Saturday, July 30, 2016

Mengenal Kerusakan Mesin Cuci Bersuara Kasar

Mengenal Kerusakan Mesin Cuci Bersuara Kasar


Mungkin anda pernah mengalami permasalahan mesin cuci yang mengeluarkan suara kasar, sebuah keadaan yang mungkin sangat mengganggu, sebagian orang mungkin tidak masalah, namun yang lainnya merasa terganggu jika mesin cuci yang mereka miliki mengeluarkan suara kasar ketika di operasikan, sebenarnya suara kasar dapat terjadi karena beberapa hal, seperti body mesin cuci yang sudah tidak baik atau memang ada part yang rusak, misalnya ketika gearbox mengalami kerusakan, gearbox biasanya rusak karena beban cucian yang terlalu banyak, kerusakan awal pada gearbox biasanya memiliki ciri seperti mengeluarkan suara kasar ketika mesin bekerja. Selain gearbox tentunya ada beberapa penyebab lainnya, pada kesempatan kali ini kami akan memuat tulisan tentang " Mengenal Kerusakan Mesin Cuci Bersuara Kasar ", berikut mari kita simak bersama.

Pertama : Seperti pada pembukaan di awal bahwa salah satu penyebab keluarnya suara kasar pada mesin cuci adalah karena gearbox mengalami kerusakan, mungkin sebagian bertanya apa sih gearbox itu. Gearbox adalah sebuah alat yang terpasang pada mesin cuci dengan sistem kerja sebagai penyalur tenaga atau daya yang menghasilkan sebuah daya perputaran atau pergesekan, gearbox sendiri merupakan sebuah alat yang sangat di butuhkan untuk menyesuaikan daya atau torsi dari motor (dinamo) yang berputar, gearbox terhubung ke bagian tabung atas.

Hal pertama yang terjadi ketika gearbox rusak adalah terjadinya gesekan yang meyebabkan keluarnya suara kasar, biasanya hal ini terjadi dikarenakan oleh beban cucian yang terlalu banyak sehingga membuat kerja gearbox lebih berat, jika suara kasar dari gearbox sudah terdengar, ada baiknya anda segera mengganti gearbox mesin cuci anda dengan yang baru, jika di paksakan berputar kemungkinan malah akan membuat dinamo motor mesin cuci anda panas, lebih parahnya akan membuat dinamo motor terbakar karena panas.

Kedua : Pada bagian body yang kendur juga dapat menimbulkan suara yang agak kasar, seperti body bergoyang ketika mesin cuci sedang beroperasi, namun hal ini tidak terlalu mengkhawatirkan, karena tidak terlalu berpengaruh pada kerja mesin cuci,langkah pertama jika suara kasar timbul diakibatkan karena body, maka anda perlu mencari bagian body mana yang bergetar, jika sudah di temukan maka segera perbaiki, dengan mengencangkan baut pada body misalnya.

Baca Juga : Mengoptimalkan Kerja Mesin Cuci Dengan Pengurangan Beban

Ketiga : Suara kasar di timbulkan oleh gesekan dinamo ketika berputar, kemungkinan ini terjadi karena motor dinamo sudah berkarat, atau bisa juga disebabkan karena bearing motor yang sudah rusak, segera ganti dinamo atau perbaiki jika terjadi masalah seperti ini. Gesekan pada dinamo selain menimbulkan suara yang berisik, bisa juga mengakibatkan kerusakan fatal pada motor dinamo, seperti gulungan dinamo terbakar.

Keempat : Kaki dinamo yang tidak baik juga dapat menimbulkan suara berisik, terutama untuk dinamo spin atau pengering, posisi kaki dinamo yang tidak stabil dapat mengeluarkan suara berisik ketika beroperasi, pastikan kaki - kaki dinamo dalam keadaan baik, perhatikan pula penempatan cucian ketika proses pengeringan, beban tidak boleh berat sebelah, usahakan meletakkan cucian pada posisi yang rata.

Jangan lupa juga untuk berkunjung dan subscribe channel youtube kami ya bos, silahkan klik gambar dibawah ini untuk masuk ke channel youtube kami :



Artikel Terkait

Mengenal Kerusakan Mesin Cuci Bersuara Kasar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

January 23, 2019 at 7:28 PM delete

🙏 Makasih deh lumayan ngebantu

Reply
avatar
February 22, 2019 at 6:34 PM delete

Mks. Berangkat ke tempat service

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.