Sunday, November 24, 2019

Penyebab Indoor Ac Keluar Es Dan Cara Mengatasinya

Penyebab indoor ac keluar es dan cara mengatasinya.

Penyebab Indoor Ac Keluar Es Dan Cara Mengatasinya


Hallo bos semua, sudah lama saya ngak update tulisan di blog ini. Kali ini saya mau berbagi sedikit ilmu dan pengalaman soal penyebab indoor ac ( evaporator) keluar es.

Sesuai dengan pengalaman yang sudah saya temui, ada beberapa hal yang membuat ac bagian indoor bisa mengeluarkan Es.

Seperti kerusakan kipas indoor, thermistor tidak bekerja dan mampat pada sirkulasi pipa ac atau evap. Namun sebelum kita memutuskan untuk menvonis penyebab mana yang membuat evap ac bisa keluar Es, maka sebaiknya kita melakukan pemeriksaan dengan teliti terlebih dahulu.

Berikut ini penyebab indoor ac keluar es dan cara mengatasinya.

1. FAN Atau Kipas Indoor Mati

Secara logika dan sistem kerja, sebuah Ac adalah pendingin yang memerlukan sebuah kipas untuk menghembuskan atau mengeluarkan udara dingin yang dihasilkan.

Ketika evap memproduksi udara dingin lewat kerja kompresor, maka selanjutnya kipas akan membuang udara dingin tersebut dari proses sebelumnya.

Sehingga udara yang dihembuskan oleh kipas tadi dapat keluar dan menyebar mendinginkan ruangan.

Lalu apa jadinya jika kipas ac tersebut rusak? Maka akan membuat udara dingin tidak keluar. Dan hal tersebut akan membuat evap atau indoor mengeluarkan tumpukan Es layaknya sebuah kulkas.

Banyak kasus yang saya temui dilapangan mengenai permasalah ini. Salah satu penyebab yang membuat kipas mati adalah disebabkan oleh kerusakan kapasitor fan - nya.

Untuk memeriksa kerusakan kipas sendiri sebaiknya kaliam membuka casing ac dan mulai melepas kipas tersebut. Penyebab kipas tidak berputar selanjutnya adalah disebabkan oleh kerusakan dinamo kipas itu sendiri, dan jika sudah begini maka kalian bisa mengganti motor fannya dengan yang baru.

Perhatikan juga apakah ada kabel motor fan yang putus, biasanya sih suka digigit tikus. Jadi kalian harus benar benar membongkar bagian indoor ac tersebut untuk mengetahui permasalah dari permasalah kipas.

Kipas mati juga bisa disebabkan oleh himpitan casing atau body indoor. Coba saja untuk memutar bagian daun kipas indoor bagian dalam dengan tangan, tapi pastikan posisi ac dalam keadaan off ya. Putar apakah kipas berat atau tidak ketika di putar dengan tangan. Karena biasanya kipas terkadang terasa berat karena bagian bearing motor fan yang sudah berkarat atau kotor.

2. AC Terlalu Kotor

Buat kasus ac kotor sih mudah ya bos, kita hanya perlu melakukan pencucian ac dengan bersih. Perlu kalian ketahui bahwa ac yang terlalu kotor( terutama pada bagian indoor) dapat menyebabkan evap indoor mengalami pembekuan.

Kasusnya sih sebenarnya hampir sama seperti kerusakan kipas, ini karena udara dingin tidak keluat dengan sempurna. Jadi, jangan lupa untuk melakukan perawatan ac dengan rutin ya bos bos sekalian. Pokoknya jangan malas dan pelit deh dalam melakukan perawatan ac.

3. Mampet

Mampet pada sirkulasi jalan freon juga dapat membuat evap mengalami pembekuan. Pada satu waktu saya pernah mengalami ini, evap beku dan setelah di cek ternyata ada pipa ac yang ketekuk. Setelah pipa di perbaiki maka pembekuan sudah bisa saya atasi.

Masalah lain yang pernah saya temui juga masih berhubungan dengan mampetnya sirkulasi freon, yakni pada bagian evap dalam.

Ketika di buka dan di flushing, bagian dalam evap ternyata banyak sekali cairan oli atau sisa freon berwarna pekat kekuning kuningan.

Dan langkah perbaikan dari permasalahan itu saya hanya melakukan pengurasa atau flusing. Setelah itu maka pembukan ac sudah tidak terjadi lagi.

4. Thermistor Rusak

Thermistor yang rusak juga akan membuat evap mengeluarkan es, hal ini karena thermis yang tidak bekerja sehingga kompresor hidup terus menerus dalam waktu yang lama.

Jika sudah begitu maka dingin yang di hasilkan indoor melebihi batas maksimal, karena terlalu dingin itulah yang membuat evap malah mengeluarkan es layaknya kulkas.

Pada kondisi ini sebenarnya thermistor bukan mengalami kerusakan, tapi lebih kepada daya tangkap sensor dingin pada sebuah thermistor sudah tidak peka terhadap dingin.

Mengganti thermistor dengan yang baru meruapakan langkah paling tepat yang bisa kita lakukan. Nah, itu tadi beberapa penyebab indoor ac mengeluarkan es. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengunjungi channel youtube saya juga ya, klik di gambar youtube di bawah ini :::::


Artikel Terkait

Penyebab Indoor Ac Keluar Es Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.