Monday, July 8, 2019

Kipas AC Tidak Mau Hidup Setelah Di Cuci



Kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan kipas AC (bagian indoor) tidak mau hidup setelah dicuci.

Ada rekan saya mengalami satu masalah sesaat setelah mencuci AC disalah satu pelanggan. Ketika baru saja selesai mencuci, dia menghidupkan AC tersebut.

Pada saat baru hidup, kondisi kipas berputar cukup kencang, namun sesaat kemudian pelan dan mati.

Teman saya lalu mematikan AC tersebut dan mencoba menghidupkannya kembali. Namun permasalah ini terus terjadi. Kipas hidup sebentar lalu mati.

Sayapun dihubungi oleh beliau dan ditanya mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ditanya mengenai permasalah tersebut lantas sayapun kembali mengajukan pertanyaan mulai dari, bagaimana kondisi kapasitor fannya, bagaimana cara mencucinya tadi dan apakah sebelum dicuci masalah itu memang sudah terjadi.

Teman sayapun mulai menjelaskan kronologisnya. Mulai dari cara mencuci dan kondisi part yang lainnya. Sampai pada titik dimana saya menangkap ada kesalahan pada saat dia mencuci AC tersebut.

Ya, kesalahan saat mencuci cukup sering terjadi. Saya pikir hampir setiap teknisi pernah mengalami ini. Bukannya tidak profesional ya, tapi memang terkadang sebagai manusia bisa kami juga bisa melakukan kesalahan.

Saya pikir itu normal, mengingat beberapa merk AC terkadang membutuhkan kehati hatian saat mencucinya.

Untuk kasus yang dialami oleh teman saya ini adalah kesalahan dalam menyemprot bagian kipas AC. Jadi sebaiknya saat melakukan pencucian AC terutama saat dibagian kipas, kita mencucinya dengan perlahan saja. Jangan pernah menyemprotkan stim kearah kipas secara terus menerus dengan durasi yang lama.

Sebaiknya juga menahan kipas dengan tangan agar tidak berputar saat mencucinya. Karena menurut pengalaman saya ( sayapun pernah menghadapi Masalah ini).

Mencuci kipas dengan semprotan kuat secara terus menerus akan membuat motor dinamo kipas menjadi rusak atau eror. Terutama untuk beberapa merk seperti panasonic dan Daikin.

Lakukanlah pencucian dengan hati hati terutama pada bagian kipas dalam. Tahan putaran kipas saat kalian menyemprotnya dengan stim.

Putaran kipas yang kuat akan membuat dinamo motor tersebut menjadi eror sehingga nantinya tidak akan bisa berputar normal.

Namun jangan kuatir, jika kalian sedang mengalami masalah ini setidaknya ada tiga tips yang bisa kalian coba.

Pertama biarkan AC dalam kondisi off. Keringkan motor fan beberapa saat. Kurang lebih biarkan AC mati beberapa menit, atau paling tidak selama 1 jam.

Kedua cobalah ganti kapasitor motor fan. Gunakan ukuran yang lebih besar.

Ketiga adalah pemecahan masalah yang terakhir, yaitu jika kondisi motor fan memang sudah rusak maka kalian bisa mencoba mengganti dinamonya dengan yang baru.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

Kipas AC Tidak Mau Hidup Setelah Di Cuci
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.