Wednesday, July 3, 2019

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin


Kulkas saat ini hampir pasti di miliki oleh setiap orang, mulai dari kalangan bawah sampai menengah keatas. Fungsi kulkas yang cukup penting membuat setiap orang wajib memilikinya.

Untuk kebutuhan rumah tangga biasanya kulkas di butuhkan untuk menyimpan makanan dan minuman. Stok makanan siap saji biasanya membutuhkan kulkas sebagai pendingin agar tak menjadi cepat rusak.

Sama seperti perlengkapan rumah tangga lainnya terkadang kulkas sewaktu waktu akan mengalami masalah kerusakan. Dan berikut ini 7 penyebab kulkas tidak dingin yang biasa terjadi.

1. Kerusakan kompresor

Kompresor adalah sebuah alat didalam kulkas dengan peran paling vital. Mesin inilah yang akan menghasilkan dingin didalam mekanisme kerja sebuah kulkas. Bisa disebut kalau kompresor merupakan jantung dari mesin pendingin.

2. Bunga es

Kulkas memang harus menghasilkan es. Tapi tumpukan es berlebih juga tidak baik dan menyebabkan kerusakan. Sebagai contoh, pada kulkas 2 pintu atau lebih dengan sistem no frost jika terjadi penumpukan es maka akan membuatnya malah menjadi tidak dingin.

Ini disebabkan oleh sirkulasi fentilasi angin dari dalam tertutup. Kipas yang tadinya berperan menghembuskan hawa dingin juga akan tertahan tumpukan es.

3. Menyimpan makanan dan minuman panas

Kalian harus tau bahwa menyimpan makanan. Dan minuman kedalam kulkas dalam kondisi yang masih panas akan membut kulkas menjadi cepat rusak dan tidak dingin.

Pada kondisi makanan masih panas maka kulkas membutuhkan kerja extra dalam proses pendinginan. Sebaiknya kalian mendinginkan makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memasukannya kedalam kulkas.

4. Stop kontak rusak

Kerusakan stop kontak juga biasa terjadi. Stop kontak terbakar menjadi penyebab paling sering. Jika kalian menemui masalah kulkas tidak dingin, maka sebaiknya lekas memeriksa colokannya terlebih dahulu.

Selain colokan atau stop kontak, kulkas tidak dingin juga bisa disebabkan oleh tidak stabilnya kelistrikan rumah.

5. Freon

Freon adalah unsur penting didalam sistem mesin  pendingin. Freon meruapakan gas yang mampu merubah hawa panas menjadi dingin dengan bantuan kerja kompresor. Kasus kebocoran freon menjadi yang tertinggi yang membuat kulkas tidak dingin.

Untuk kulkas satu pintu biasanya pengguna lalai dalam pengurasan bunga es. Alih alih ingin cepat mereka menusuk bagian evaporator yang membuat evap bocor sehingga gas freon keluar terbuang.

Baca juga : bahas lengkap seputar keluhan freon kulkas

6. Kerusakan pintu kulkas

Bagi kalian yang memiliki kulkas dengan pintu tidak rapat, maka berhati hatilah. Karena kerusakan pintu dapat membuat kulkas menjadi tidak dingin.

Hawa dingin akan keluar lewat celah karet pintu yang tidak rapat tadi. Jika sudah begitu maka kulkas tidak akan mampu menyimpan hawa dingin dengan maksimal.

Kerusakan pintu kulkas juga akan membuat kerusakan tambahan seperti rusaknya otomatis kulkas, defros bimetal dan paling parah akan membuat kompresor cepat jebol.

Perbaiki kondisi pintu kulkas dirumah kalian jika memang terjadi masalah. Ini agar tidak terjadi kerusakan lanjutan yang lebih parah lagi.

7. Part rusak

Didalam kulkas terdapat banyak suku cadang atau sparepart seperti defros fuse, timer, thermostat, relay, kompresor dan lain sebagainya.

Kerusakan part part tadi otomatis akan membuat sistem pendingin di dalam kulkas menjadi terganggu, dan bisa membuatnya menjadi tidak dingin.


Artikel Terkait

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.