Monday, July 1, 2019

Meraba - raba kerusakan AC Rumah Secara Lengkap

Meraba - raba kerusakan AC Rumah Secara Lengkap


Hai semua, salam dari kami. Kali ini kami akan membahas mengenai seputar permasalah AC secara lengkap, mulai dari A sampai Z.

Nah, bagi kalian yang masih awam dan ingin sedikit mengetahui tentang berbagai macam kerusakan AC, maka artikel kali ini cocok untuk anda.

Disini kami akan membahas permasalahan AC secara lengkap. Jadi, apapun keluhannya akan kami jelaskan secara detail.

Meraba - raba kerusakan AC mulai dari tidak dingin hingga kini kerusakan part.


Berbicara tentang AC rumah, maka kita pasti akan membicarakan tentang perawatannya juga. Point' paling penting dari keawetan AC adalah perawatan. Kalau mau awet, ya perawatan harus kita lakukan.

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami akan sedikit memberikan tips bagaimana sih agar AC dirumah bisa awet beberapa tahun, atau mungkin puluhan tahun.

Mungkin nggak sih kalau AC bisa awet sampai puluhan tahun? 10 tahun, 15 tahun, atau bahkan 20 tahun?

Jawabannya adalah mungkin bisa, mungkin juga tidak. Balik lagi, kuncinya adalah perawatan. Karena jujur saja, ternyata masih sangat banyak sekali orang diluar sana yang seolah tidak peduli pada AC nya, melakukan service semaunya saja. Istilahnya adalah " belum dicuci kalau belum rusak".

Padahal, kalau pola pikirnya seperti itu, maka akan membuat biaya service semakin besar. Semakin parah kerusakan AC maka semakin besar juga biaya yang dikeluarkan.

Nah, dari pada nunggu AC dirumah kalian rusak, toh sebaiknya melakukan service atau cuci secara benar dan rutin kan. Jadi, AC bisa lebih awet dan panjang umur.

Berbicara tentang kerusakan AC, maka ada banyak sekali penyebabnya. Kita harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Ya, walaupun banyak teknisi yang bisa melihat kerusakan hanya dari gejala, istilahnya meraba - raba kerusakan tanpa melakukan pemeriksaan.

Dan kali ini kami akan memberikan pengetahuan lebih kepada kalian. Jadi, walaupun kalian belum mengerti banyak tentang ilmu AC, paling tidak kalian akan sedikit mengerti tentang kerusakan AC.

I.  AC tidak dingin

AC tidak dingin bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurang freon, kerusakan part, matinya kompresor, kerusakan kipas dan lain lain.

Apa yang harus dilakukan jika AC tidak dingin ?

Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah mengecek apakah kompresor atau mesin outdoor hidup.

Caranya kalian bisa melihat bagian outdoor dan dengarkan apakah mesin outdoor bekerja. Umumnya, jika mesin hidup akan terdengar suara mesin. Cek juga apakah kipas hidup atau tidak.

Ada tiga kasus. Pertama outdoor sama sekali tidak hidup. Yang artinya adalah kipas dan mesin kompresor mati.

Kedua adalah kipas hidup namun kompresor mati dan ketiga adalah kompresor hidup namun kipas mati.

Cek saja di bagian outdoor, dengarkan apakah suara mesin terdengar. Perhatikan juga apakah kipas berputar.

Penanganan :

1. Kipas mati kompresor hidup

Jika hal ini terjadi maka memeriksa putaran kipas harus dilakukan. Putar kipas apakah enteng atau berat. Jika berat maka bisa saja bearing kipas mengalami masalah. Namun jika kipas terasa enteng saat diputar maka bisa saja kerusakan pada kapasitor fan atau juga dinamonya.

2. Kompresor mati tapi kipas hidup

Kerusakan jenis ini biasa terjadi disebabkan oleh rusaknya kapasitor, overload protek dan kompresor.

Masalah kapasitor kalian bisa melakukan pemeriksaan manual, yaitu dengan melihat fisik kapasitor. Biasanya jika kapasitor rusak maka ketika diguncangkan akan mengalami koclak, tanda lainnya adalah keluar cairan seperti lelehan lilin namun basah.

Sementara untuk kerusakan overload protek. Secara umum ditandai dengan kompresor yang sama sekali tidak mau hidup. Kamu bisa melangsungkan kabel ke pin soket kompresor tanpa melalui overload. Cara ini cukup mudah, kabel menuju overload dilepas dan di langsung ke kompresor. Jika overload rusak maka kalian bisa menggantinya dengan yang baru. Pastikan saja ukuran dari overload sesuai dengan bawaannya.

Untuk selanjutnya adalah kerusakan kompresor atau short. Gejala umum yang biasanya terjadi adalah mengeluarkan suara cukup keras seperti menahan. Jika hal ini terjadi maka disarankan kalian mengganti kompresor dengan yang baru. Namun, mengingat harga kompresor yang cukup mahal, kita sih menyarankan lebih baik mengganti AC yang baru saja. Diluar lebih aman, mulai mengganti AC dengan yang baru memiliki peluang usia lebih lama.

3. Kompresor dan kipas mati.

Kerusakan jenis ini banyak diakibatkan oleh kerusakan Thermistor. Melihat jalur kabel yang putus juga diperlukan. Karena bisa saja kabel yang menuju ke outdoor mengalami putus kabel. Untuk Thermistor sebaiknya untuk mencoba menggantinya dengan yang baru. Ada hal lain yang bisa saja menyebabkan outdoor tidak mau hidup, yaitu settingan remote yang salah, seperti setting remote pada posisi dry. Posisi mode ini memang dibuat untuk mengoperasikan indoor tanpa outdoor. Artinya, meskipun indoor hidup tapi mesin outdoor tidak berkerja. Rubah posisi remote pada mode cool atau auto. Pastikan setingan pada remote benar.

Untuk kasus AC tidak dingin, penyebab lainnya adalah kurangnya freon. Namun sebelum mengisi freon ada baiknya kalian memeriksa apakah ada kebocoran. Karena tidak mungkin freon berkurang tanpa adanya kebocoran.

Kebocoran biasanya terjadi pada evaporator, kondensor, Valve, pipa dan sambungan Neuple. Perbaikan kebocoran agak sedikit rumit, jika kalian awam maka sebaiknya meminta bantuan kepada tukang service AC langganan kalian. Ya, biar masalah ini tidak berlanjut dan segera teratasi.

Penyebab AC tidak dingin lainnya mungkin juga bisa disebabkan oleh pengaturan remote. Tadi kita sudah bahas diatas, pastikan posisi remote pada mode cool atau automatis. Mode ini adalah mode maksimal yang memungkinkan kerja AC pada posisi maksimal, sehingga udara dingin yang di hasilkan lebih powerfull.


II. AC Tidak Bisa Di Remote

Kasus AC dengan keluhan tidak bisa di remote cukup sering sekali terjadi .Remote AC tidak berfungsi dapat di sebabkan oleh beberapa hal seperti remote rusak, Baterai sudah mau habis dan sensor AC bermasalah.

Untuk kalian yang sedang mengalami ini hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan apakah remote AC berfungsi dengan baik.

Perhatikan display pada remote apakah menyalah atau tidak. Jika mati maka bisa jadi baterai remote sudah habis, cobalah untuk mengganti baterai tersebut.

Masalah lainnya adalah mata sensor atau sensor AC yang rusak. Didalam sensor AC terdapat mata sensor, biasanya kami menemukan banyak kasus kerusakan mata sensor. Yang berhubungan dengan sensor lainnya adalah kerusakan jalur pada papan sensor. Hal paling sering adalah korosi atau terputusnya jalur sirkuit. Kasus ini banyak ditemukan jika AC mengalami masalah kebocoran air. Kebocoran air ini bisa membasahi sensor, selain karena kebocoran, kerusakan sensor juga banyak disebabkan oleh kesalahan dalam pencucian AC. Teknisi secara tidak sengaja membasahi area module atau sensor.

Untuk beberapa kasus kabel putus dan soket yang kendur juga biasa terjadi. Pastikan soket dalam keadaan baik dan kabel tidak ada yang terputus.

III. AC Bocor Air

Kebocoran air pada AC paling sering terjadi akibat lumut atau kotoran yang menyumbat. Lakukan pencucian AC dengan benar dan rutin. Namun terkadang kebocoran tidak dapat diatasi dengan pencucian biasa, jika sudah begitu melakukan service besar pada AC sangat perlu di lakukan. Service besar adalah proses pencucian yang dilakukan saat AC pada kondisi terlepas, artinya kalian perlu menurunkan unit AC dan melakukan pencucian di bawah.

Service besar sangat baik dilakukan karena akan memberikan hasil yang jauh lebih bersih. Kita bisa membersihkan evap, kipas dan talang dengan maksimal.

Kebocoran air juga dapat disebabkan oleh tersumbatnya aliran pembuangan air pada selang AC. Untuk kasus ini ada cara paling ampuh dan mudah yang bisa kalian lakukan. Cukup menyedot atau meniup selang sampai lumut atau kotoran keluar.

IV. Bunga Es Pada AC

Terjadi bunga es pada AC bisa biasanya terjadi pada pipa dan evaporator. Jika pipa kecil mengeluarkan es maka itu berarti AC pada kondisi kurang freon. Sementara jika pipa yang besar ini menandakan AC dalam keadaan yang sangat kotor, kebuntuan dan kipas yang lemah. Kalian bisa memeriksa ketiga hal tadi. Mulailah dengan memeriksa tekanan freon, putaran kipas apakah lemah atau tidak bahkan mati dan juga periksa apakah ada pipa yang ketekuk.

Bagaimana jika bunga es terjadi pada evaporator?

Yang paling sering adalah putaran kipas yang lemah dan juga ada bagian pipa yang ketekuk sehingga membuat sirkulasi jalan freon menjadi tersumbat.

V.  Mesin luar berisik

Masalah berisik pada AC terutama bagian outdoor bisanya disebabkan oleh perputaran kipas yang mulai kasar, suara kompresor dan juga body outdoor.

Untuk kipas, biasanya suara kasar disebabkan oleh bearing kipas yang sudah mulai aus. Sementara untuk kompresor biasanya disebabkan oleh getaran kompresor atau kerusakan piston.

Perhatikan juga body outdoor, karena bisa saja suara berisik tersebut akibat kendurnya skrup pada body. Atau bisa juga karena body outdoor yang sudah mulai kendur.

VI. Kerusakan kipas AC

AC memiliki dua kipas secara umum. Kipas indoor dan juga outdoor. Kerusakan kipas biasanya terjadi karena kerusakan bearing, kapasitor atau dinamo. Kalian bisa memeriksa apakah kipas tersebut berat atau tidak ketika diputar dengan tangan.

Jika berat maka sudah dapat dipastikan bearing motor fan tersebut sudah rusak. Tapi jika diputar tidak berat atau lancar, maka kalian bisa memeriksa kapasitor fannya atau mungkin juga kerusakan terjadi pada motor dinamonya.

VII. Kapasitor Rusak

Kapasitor merupakan alat penggerak dari dinamo dan kompresor. Terdapat tiga kapasitor pada AC, pertama kapasitor utama (kompresor), kapasitor fan indoor dan kapasitor fan outdoor.

Kerusakan kapasitor cukup sering terjadi, terutama untuk kapasitor kompresor. Kami sudah bahas sedikit diatas, bahwa ciri kapasitor rusak biasanya mengalami perubahan bentuk seperti agak mengembung dan keluar cairan seperti lilin basah.

Kami tidak akan membahas bagaimana cara mengukur kerusakan kapasitor dengan tester, karena artikel ini dibuat hanya untuk kalian yang awam. Penjelasan detailnya akan kami jabarkan pada artikel khusus lainnya nanti.

Jika kalian melihat kapasitor sudah berubah bentuk dan mengeluarkan cairan, ditambah koclak ketika diguncangkan. Maka dapat di pastikan kapasitor tersebut sudah bocor atau rusak.

Jika sudah begitu maka mengganti kapasitor dengan yang baru bisa menjadi pilihan paling tepat.


VIII. Kompresor AC Rusak

Kompresor merupakan jantung dari alat pendingin seperti kulkas, AC , dispenser, chiller dan lain lain. Artinya, kompresor lah yang membuat hawa dingin dihasilkan.

Ciri kerusakan kompresor biasanya ditandai dengan suara yang agak kasar, overheating (cepat panas) dan press yang lemah.

Maksudnya press lemah adalah kondisi dimana kompresor tidak dapat bekerja dengan maksimal. Dorongan dan hisapan pada kompresor sudah dalam keadaan yang tidak powerfull.

Sebenarnya kerusakan kompresor dapat dibagi lagi menjadi beberapa keluhan kerusakan, seperti mati total, berisik, press lemah dan overheating.

Penjelasanya sebagai berikut :

Kompresor mati total ~ keluhan ini bisa disebabkan oleh kerusakan kapasitor, overload atau gagal fungsi.

Maksudnya gagal fungsi adalah kompresor short atau mati total. Untuk kapasitor dan overload biasanya hanya dengan mengganti kedua alat tersebut maka kompresor sudah dapat kembali bekerja.

Namun tetap harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pastinya.

Kompresor berisik ~ berisik pada kompresor bisa disebabkan oleh kurang oli dan juga kerusakan piston dalam.

Kompresor Lemah ~ press kompresor yang lemah biasanya akan sulit di lihat. Karena untuk memeriksa ini kalian harus membuka neuple dan memeriksa dengan menekan katup Valve. Karena kita harus merasakan dorongan dan hisapan pada kompresor.

Tanda pada hasil dingin jika kompresor lemah adalah kurangnya hasil dingin yang dihasilkan meskipun tekanan freon sudah maksimal, ditambah jika ampere kompresor sudah cukup tinggi.

Kompresor over Heating atau cepat panas ~ Keluhan yang satu ini bisa disebabkan oleh press lemah dan kurang oli. Biasanya kami sebagai teknisi akan menambhakan atau menguras oli didalam kompresor.

Catatan : untuk menganalisis kerusakan kompresor sebaiknya kalian juga mengecek tegangan listrik dirumah kalian. Pastikan voltase listrik rumah stabil dan sesuai.

Karena banyak penyebab kerusakan kompresor di akibatkan oleh kelistrikan rumah yang tidak stabil.

IX. Thermistor Rusak

Thermistor merupakan sebuah alat pendeteksi dingin yang bekerja menangkap suhu dingin dan memberikan perintah hidup ke mesin pendingin. Jika kalian melihat bagian outdoor AC terkadang mati dan terkadang hidup dalam waktu yang wajar atau normal, maka sistem kerja itu di perintahkan oleh sebuah alat bernama Thermistor.

Apa yang terjadi jika Thermistor AC mengalami kerusakan ? Biasanya hal yang akan terjadi adalah lampu indikator timer berkedip, outdoor tidak mau hidup, outdoor mati hidup dalam waktu yang cepat, mati total dan sebagainya.

Jika kalian ingin mengganti Thermistor, maka gantilah dengan merk dan ukuran yang sama persis, terutama untuk beberapa merk seperti Daikin dan panasonic. Kedua merk ini biasanya diharuskan menggunakan Thermistor original.

X. Kerusakan Modul Atau Mainboard

Modul adalah otak program pada sebuah AC. Segala jenis perintah kerja di program disini. Mulai dari perintah menghidupkan unit AC, menghidupkan mesin outdoor, remote dan lain sebagainya.

Modul merupakan rangkaian yang terbilang cukup rumit. Saking rumitnya, untuk perbaikannya pun tidak mudah. Jarang sekali tukang AC yang memiliki kemampuan memperbaiki modul. Itu sebabnya biaya memperbaiki modul terbilang cukup mahal.

Jika program AC pada mainboard atau modul tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka akan terjadi eror dan kesalahan sistem. Sebagai contoh saat mesin outdoor tidak berfungsi, maka bukan hanya dari kerusakan Thermistor ya saja, bisa saja disebabkan oleh modul yang sudah eror sehingga tidak mampu mempertontonkan outdoor untuk bekerja.

Keluhan pada modul biasanya AC mengalami mati total, diperlukan pemeriksaan dengan melepas rangkaian modul dan mengecek komponen didalamnya satu persatu satu.



Artikel Terkait

Meraba - raba kerusakan AC Rumah Secara Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.