Sunday, December 2, 2018

Beberapa Alasan Kenapa Pompa Air Tidak Boleh Di Pasang Di Bawah Tanah

Beberapa Alasan Kenapa Pompa Air Tidak Boleh Di Pasang Di Bawah Tanah

Beberapa kali saya menemui pelanggan yang memasang pompa air di bawah tanah. Mereka membuat lubang untuk pompa air, alasannya  agar lebih rapih. Jadi biar pompa air tidak terlihat. Alasan lainnya adalah agar rumah mereka tidak bising ketika pompa air hidup.

Tidak salah memang, namun se hibaiknya tidak. Karena akan ada beberapa resiko yang dialami.

Posisi pompa yang tertutup, apalagi dibawah tanah dengan kondisi hawa yang lembab akan membuat pompa mudah karatan.

Selain itu posisi pompa air di bawah tanah akan membuat sirkulasi udara tidak mampu membuang panas ketika pompa beroperasi. Dan ini sangat beresiko terhadap kondisi gulungan pompa yang bisa saja menjadikannya mudah terbakar.

Jika kamu ingin membuat posisi pemasangan Pompa air dirumahmu lebih terlihat rapih, sebenarnya ada cara yang lebih baik dari pada meletakkannya di bawah lubang tanah.

Kamu bisa membuat box penutup pompa dari kayu. Dengan melubangi box kayu agar udara dapat bersirkulasi dengan baik sehingga tidak membuat pompa air cepat panas.

Cara lainnya adalah membuat kotak dengan semen, seperti tong sampah. Ini akan lebih aman bagi pompa air dirumahmu.

Memasang pompa air di dalam lubang tanah juga akan menyulitkan perbaikan jika nanti sewaktu - waktu pompa air sedang mengalami kerusakan.

Jadi intinya meletakan atau memasang pompa air di dalam lubang tanah tidak terlalu bagus untuk ke awetan sebuah pompa air. Justru cara ini merupakan cara yang salah, terutama untuk rumah rumah di zaman sekarang ini.

Karena memasang pompa air di dalam lubang tanah seharusnya hanya ada pada zaman dulu saja. Yang pada saat itu masih banyak menggunakan pompa kecil.

Itupun mereka memasang dengan cara tersebut dengan alasan agar daya sedot pompa menjadi maksimal. Sederhananya adalah agar jika posisi pompa mendekati sumber air maka akan membuat air yang dihasilkan lebih maksimal. Namun ini tidak berlaku untuk pompa air di zaman sekarang ini yang kebanyakan menggunakan pompa air jenis jetpump.


Artikel Terkait

Beberapa Alasan Kenapa Pompa Air Tidak Boleh Di Pasang Di Bawah Tanah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.