Sunday, July 7, 2019

Bolehkah Memasang Outdoor AC Diluar Rumah ? Kalau Kena Hujan Apa Ngak Rusak Tuh ?

Bolehkah Memasang Outdoor AC Diluar Rumah ? Kalau Kena Hujan Apa Ngak Rusak Tuh ?

Berhubung banyak sekali para pelanggan yang bertanya mengenai -- Apakah outdoor AC boleh dipasang diluar rumah ? Dan apakah aman jika nanti terkena hujan?

Maka saya akan membahasnya dalam tulisan kali ini. 

Pertanyaan ini cukup sering di lontarkan oleh beberapa pelanggan. Banyak mereka yang mempertanyakan sejauh mana keamanan jika outdoor dipasang diluar rumah.

Bolehkah outdoor AC dipasang diruangan terbuka?


Apakah aman jika terkena hujan nantinya dan apakan aman juga jika outdoor tersebut terkena sinar matahari secara langsung.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya saya menjelaskan beberapa hal yang mungkin perlu anda ketahui seputar outdoor AC.

Sebenarnya outdoor AC sudah dirancang memang untuk beberapa situasi seperti panas dan hujan. Outdoor AC menggunakan penutup casing yang sudah aman. Bagian bagian penting seperti blok kelistrikan dan kompresor sudah memiliki pengaman yang membuatnya aman dari air.

Untuk kipas sendiri terbilang aman, bagian dinamo pada posisi yang tidak mengkuatirkan terhadap air.

Namanya juga " outdoor AC ", ya pasti posisinya pasti di luar dong. Tidak peduli pada saat hujan maupun panas, outdoor AC tetap aman meskipun diletakan diruangan terbuka.

Namun perlu anda ketahui bahwa air hujan tidak terlalu baik untuk bahan material seperti besi, plat dan plastik.

Mungkin meletakan outdoor AC pada ruangan terbuka akan aman dari basah atau air. Tapi ini hanya aman untuk part dan kelistrikan.

Jika di lihat dari sisi bagian body outdoor, maka jelas. Air hujan dapat membuat body outdoor AC menjadi lebih cepat karatan. Sementara untuk body outdoor yang menggunakan bahan material plastik, maka akan membuatnya mudah rapuh.

Jadi kesimpulannya adalah, sebenarnya meletakkan outdoor AC pada ruangan terbuka cukuplah aman. Meskipun pada kondisi hujan dan panas.

Yang menjadi masalah mungkin lebih kebagian casing outdoor. Biasanya jika kita meletakan outdoor AC pada ruangan terbuka. Maka body outdoor AC tersebut menjadi lebih cepat karatan dan keropos.

Namun untuk bagian kelistrikan dan part, tidak ada masalah. Karena outdoor AC sudah dirancang agar bagian bagian tersebut aman dari air jika terjadi hujan.

Sebagai tambahan saja dari saya bahwa sebaiknya anda tetap memasang outdoor AC pada posisi ideal.

Pasang outdoor AC pada ruangan terbuka namun aman dari air hujan dan sinar matahari langsung.

Karena matahari langsung akan membuat outdoor dibagian kompresor menjadi lebih panas.

Outdoor sendiri sudah mengeluarkan udara panas, jadi jika anda meletakan outdoor yang berpotensi terkena sinar matahari langsung. Maka ini akan membuatnya menjadi lebih panas lagi ( bagian kompresor).

Jika hal ini dibiarkan maka dikhawatirkan akan membuat kompresor menjadi overheating bahkan jebol.

Jadi, meskipun meletakan outdoor AC diluar ruangan diperbolehkan. Namun alangkah baiknya untuk tetap menempatkan outdoor AC pada tempat terbaik.

Tempat terbaik untuk menempatkan outdoor adalah ruangan terbuka namun teduh dan aman dari guyuran air hujan.

Sebaiknya sebelum memasang AC, anda konsultasikan dahulu kepada tukang AC yang akan memasang AC tersebut. Minta saran mereka untuk posisi yang ideal. Gunakan juga penyedia jasa pemasangan AC yang sudah berpengalaman dan profesional.

Salah satu penyedia jasa profesional yang saya kenal kenal adalah Tirta Elektronik ( Jakarta). Anda bisa menghubungi mereka di website www.tirtaelektronik.com.

Demikian tadi sedikit pendapat saya mengenai bolehkah outdoor AC di pasang diruangan terbuka. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

Bolehkah Memasang Outdoor AC Diluar Rumah ? Kalau Kena Hujan Apa Ngak Rusak Tuh ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

February 28, 2021 at 1:13 AM delete

Bolekah autdor AC atau kisi-kiri yang almanium itu waktu di hidupkan & saya semprot air selama AC tersebut hidup atau nanti bisa rusak autdoor AC nya

Reply
avatar
February 28, 2021 at 1:16 AM delete

Bolehkah kisi.kisi autdoor AC yang almanium itu saya siram dengan air waktu AC/autdoor nya hidup

Reply
avatar
March 8, 2021 at 7:14 PM delete

Sebaiknya jangan...matikan unit saat mencuci

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.