Monday, May 29, 2017

Tips Agar Kulkas Awet Meski Listrik Rumah Tidak Stabil


Tips Agar Kulkas Awet Meski Listrik Rumah Tidak Stabil | Seputar Dunia Elektronik - Kebanyakan kasus kerusakan kulkas disebabkan oleh listrik rumah yang tidak stabil, listrik sering anjlok dan tegangan yang naik turun. Listrik rumah yang tidak stabil memang sulit dihindari, terutama untuk rumah dengan kapasitas listrik yang kecil.

Harus diketahui bahwa tegangan listrik sangat berpengaruh pada kerja kulkas, jika listrik tidak stabil maka kemungkinan kerusakan pada kulkas akan semakin besar. Walaupun sulit dihindari namun sebenarnya ada beberapa langkah yang dapat meminimalkan kerusakan kulkas meskipun tegangan listrik rumah tidak stabil.

Ciri tegangan listrik rumah anda tidak stabil " naik turun " :

  • Perhatikan lampu rumah - Jika lampu suka redup atau kedap kedip, kadang terang kadang redup maka mungkin saja itu merupakan tanda listrik di rumah anda tidak stabil.
  • Tagihan listrik membengkak - Pembayaran listrik yang tiba-tiba naik tidak wajar, sebaiknya anda mulai curiga jika pembayaran listrik membengkak, bisa jadi listrik rumah anda tidak stabil.
  • Listrik sering turun - Sering anjlok walaupun tidak memakai peralatan elektronik apapun bisa jadi merupakan ciri dari listrik rumah anda tidak stabil.
Dan berikut ini beberapa tips agar kulkas awet meski listrik rumah tidak stabil :

1. Jika listrik anjlok maka cabut colokan kulkas untuk beberapa saat

Jika listrik anjlok maka cabut colokan kulkas untuk beberapa saat


Jika listrik rumah turun maka segera cabut colokan kulkas, biarkan beberapa saat ketika listrik sudah hidup. Langkah ini diperlukan karena pada kulkas terdapat komponen bernama relay, memiliki fungsi sebagai penggerak kompresor. Pada beberapa kulkas relay berkerja minimal 3 menit setelah mati, sangat penting mencabut colokan agar relay kembali bekerja dengan normal.

Baca juga :

Mengatasi Kulkas Yang Mengeluarkan Bau Tidak Sedap
Bahaya Pintu Kulkas Yang Tidak Rapat

2. Gunakan stabilizer

Gunakan stabilizer
Add caption


Hal ini ternyata cukup penting jika listrik di rumah anda sering anjlok, alat ini berfungsi sebagai penyetabil listrik. Penggunaan stabilzer sangat membantu agar kulkas anda lebih awet, namun jika listrik rumah stabil, usahakan untuk tidak menggunakan stabilizer, penggunaan alat ini hanya untuk rumah dengan kelistrikan yang tidak stabil.

3. Perbaiki listrik rumah dengan segera 

Perbaiki listrik rumah dengan segera


Langkah terakhir adalah segera perbaiki listrik rumah anda, jangan biarkan permasalahan ini berlarut-larut, karena listrik yang tidak stabil bukan saja hanya akan merusak kulkas namun juga dapat merusak peralatan elektronik lainnya seperti ac, dispenser, tv dan lain-lain.

Berikut tadi tips agar kulkas awet meski listrik rumah tidak stabil, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Tips Agar Kulkas Awet Meski Listrik Rumah Tidak Stabil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.