Friday, May 26, 2017

Mengenal Berbagai Jenis Kerusakan Pompa Air Dan Cara Mengatasinya


Mengenal Berbagai Jenis Kerusakan Pompa Air Dan Cara Mengatasinya | Seputar Dunia Elektronik - Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, pompa air juga pasti akan mengalami kerusakan. Ada beberapa jenis kerusakan pada pompa air yang perlu anda ketahui, seperti mati total dan air tidak keluar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum masuk kepada bahasan mengenai berbagai jenis kerusakan pompa air dan cara mengatasinya, ada baiknya anda menyimak hal penting berikut ini :


Perhatikan hal dibawah agar pompa air anda lebih awet

1. Jika ingin pompa air anda awet, maka perhatikan penggunaanya
2. Pompa dengan toren penampungan atas lebih disarankan
3. Sesuaikan kapasitas pompa dengan kedalaman sumber air
4. Pilih pompa air dengan merk yang sudah teruji dan terbukti awet
5. Jangan letakan pompa air pada posisi yang bisa terkena air hujan

Kelima hal diatas harus diperhatikan jika ingin pompa air anda lebih awet, penggunaan yang baik dan sesuai standar bisa memperpanjang usai pompa air.

Pompa Air Mati Total Dan Cara Mengatasinya 

Pompa air yang tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kabel putus, dinamo terbakar, otomatis rusak dan lain sebagainya. Sebaiknya anda lakukan pemeriksaan dengan teliti, hal pertama yang harus di periksa adalah kabel listriknya, gunakan multi tester untuk memeriksanya.

Cek juga dinamo, apakah dinamo pompa masih dalam keadaan yang baik, jika dinamo rusak biasanya di tandai dengan adanya gulungan yang terbakar atau mengeluarkan bau sangit. Setelah itu anda juga diharuskan untuk memeriksa otomatis pompa nya, kerusakan pada otomatis pompa juga akan membuat pompa air mati atau tidak menyala.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kapasitornya, jika kapasitor rusak atau lemah biasanya ditandai dengan suara pompa air yang mendengung.

Cara mengatasinya :

Kabel - Jika ada kabel yang putus seperti tergigit tikus, maka sambung kembali atau bisa mengganti seluruh kabelnya dengan yang baru.

Dinamo terbakar : Jika dinamo rusak maka anda bisa menggulung ulang, usahakan ganti gulungan dinamo menggunakan kawat tembaga, bukan timah.

Otomatis : Jika otomatis rusak, maka ganti dengan yang baru.

Kapasitor : Sama seperti yang lainnya, jika kapasitor rusak maka segera ganti dengan yang baru. sekedar informasi tambahan bahwa ciri kapasitor rusak adalah bentuk kapasitor terlihat menggelembung atau mengeluarkan cairan seperti lelehan lilin.

Pompa Air Mendengung

Jika anda mendengar suara mendengung pada pompa air, biasanya ini disebabkan oleh kapasitor pompa yang rusak atau lemah. Perhatikan ketika mengganti kapasitor dengan yang baru, pastikan menggunakan ukuran yang sama, perhatikan besaran mikro-nya.

Air Tidak Keluar Padahal Pompa Air Menyala

Pompa air dalam keadaan hidup namun air tidak keluar, yang paling sering terjadi adalah kosongnya air didalam pompa air. Ini disebabkan oleh kebocoran pipa atau tosen klep. Air tidak keluar juga bisa disebabkan oleh kipas pompa yang pecah atau tenaga pompa air yang lemah.

Pemeriksaan untuk keluhan seperti ini biasanya akan sulit, terutama bagi anda yang masih awam. Untuk mencobanya sebaiknya anda buka penutup tempat pemancingan air pada pompa dan lakukan pemancingan menggunakan air sampai popa terisi penuh dengan air.

Jika tosen klep bocor maka air akan berkurang dan mengalami kekosongan kembali, cek juga pada pipa instalasi dan tabung pompa, apakah ada kebocoran. Jika ada kebocoran maka segera perbaiki.

Bagaimana jika tosen klep yang bocor ? Ini merupakan jenis kerusakan yang cukup sulit, pipa di dalam tanah harus di angkat, karena tosen klep terletak di bawah sumber air yang terpasang pada pipa bawah (sumber). Diperlukan keahlian khusus untuk mengangkatnya, sebaiknya untuk meminta bantuan pada tukang pompa air yang telah berpengalaman.

Pompa Air Mati Hidup Atau Cetak- cetek

Kerusakan jenis ini disebabkan oleh otomatis mesin air yang rusak, atau bisa juga oleh setelan otomatis yang kurang pas. Sesuaikan setelan otomatis agar pompa air hidup dengan normal, jika otomatis rusak maka ganti dengan yang baru. Pompa air mati hidup juga bisa disebabkan oleh kebocoran intsalasi (pipa pompa air), cari kebocoran dan segera perbaiki.

Pompa Air Berisik

Keluhan yang satu ini cukup sering terjadi, suara pompa air tiba-tiba berisik mengeluarkan suara yang cukup keras. Untuk kerusakan jenis ini biasanya disebabkan oleh bearing pompa yang aus atau rusak dan juga gesekan kipas pada pompa air di bagian belakang (kipas luar).

Jika bearing rusak atau aus maka ganti dengan yang baru. Cek juga kipas luar pompa air, apakah bergesekan dengan body atau kipas lepas dari dudukan as belakang, jika hanya lepas maka anda bisa mengencangkannya, namun jika rusak atau pecah, maka ganti kipas dengan yang baru.



Artikel Terkait

Mengenal Berbagai Jenis Kerusakan Pompa Air Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.