nanti saya akan membahas tentang prinsip kerja kompresor). sementara kapasitor bertugas sebagai starting/penggerak bagi kompresor.



2. Fan Motor Outdoor
Sama seperti fan motor pada indoor, fan motor outdoor bertugas untuk menghebuskan angin/udara, namun bedanya yang dihembuskan fan motor outdoor adalah hawa panas, hawa panas ini dihasilkan oleh pipa kondensor pada outdoor Ac.



3. Kondensor
Kondensor berfungsi sebagai alat penukaran kalor ,menurunkan temperatur refrigran dari bentuk gas menjadi cair.Biasanya pada kondensor AC menggunakan udara sebagai media pendinginnya (air cooling condensor ). Sejumlah kalor yang terdapat pada refrigeran dilepaskan keudara bebas dengan bantuan kipas (fan motor). Agar proses pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip. Untuk itu, pembersihan sirip-sirip pipa kondensor sangat penting agar perpindahan kalor refrigran tidak terganggu. Jika sirip-sirip kondensor dibiarkan dalam kondisi kotor, akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin.
4.Pipa Kapiler
Pipa kapiler merupakan komponen utama yang berfungsi menurunkan tekanan refrigeran dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Refrigeran bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan diubah atau diturunkan tekanannya. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran akan menurunkan tekanan suhu. Pada bagian inilah (pipa kapiler) refrigeran akan mencapai suhu terendah (terdingin).



5. Accumulator
Accumulator berfungsi sebagai penampung sementara refrigeran cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas accumulator menuju ke saluran isap kompresor. Untuk mencegah agar refrigeran cair tidak mengalir kekompresor, accumulator mengkondisikan wujud refrigeran tetap dalam wujud gas, sebab ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor dan tidak merusak bagian dalam kompresor.

6. Overload Motor Protektor
Overload Motor Protektorberfungsi sebagai pemutus pada mesin kompresor, bertugas ketika kompresor memiliki panas lebih dari normal, dan overload lah yang memutuskan aliran listrik ke kompresor.

Demikian tadi mengenai beberapa komponen yang terdapat pada Ac Split (umumnya setiap Ac apapun memiliki komponen seperti diatas). semoga bermanfaat dan menjadi sarana menambah ilmu bagi teman-teman yang mau belajar tentang Ac.

Artikel Terkait

Bagian Komponen Ac Split
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.