Thursday, September 22, 2016

Cara Membuka Kipas Kulkas Bagian Frezzer Atas


Cara Membuka Kipas Kulkas, Bagian Freezer Atas | www.seputarduniaelektronik.com

Anda sedang kebingungan mengenai bagaimana melepas kipas pada kulkas ? Anda ingin mengganti kipas kulkas yang rusak namun bingung bagaimana cara membukanya ? Berikut kami berikan penjelasanya.

Kipas kulkas terletak pada bagian dalam frezeer di mana posisinya berdekatan dengan evaporator, letak pastinya adalah di bagian atas kulkas (pintu atas). Untuk melepaskan kipas kulkas langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka casing dalam penutup evaporator.


Sebelum membuka ada baiknya Anda mengeluarkan semua makanan yang terdapat didalam freezer, dankeluarkan juga rak-raknya.

Perhatikan gambar di bawah ini :



Penjelasannya : 
 
1. Buka casing bagian dalam kulkas (di dalam pintu atas - bagian freezer)

Cari skrup seperti yang tertera pada gambar , buka skrupnya dan buka casing secara perlahan (jangan dipaksa jika susah). Jika keras karena adanya penumpukan es, maka Anda bisa menyiramnya terlebih dahulu dengan air hangat, atau setidaknya biarkan dahulu sampai es di dalam mencair secara menyeluruh.

2. No 2 pada gambar menandakan tempat scrup kipas, silahkan untuk membukanya. No 3 adalah kipasnya, Anda bisa membuka langsung dan hati-hati dalam melepaskan kabelnya. Jika kipas memiliki arus DC maka tidak bisa terbalik dalam pemasangan kabelnya, namun jika arus Ac maka kabel bisa di bolak-balik, tidak masalah. Yang paling aman adalah dengan menandakan kabel agar memudahkan pemasangannya nanti.

3. Setelah kipas terbuka, maka silahkan untuk di perbaiki. Jika ingin menggantinya, maka carilah ukuran dan spesifikasi kipas yang sama atau sesuai dengan kipas yang lama. Jika bisa cari yang dudukan tempat lubang scrupnya sama, agar memudahkan pemasangan. 

4. Selesai, pasang kembali kipas, casing dan jangan lupa skrupnya. 

Bagaimana ? mudah bukan ? 
Demikian tadi tulisan cara membuka kipas kulkas bagian freezer atas, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga :
Cara membersihkan Ac Sendiri Di Rumah Step By Step
Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air

Artikel Terkait

Cara Membuka Kipas Kulkas Bagian Frezzer Atas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.