Monday, May 4, 2015

Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung

Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung

Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung - Pernah mengalami permasalahan ini ? Pompa air anda tidak berfungsi dengan baik, terdengar suara mendengung? kemungkinan pompa air anda mengalami kerusakan pada dinamo motor, suara mendengung diakibatkan oleh tidak kuatnya motor dinamo dalam beroperasi. Sebenarnya masih banyak penyebab lainnya, bukan hanya gulungan dinamo saja yang rusak, masih banyak sparepart lain yang harus kita periksa, misalnya memeriksa kapasitornya atau bisa juga bearing-nya.

langkah awal dalam memeriksa pompa air yang mengeluarkan suara mendengung adalah memeriksa gulungan dinamo-nya, apakah gulungan dinamo masih dalam kondisi baik atau sebaliknya.jika gulungan dinamo sudah diketahui rusak maka segera ganti gulungan dinamo dengan yang baru atau lakukan penggulungan ulang.


gulungan dinamo
gambar gulungan dinamo / sumber gambar google
Setelah itu, jika dinamo tidak rusak maka segeralah periksa kapasitornya, ukur dengan multy tester apakah kapasitor rusak atau tidak, jika rusak maka segera ganti dengan yang baru.


kapasitor pompa air
gambar kapasitor pompa air/ sumber gambar google
Ini yang terakhir, jika keadaan gulungan dinamo dan kapasitor baik, maka segeralah untuk memeriksa bearing pompa air anda, periksa putarannya (putarlah kipas belakang pompa air), berat atau ringan. jika berat dan mengeluarkan suara kasar bisa jadi bearing pompa air anda sudah rusak. untuk memastikannya segera buka pompa air anda secara keseluruhan, dan buka bearing-nya. jika bering rusak maka segera ganti dengan yang baru. Karena jika bearing rusak, dapat menyebabkan putaran motor menjadi lemah dan terdengar suara menahan atau mendengung.


bearing
gambar bearing / sumber gambar google


Kemungkinan terbesar jika pompa air rusak dan mengeluarkan suara mendengung memang terjadi kerusakan pada 3 komponen tersebut, namun tetap harus dilakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Jika anda masih bingung tentang penjelasan saya tadi, mungkin anda bisa meminta bantuan kepada teknisi pompa air yang berpengalaman atau menghubungi penyedia jasa layanan service pompa air dikota anda.  Mungkin itu saja sedikit tulisan singkat saya mengenai "Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung" semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

April 12, 2017 at 4:16 PM delete

makasih sekali gan infonya, dari semalem nggak mandi ternyata capasitor pompa error. Salam Pur Tukang servis hp yg ngga bisa servis pompa air hihihi. dservicecenter.com

Reply
avatar
October 10, 2017 at 9:51 PM delete

makasih sekali infonya gan..sangat membantu...dua hari air bermasalah gara gara ini,,semoga setelah membacanya bisa diperbaiki,,

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.