Saturday, June 8, 2019

Kerusakan Dispenser Tidak Dingin

Hallo brother, kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan kerusakan dispenser tidak dingin.

Kerusakan Dispenser Tidak Dingin


Tulisan kali ini saya muat berdasarkan pengalaman pribadi saat menerima panggilan service dispenser.

Seperti biasa kalau setiap kerusakan elektronik haruslah di lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Khusus keluhan tidak dingin pada dispenser, maka ini berkaitan dengan part dan juga mesin kompresor.

Hal yang harus di lakukan adalah melakukan pemeriksaan dengan kemungkinan terdekat. Untuk keluhan dispenser tidak dingin saya akan melakukan pemeriksaan terhadap part seperti thermostat, kabel yang terhubung ke mesin pendingin, kompresor, kemungkinan bocor freon, dan juga relay atau overload.

Pertama kali yang harus di periksa adalah kabel yang terhubung ke mesin pendingin, terutama jika dirumah kalian banyak sekali tikus. Bisa saja kabel - kabel tersebut putus karena ulah hewan pengerat ini.

Pastikan kabel - kabel dalam keadaan baik, tidak lecet apalagi putus. Jika kalian tidak menemukan kabel putus, maka hal selanjutnya adalah memeriksa bagian thermostat.

Thermostat merupakan alat penghubung dan pemutus arus ke kompresor mesin pendingin. Biasanya terdapat dua kabel yang terhubung ke thermostat, langkah paling mudah adalah menyambung kedua kabel tersebut menjadi satu.

Ini disebut dengan bypass kabel, artinya kita melangsungkan kabel yang menuju ke thermostat. Ini adalah cara manual untuk mengetahui apakah thermostat dalam keadaan baik atau rusak.

Jika kedua kabel tadi sudah disambung, maka coba hidupkan dispenser. Jika hidup maka sudah fix bahwa keluhan tidak dingin tadi disebabkan oleh kerusakan thermostat, tapi jika tidak, maka bisa saja disebabkan oleh permasalahan lainnya.

Pemeriksaan thermostat juga bisa dilakukan dengan cara mengukurnya menggunakan multy tester. Cara ini merupakan prosedur pemeriksaan paling benar dan akurat.

Hubungkan kabel tester ke pin soket thermostat, lihat apakah jarum atau digital angka pada tester bergerak. Jika bergerak maka thermostat dalam keadaan baik, namun jika tidak maka dapat di pastikan thermostat sudah dalam kondisi rusak.

Jika thermostat rusak, maka ganti saja dengan yang baru. Untuk harga thermostat sendiri relatif murah, berkisar hanya 45ribuan saja.

Sekarang kita masuk ke pemeriksaan selanjutnya, yaitu kerusakan relay dan overload pada kompresor.

Biasanya kerusakan dispenser tidak dingin disebabkan oleh tidak berfungsinya kompresor . Dan salah satu part yang berhubungan dengan kompresor adalah relay dan juga overload protek.

Ukur kedua part ini, apakah masih berfungsi baik atau tidak. Jika rusak maka segera ganti relay dan overload dengan yang baru.

Cara mengukur relay dan overload hampir sama dengan cara yang dilakukan saat mengukur thermostat, cukup perhatikan saja jarum atau angka pada multy tester, apakah bergerak atau tidak.

Kemungkinan lain selanjutnya adalah kerusakan kompresor, mesin ini adalah jantung dari sebuah sistem pendingin. Jika kalian sudah mengukur relay dan overload namun hasilnya baik, maka bisa saja kerusakan kompresor menjadi penyebab dari dispenser tidak dingin.

Untuk masalah kompresor bisa dibilang merupakan masalah paling serius, kerusakan jenis ini merupakan kerusakan fatal yang akan cukup sulit ditangani. Kecuali, kita mengganti mesin kompresor dengan yang baru.

Masalahnya adalah saat kita mengganti kompresor maka memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jadi, kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli dispenser baru ketimbang melakukan perbaikan pada kompresor.

Untuk masalah tidak dingin pada dispenser tidak melulu disebabkan oleh kerusakan part. Bisa saja masalah ini disebabkan oleh gas freon. Bisa kebocoran freon dan juga kebuntuan sirkulasi.

Jika sudah begini, maka melakukan pengisian freon baru bisa menjadi alternatif perbaikan paling tepat.

Jika mampat freon, maka langkah flushing harus dilakukan. Kebuntuan sirkulasi dapat disebabkan oleh penyumbatan pada filter dan juga kapiler, oleh sebab itu melakukan penggantian filter dan pengurasan (flushing) menjadi langkah perbaikan yang harus di lakukan.

Untuk masalah yang berhubungan dengan freon saya tidak akan membahasnya pada tulisan ini, saya akan memuatnya pada tulisan lainnya. Jadi terus kunjungi blog ini dan dapatkan update tulisan terbaru.

Itu tadi penjelasan kerusakan dispenser tidak dingin, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Kerusakan Dispenser Tidak Dingin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.