Sunday, December 9, 2018

Kerusakan Mesin Cuci Mampet Tidak Bisa Mengisi Air

Kerusakan Mesin Cuci Mampet Tidak Bisa Mengisi Air

Kali ini kami akan membahas mengenai kerusakan mesin cuci mampet tidak bisa mengisi air. Untuk tulisan kalian ini hanya untuk mesin cuci satu tabung top loading atau pintu bukaan atas.

Apa saja yang membuat mesin cuci tidak mau mengisi air dan bagaimana cara mengatasinya?

Mesin cuci top loading satu pintu merupakan varian mesin cuci dengan model bukaan pintu atas -- tentunya berbeda dengan mesin cuci jenis front loading yang memiliki pintu dibagian depan.

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada mesin cuci jenis ini adalah kerusakan tidak bisa mengisi air. Berdasarkan sistem kerja, mesin cuci top loading memiliki alat otomatis sebagai pembuka dan penutup jalur air bernama water Inlet.

Alat ini yang memainkan peranan buka tutup akses air. Jika proses awal pencucian maka alat otomatis ini bekerja memberikan akses masuk untuk air. Dan saat air sudah sesuai dengan kapasitas tabung ( menentukan ketinggian air otomatis maupun manual) maka selenoid menutup akses air tersebut untuk dilanjutkan pada proses kerja putaran pencucian.

Dan saat pembilasan maka water Inlet kembali bekerja jika air sudah di buang dan masuk kedalam proses pengisian air lagi kedalam tabung - dan begitu seterusnya.

Salah satu masalah jika mesin cuci tidak mau keluar air ya karena kerusakan pada water Inlet. Baik itu karena mampat disebabkan oleh kotoran ( terdapat filter pada water Inlet) maupun memang alat tersebut memang sudah rusak.

Cara melakukan pengecekan nya sebagai berikut.

Pertama :

Buka selang air di Mesin cuci -- perhatikan apakah air keluar dari selang. Jika air tidak keluar dari selang, ya berarti masalahnya pada air dirumahmu yang tidak keluar.

Namun jika air dari selang tersebut keluar bahkan cukup deras, maka bisa jadi masalah tadi karena kerusakan water Inlet.

Kedua :

Setelah kamu membuka selang maka buka juga drat selang yang menuju ke mesin cuci ( Inlet). Disana kamu akan melihat filter air, cek apakah filter tersebut kotor. Jika kotor maka kamu bisa membersihkannya dengan melepas filter tersebut.

Ketiga :

Jika filter sudah dibersihkan atau memang tidak kotor maka selanjutnya adalah mengetes kerja mesin cuci ( jangan pasang filter dulu). Pasang kembali selang seperti semula dan operasikan kembali mesin cuci.

Lihat apakah air tetap juga tidak keluar ? Jika iya maka gunakan cara berikutnya.

Keempat :

Buka penutup bagian atas belakang tempat water Inlet di letakan. Setelah terbuka maka ambil tespen ( alat tes untuk mengetahui ada atau tidaknya listrik di pin soket water Inlet).

Pada saat posisi mesin cuci hidup ( posisi on) maka tempelkan tespen ke soket water Inlet. Lihat apakah ada arus listrik disana. Jika ada maka menandakan water Inlet rusak ( biasanya ada getaran pada water Inlet. Namun jika arusnya tidak ada maka kemungkinan besar ada kabel yang putus pada jalur ke water Inlet tersebut -- atau bisa juga kerusakan pada main PCB (MODUL).

Untuk kerusakan water Inlet kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Sementara untuk kerusakan modul maka mintalah bantuan dari tukang service mesin cuci yang telah berpengalaman dalam perbaikan modul mesin cuci ( tidak semua teknisi menguasainya).

Apakah sudah cukup paham sampai disini? Jika tidak maka silahkan minta bantuan pada tukang service mesin cuci 😁😁😁😁.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terus baca artikel kami lainnya Dan dapatkan pengetahuan tentang alat elektronik dan pendingin.

Salam.


Artikel Terkait

Kerusakan Mesin Cuci Mampet Tidak Bisa Mengisi Air
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.