Monday, May 29, 2017

Cara Memperbaiki Kerusakan Kulkas Dilihat Dari Berbagai Gejala Yang Tidak Biasa

Cara Memperbaiki Kerusakan Kulkas Dilihat Dari Berbagai Gejala Yang Tidak Biasa

Pernah menyentuh bagian body kulkas ? jika pernah atau anda ingin melakukannya pasti anda akan merasakan rasa hangat atau panas pada permukaan body kulkas, rasa panas bisa dirasakan pada body kulkas bagian kedua sisi dan belakang merupakan hal yang normal. Bagaimana jika body kulkas tidak panas ? ini merupakan tanda yang tidak wajar, karena seharusnya body kulkas memang panas, jika rasa panas tidak ada kemungkinan besar kulkas anda mengalami masalah pada kerja kompresor dan juga kebocoran gas freon.


Kali ini seputar dunia elektronik akan membahas cara memperbaiki kulkas dilihat dari berbagai gejala yang tidak biasa seperti tanda-tanda berikut ini :

  1. Kulkas tidak dingin dengan tanda body kulkas tidak panas
  2. Kulkas tidak dingin dibagian bawah dengan tanda bagian frezer menumpuk es
  3. Kulkas mati total
  4. Kulkas tidak dingin karena jalur freon tersumbat
  5. Kulkas tidak dingin dengan tanda kompresor tidak berjalan atau bergetar
  6. Kulkas tidak dingin dengan tanda ada suara kasar pada bagian frezzer
  7. Kulkas tidak dingin sahabis evaporator tertusuk benda tajam
  8. Dan lain sebagainya
Untuk memudahkan dalam perbaikan maka kami akan membaginya menjadi dua bagian, yakni kulkas jenis satu pintu dan dua pintu :

A. Kulkas satu pintu

1. Kulkas tertusuk benda tajam ketika sedang di bersihkan

Mungkin anda pernah mengalami permasalahan ini, sedang membersihkan gumpalan es pada evaporator namun tertusuk karena proses pembersihan menggunakan benda tajam seperti gunting, obeng bahkan pisau.

Jika ini terjadi maka yang harus dilakukan adalah dengan menambal titik yang bocor dan melakukan pengisian ulang freon, karena sudah pasti freon akan habis. 

2. Kompresor tidak bekerja

Kompresor mati bisa disebabkan oleh overload atau relay kompresor yang rusak, cek dengan multy tester, jika rusak segera ganti dengan yang baru.


Jika kedua part ini sudah diganti namun kompresor tetap mati, maka silahkan cek kompresornya, bisa jadi kompresor lemah. macet atau memang sudah rusak parah. Jika ini terjadi maka langkah selanjutnya adalah dengan mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru, namun perlu diketahui bahwa harga kompresor cukup mahal.

3. Tidak dingin padahal lampu kulkas menyala

Jika kulkas tidak dingin namun lampu menyala, mungkin thermostat kulkas sudah rusak, selain thermostat kompresor juga harus anda periksa. Jika thermostat kulkas rusak maka ganti dengan yang baru. Namun jika kompresor yang rusak maka lakukanlah seperti poin sebelumnya, ganti kompresor atau ganti kulkas dengan yang baru.

4. Kulkas tidak dingin, hanya ada es separuh pada bagian evaporator

Jika tanda ini muncul, es kulkas hanya ada separuh di bagian evaporator, maka kemungkinan kulkas mengalami kekurangan freon atau mampat. Lemah pada kompresor juga dapat membuat es pada evaporator hanya timbul sedikit atau separuh.

Jika mampat atau freon berkurang maka harus dilakukan pengurasan atau flushing dan juga pengisisan ulang freon, jika ini terjadi maka anda harus melakukan pengelasan dan pemvacuman ketika mengisi freon.

B Kulkas dua pintu

1. Kulkas dingin separuh, bagian atas dingin namun bagian bawah tidak

Jika kulkas 2 pintu pada bagian atas dingin sementara bagian bawah tidak dingin, kemungkinan mengalami pembekuan pada bagian evaporator, ini disebabkan oleh kerusakan defrost fuse, timer atau heater. Langkah perbaikannya adalah dengan membuka bagian pintu atas atau frezzer, dibagian dalam terdapat defrost fuse dan timer, jika rusak maka ganti ketiga komponen tersebut.

Sementara timer ada yang terdapat di dekat kompresor atau di bagian pintu bawah kulkas, cari sampai ketemu dan lakukan pemeriksaan, perhatikan gear timer, jika tidak berputar kemungkinan timer rusak, dan segera ganti dengan yang baru.

2. Suara berisik

Suara berisik pada kulkas biasanya disebabkan oleh kipas maupun suara kompresor. Pembekuan pada bagian pintu kulkas atas juga dapat menimbulkan suara berisik, ini disebabkan oleh kipas yang tertutup es ketika berputar. Jika penyebabnya adalah kipas maka kerusakan seperti poin nomer 1, yakni kerusakan pada defrost fuse, heater dan timer (karena ada pembekuan).

Namun jika dari kompresor, maka mungkin kompresor sudah kasar karena piston didalam rusak maupun kopresor kekurangan oli. Langkah paling baik adalah mengganti kompresor, karena perbaikan jenis ini terbilang sulit. 

3. Kulkas Bocor air

Pernah mengalami kulkas mengalami bocor air ? bisa jadi pembuangan kulkas anda tersumbat. Bersihkan pembuangan kulkas sampai bersih. Posisi pembuangan ada di bagian pintu bawah, silahkan cari dan buka bagian penutup jika tertutup.

Bocor air juga bisa disebabkan oleh es yang menutup pembuangan, ini biasa terjadi jika heater dan defrost fuse tidak bekerja. matikan dahulu kulkas anda beberapa saat, jika bisa dalam waktu yang cukup lama, minimal seharian, biarkan es meleleh.

4. Kompresor mati

Periksa kompresor, pegang kompresor apakah ada getaran atau suara, jika tidak ada getaran dan suara kemungkinan kompresor kulkas mati. Periksa relay dan overload kompresor terlebih dahulu, jika rusak maka ganti dengan yang baru. Namun jika kompresornya yang rusak, maka ganti kompresor dengan yang baru.

5. Jalur freon tersumbat

Untuk keluhan mampat pada sirkulasi freon biasanya ditandai dengan dingin yang berkurang atau es hanya ada separuh di bagian evaporator, jika anda awam, maka meminta bantuan kepada tukang kulkas yang telah berpengalaman bisa menjadi solusi terbaik

6. Kompresor lemah / menahan 

Berbeda dengan mati total, kompresor lemah biasanya di tandai dengan suara yang berisik, menahan dan tidak dingin maksimal. Kompresor lemah juga bisa di lihat dari kerja kompresor yang menyala sebentar lalu mati. Jika kompresor sudah tidak bisa di perbaiki, maka ganti dengan yang baru.

Demikian tadi cara memperbaiki kerusakan kulkas dilihat dari berbagai gejala yang tidak biasa, semoga dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Kerusakan Kulkas Dilihat Dari Berbagai Gejala Yang Tidak Biasa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.