Wednesday, May 27, 2015

Mengatasi Keluhan Handphone Tidak Dapat signal (No Signal)


Mengatasi Keluhan Handphone Tidak Dapat signal (No Signal)
Kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan yang sering terjadi pada Handphone, yakni keluhan handphone tidak dapat sinyal atau muncul "no signal". Penyebab handphone tidak dapat sinyal adalah terjadi kerusakan pada Switch Antena, hal ini bisa terjadi karena seringnya melakukan penggantian cashing HP atau kecerobohan lainnya seperti handphone yang sering terjatuh atau terbentur,  hal-hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan komponen switch antena. Kerusakan pada switch antena dapat menyebabkan handphone "searching" terus menerus dan menyebabkan gangguan sinyal pada handphone.

Switch Antena yang rusak menyebabkan handphone tidak dapat menerima dan mentransmisikan sinyal ke Base Transciever Station ( BTS ), sehingga tidak dapat masuk ke dalam jaringan operator. Kerusakan ini berhubungan dengan empat komponen, yaitu IC PA, RF Filter (RF IF), RF Processor (IF IC), dan Switch Antena. Pasalnya keempat komponen IC tersebut terkait langsung dalam proses penerimaan dan pemancaran sinyal.

Untuk mengatasi permasalahnya, berikut solusinya :

1. Cek komponen PA,RF If,If IC, dan Switch Antena.
2. Setelah di cek, panaskan solder timah pada komponen-komponen tersebut dengan menggunakan Bot Air, proses ini otomatis akan membuat kaki-kaki komponen tersebut akan rapih kembali dengan sendirinya. Aturlah suhu dan tekanan angin agar seimbang di bantu dengan cairan songka agar komponen tidak pecah, lakukanlah langkah tersebut selama 1-2 menit.
3. Bersihkanlah komponen yang tadi telah dipanaskan dan terkena cairan songka dengan menggunakan cairan IPA.
4. Uji ulang, cek apakah operasional  sinyal sudah normal kembali dengan cara menhidupkan handphone, pastikan apakah indikator sinyal sudah muncul atau belum.
5. Jika sinyal belum muncul maka gantilah komponen-komponen tersebut dengan yang baru.

Artikel Terkait

Mengatasi Keluhan Handphone Tidak Dapat signal (No Signal)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.