Saturday, May 18, 2019

Mengenal Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Mengenal Fungsi Thermostat Pada Kulkas

Mengenal Fungsi Thermostat Pada Kulkas adalah topik yang akan kita bahas kali ini. Kita akan mengulas tentang fungsi dan penjelasan lengkap mengenai thermostat yang ada pada kulkas, baik kulkas satu pintu maupun lebih.

Secara garis besar, thermostat merupakan alat penghubung dan pemutus arus listrik yang menuju ke mesin kompresor. Alat ini bekerja mendeteksi suhu dingin yang dihasilkan kulkas.

Jika suhu belum mencapai batas maksimal maka thermostat tetap akan menghubungkan arus listrik menuju ke kompresor, sementara jika suhu sudah mencapai batas maksimal maka thermostat akan memutus arus listrik yang menuju ke kompresor.

Bagaimana dengan kulkas yang menggunakan sistem timer ( defros) ?

Didalam sistem kulkas jenis nofrost, biasanya dua pintu atau lebih. Peran thermostat sebenarnya tidak terlalu penting, boleh di bilang hanya sebagai pelengkap, karena semua sistem listrik diatur oleh timer.

Namun, walaupun terkesan sebagai pelengkap saja, nyata thermostat tetap saja terpasang. Ini lebih kepada menambah peran thermostat sebagai pengaman jika timer mengalami masalah.

Thermostat ini tetap saja bekerja sebagai pemutus arus listrik menuju kompresor. Jadi, walaupun sudah menggunakan sistem defros, penggunaan thermostat di dalam kulkas dua pintu atau lebih tetap saja diperlukan.

Ciri thermostat kulkas rusak

Thermostat sama seperti alat atau part lainnya di dalam sistem kulkas, alat ini bisa juga mengalami kerusakan. Thermostat yang rusak memang tidak memiliki ciri khusus pada fisik. Jadi kita perlu melakukan pengukuran menggunakan multy tester.

Kita dapat menggunakan alat ukur dengan mode skala ohm. Ukur pin soket pada thermostat, jika hasil ukur tidak menunjukan jarum atau angka yang baik ( terhubung), maka dapat di pastikan thermostat mengalami kerusakan. Namun jika jarum atau angka pada multy tester mengalami kenaikan ( bergerak naik), maka ini menunjukan thermostat dalam keadaan baik.

Dimana letak thermostat pada kulkas.

Jika kita melihat sebuah knop atau pemutar dengan gambar angka didalam kulkas, maka itu adalah knop dari thermostat. Didalam knop itulah termostat berada. Biasanya thermostat terpasang di bagian ruang bawah pada kulkas dua pintu. Sementara untuk satu pintu biasanya terletak persis di bagian bawah freezer atau evaporator.

Penyebab thermostat rusak

Untuk masalah ini, sebenarnya tidak dan belum ada orang yang dapat memastikan penyebab kerusakan thermostat secara detail dan jelas. Karena ada banyak faktor yang membuat thermostat rusak, namun yang paling masuk akal adalah dari usia kulkas yang memang sudah tua. Jadi, faktor usia inilah yang mungkin saja membuat thermostat bisa rusak.

Apakah thermostat bisa diperbaiki?

Pertanyaan ini bisa kita jawab tergantung dari mana kita melihat masalahnya. Jika kerusakan thermostat di lihat dari segi sensitivitas terhadap dingin, maka kita bisa mengakalinya dengan sedikit menutup ujung (kawat) thermostat tersebut dengan isolasi, ini diharapkan bisa membuat fungsi thermostat agar tidak terlalu sensitif terhadap hawa dingin.

Namun jika thermostat mengalami kerusakan yang parah, mati total misalnya. Maka mengganti thermostat dengan yang baru bisa menjadi alternatif terakhir untuk dilakukan.

Apalagi dengan harga thermostat yang relatif murah, hanya di kisaran 50ribuan ( untuk kulkas dua pintu ). Kecuali untuk thermostat dengan jenis yang besar seperti thermostat pada chiller yang harganya sudah ratusan ribu.

Intinya adalah jika thermostat sudah mati, maka sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Kenapa kulkas membutuhkan thermostat ?

Seperti yang sudah saya bahas di awal, bahwa fungsi thermostat adalah sebagai pemutus dan penghubung arus ke sistem kelistrikan kompresor dengan kerja sebagai sensor pendingin.

Artinya adalah thermostat bekerja sebagai pemutus kompresor jika level dingin yang dihasilkan sudah mencapai batas maksimal.

Ini penting , karena tidak mungkin kompresor hidup terus menerus. Jadi, pada saat dingin sudah sangat tinggi, maka si kompresor haruslah mati atau beristirahat. Nah, ini lah peran dari thermostat, sebagai alat untuk mematikan kompresor agar dingin tidak terlalu over dan kompresor dapat beristirahat agar tidak hidup terus menerus.

Apa efeknya jika thermostat mengalami kerusakan?

Hanya ada dua, yaitu kompresor tidak hidup sama sekali dan satu lagi adalah kompresor hidup terus menerus. Bahayanya adalah jika kompresor hidup terus menerus.

Jika ini terjadi maka lama kelamaan akan membuat kompresor jebol atau short. Masalah lainnya adalah kompresor over Heating atau mengalami panas yang berlebih.


Artikel Terkait

Mengenal Fungsi Thermostat Pada Kulkas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.