Wednesday, December 1, 2021

Habis Di Cuci Ac Malah Tidak Dingin Dan Eror

Habis Di Cuci Ac Malah Tidak Dingin Dan Eror


Habis Di Cuci Ac Malah Tidak Dingin Dan Eror ~ Seputar Dunia Elektronik - Kali ini Saya akan berbagi pengalaman mengenai permasalahan AC yang cukup sering terjadi.

Permasalahan ini justru terjadi setelah di cuci. Biasanya setelah dicuci AC justru malah mengalami beberapa masalah seperti :

1. Tidak dingin
2. Indoor ac mati
3. Lampu timer berkedip
4. Outdoor tidak hidup
5. Netes air
6. Listrik anjlok.

Dari beberapa masalah diatas keluhan yang sering terjadi adalah lampu timer berkedip, AC tidak dingin dan indoor atau outdoor AC malah mati.

Namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai kerusakan AC tidak dingin dan eror, dan keluhan ini terjadi justru sehabis dilakukan perawatan, yakni pencucian.

Bagi kalian yang baru saja belajar AC, atau teknisi baru. Tidak perlu panik dan bingung ketika menghadapi permasalahan ini.

Karena siapapun teknisinya dan seberapa besar ilmu dan pengalamannya. Tetap saja pasti pernah mengalami ini.

Dan untuk Anda sebagai pelanggan atau pengguna jasa. Mohon tidak melabeli teknisi dengan sebutan teknisi amatir atau terkesan menyalahkan.

Karena jujur saja, banyak sekali pengguna jasa yang menyalahkan teknisi dengan label yang tidak enak.

Anda semua harus tahu, bahwa ac merupakan barang elektronik. Kadang AC dapat mengalami masalah tanpa sebab dan kadang kami sebagai teknisi juga bisa khilaf dan penuh dengan kekurangan.

Eror AC setelah dicuci dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:

1. Basah
2. Kurang freon
3. Ac memang sudah menujukan gejala rusak

Kita sebagai teknisi kadang suka apes. Penting sekali melakukan pengecekan Ac sebelum mencucinya.

Karena ada banyak pengguna jasa yang tidak mengatakan tentang keluhan Ac mereka. Malah terkesan menutupi, padahal Ac nya memang ada keluhan. Tapi mereka hanya minta di cuci, dan setelah di cuci mereka malah komplain.

Bagi pengguna jasa yang seperti itu, mohon untuk menghargai kami sebagai teknisi. Bicarakan keluhan Ac anda secara terbuka, agar kami tidak disalahkan.

Namun, selain itu. Kadang kami juga memang melakukan kesalahan. Salah satunya adalah kekurang hati hatian saat mencuci.

Sebagai contoh adalah saat mencuci tidak menutup modul atau sensor. Sehingga sensor dan modul tersebut menjadi basah.

Jadi, buat para teknisi. Sebaiknya untuk tetap memperhatikan cara kerja kita ya. Bekerjalah dengan standar kerja yang baik. Jangan sampai merugikan pelanggan, apalagi langganan yang sudah kita dapatkan dengan susah payah.

Oke, kita lanjut ke pembahasan utama. Kenapa sih AC yang baru di cuci justru malah tidak dingin atau eror ?

Berikut ini penjelasanya !!

AC eror kedap kedip setelah dicuci.

Untuk masalah ini biasanya disebabkan oleh sensor yang basah, kurang freon dan motor fan yang mati.

Untuk kasus motor fan, saya berikan sedikit tips yang bisa anda lakukan saat melakukan pencucian motor fan (kipas), terutama bagian indoor.

Biasakan melakukan pencucian motor fan dengan perlahan, jangan menyemprot fan secara terus menerus. Tahan fan dengan tangan saat mencuci. Karena beberapa jenis Ac dengan fan tertentu, jika kita menyemprotnya terus menerus justru akan membuat motor fan menjadi eror dan rusak.

Untuk masalah freon, biasanya tekanan berkurang. Ini mungkin saja memang sudah terjadi sebelum anda mencucinya. Jadi, biasakan anda melakukan pengecekan freon sebelum mencucinya.

Sementara jika kedap kedip terjadi karena sensor yang basah, maka anda sebaiknya untuk membiasakan diri melakukan pengecekan sebelum memasang cover Ac. Setelah di cuci, periksa dahulu sensornya, jika basah maka keringkan dahalu, bisa dengan kain kering atau panaskan dengan korek api.

Mengapa Ac setelah dicuci malah outdoor tidak mau hidup ?

Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Saya sering menemukan masalahnya terletak pada tekanan gas freon yang berkurang. Lalu hal lainnya disebabkan oleh settingan remote. Thermistor juga terkadang bisa menyebabkan hal ini.

Anda bisa mengisi freon jika tekanan memang berkurang, tapi jika freon berkurang cukup jauh, maka sebaiknya waspada terhadap kebocoran freon.

Masalah thermistor juga cukup sering terjadi. Jika masalah ini sedang anda alami, maka coba ganti thermistor dengan yang baru. Atau bisa juga memanaskan ujung thermistor. Jangan lupa juga meletakan thermisor batang pada posisi evap terdingin.

Masalah outdoor tidak mau hidup juga bisa saja disebabkan oleh adanya kabel yang terlepas, cek kembali kabel yang menuju ke mesin outdoor.

Nah itu beberapa keluhan Ac yang biasa terjadi setelah dilakukan pencucian. Kunci dari permasalahan ini sebenarnya adalah kurang hati hatinya seorang teknisi Ac melakukan cleaning. Dan keteledoran dengan tidak melakukan pengetesan terlebih dahulu sebelum melakukan pencucian.


Artikel Terkait

Habis Di Cuci Ac Malah Tidak Dingin Dan Eror
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.