Sunday, August 28, 2016

Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum

Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum
mengatasi mesin cuci nyetrum

Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum - Mesin cuci yang mengeluarkan setrum dapat di sebabkan oleh berbagai kemungkinan, bisa terjadi karena ada kerusakan komponen atau terdapat kebocoran arus listrik, lantas bagaimana cara mengatasi mesin cuci yang nyetrum ? berikut tips nya.


BALIK COLOKAN 

balik colokan jika terjadi kejutan lsitrik

Maksudnya adalah colokan mesin cuci dapat di pasang terbalik dari posisi sebelumnya, jika pada pencolokan pertama setrum terasa mengejutkan, maka coba cabut colokan dan balik colokannya, jika langkah ini tidak berhasil kemungkinan ada arus listrik yang bocor. Biasanya kebocoran arus listrik di sebabkan oleh dinamo atau kerusakan pada beberapa komponen lainnya.

PASANG KABEL ARDE (GROUNDING)

PASANG KABEL ARDE (GROUNDING)
pasang kabel arde (grounding) dari mesin cuci ke tembok atau lantai

Pemasangan kabel Arde dapat meminimalkan kejutan arus listrik, pemasangan dapat dilakukan ke bawah lantai atau tembok. Gunakan paku dan pasang kabel Arde dari body mesin cuci lalu lilitkan pada paku yang sudah terpasang ke lantai atau tembok.

Baca juga : mengoptimalkan kerja mesin cuci dengan pengurangan beban

Berikut contoh pemasangan kabel arde :

 contoh pemasangan kabel arde
berikut ini contoh pemasangan kabel arde

CARI PENYEBAB KENAPA MESIN CUCI NYETRUM

Langkah paling baik adalah mencari penyebabnya, kenapa mesin cuci bisa nyetrum ? cek seluruh komponen pada mesin cuci, jika ada yang rusak maka segera ganti dengan yang baru. Atau Anda dapat meminta bantuan tukang service mesin cuci terdekat di tempat Anda.

PAKAI SANDAL JENIS JEPIT ATAU BAHAN KARET

PAKAI SANDAL JENIS JEPIT ATAU BAHAN KARET
gunakan sandal untuk meredam kemungkinan kesetrum saat menggunakan mesin cuci

Langkah ini dapat Anda lakukan untuk meminimalkan kejutan arus listrik, bahan karet yang terdapat pada sandal dapat membuang arus listrik yang mengalir, pastikan juga kaki Anda tidak basah atau berdiri di atas genangan Air. Perlu di ingat bahwa air adalah salah satu penghantar listrik yang baik.

Selalu berhati hati dalam penggunaan mesin cuci, perhatikan keselamatan Anda, lakukanlah tips di atas untuk menjaga diri Anda tetap aman ketika terjadi kejutan listrik yang disebabkan oleh mesin cuci, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Mengatasi Mesin Cuci Nyetrum
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.