Sunday, February 24, 2019

Kerusakan Mesin Cuci Keluar Kode DE

Kerusakan Mesin Cuci Keluar Kode DE

Untuk memastikan penyebab mengapa mesin cuci tidak mau berputar dan mengeluarkan kode DE maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa beberapa kemungkinan. Kode DE dapat diartikan sebagai gangguan pada fungsi sensor pintu ( Door), itulah mengapa kebanyakan mesin cuci memakai kode DE sebagai tanda yang mengisyaratkan bahwa telah terjadi eror pada sistem pintu -- yang artinya adalah Door Eror atau sensor pintu eror akan terbaca jika sistem pada switch pintu mengalami masalah.


Sebagai contoh adalah ketika dua plat pada switch tidak saling bersentuhan, sehingga arus terputus. Atau bisa juga disebabkan oleh pengait pintu yang patah sehingga plat switch tidak tertekan. Namun sebagai langkah perbaikan ada baiknya kita membuka penutup bagian atas belakang mesin cuci dimana switch pintu diletakan.

Kerusakan Mesin Cuci Keluar Kode DE Dan Cara Mengatasinya.


Selain kerusakan switch sebenarnya ada penyebab umum lainnya yang bisa menyebabkan kode DE ini keluar.  Seperti adanya kabel yang terputus misalnya, atau sensor magnet yang tidak bekerja. Khusus sensor magnet biasanya terdapat pada mesin cuci merk LG. Anda dapat melihat diujung pintu terdapat magnet kecil, biasanya magnet ini terlepas.

Pada bagian perbaikan, anda harus melihat switch dengan dua kabel yang terhubung. Cek apakah kabel terhubung sempurna, atau plat switch masih menempel. Jika menggunakan sensor magnet maka anda bisa mencoba memeriksanya apakah magnet masih terpasang, jika magnet hilang maka anda bisa menggunakan magnet dari speaker untuk mencobanya. Caranya adalah dengan menempelkan magnet di dekat mainboar atau module pada posisi tengah pintu (posisi saat pintu tertutup).

Jika mesin cuci hanya menggunakan switch pintu biasa maka anda bisa coba melangsungkan dua kabel yang terhubung ke switch. Lihat apakah jika  kedua kabel di bypass mengalami perubahan ( kode DE hilang). Jika kode DE hilang maka sudah fix bahwa switch pintu mengalami kerusakan atau dua plat di dalam switch tidak menempel. Sebenarnya menyambungkan dua kabel pada switch yang rusak tidak menjadi masalah, bisa bisa saja. Namun jika hal ini dilakukan maka ketika pintu mesin cuci di buka saat beroperasi maka akan tetap menyala.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa hanya ada dua kemungkinan yang menyebabkan mesin cuci mengeluarkan kode eror DE, yakni masalah switch pintu dan kabel putus. Tidak sulit sulit amat sih untuk memperbaikinya, kecuali untuk sensor pintu yang menggunakan magnet. Karena anda harus menggunakan magnet dengan kekuatan yang kuat dan meletakan magnet pada posisi yang pas.

Demikian tadi penjelasan saya mengenai kerusakan mesin cuci keluar kode DE, semoga dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

Kerusakan Mesin Cuci Keluar Kode DE
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.