Sunday, December 2, 2018

Mengenal Ciri - Ciri AC Kurang Freon

Mengenal Ciri - Ciri AC Kurang Freon

Pada prinsipnya sebuah AC tidak akan kurang freon jika tidak terjadi kebocoran.  Freon di dalam AC sendiri bisa bertahan lebih dari 3 tahun.

Kebocoran sendiri bisa terjadi pada instalasi maupun unit AC.  Selain itu kesalahan dalam proses pemasangan juga bisa mengakibatkan kebocoran.

Dibanyak kasus mengenai kebocoran AC , paling sering sekali terjadi pada bagian evaporator. Selanjutnya neuple, pipa dan kondensor ( outdoor)

Lalu apakah AC yang mengalami kurang freon memiliki ciri khusus? Jika ada maka apa saja ciri - ciri yang akan terlihat atau bisa kita rasakan ?

Mengenal ciri - ciri AC kurang freon.

Ciri pertama yang akan sangat mudah di kenali adalah berkurangnya dingin yang dihasilkan oleh AC.

Ini disebabkan oleh tekanan gas freon yang berkurang. Jika tekanan masih belum habis dari setengahnya maka kita hanya akan merasakan kurang dingin.

Namun jika tekanan sudah berkurang jauh maka itu akan menyebabkan AC menjadi tidak dingin sama sekali.

Ciri kedua saat AC kurang freon adalah keluarnya bunga es. Jika kamu melihat pipa pada bagian outdoor. Maka pipa yang berukuran kecil ( pipa dorong ) akan mengeluarkan es.

Jika kamu sudah melihat ciri ini sebaiknya lekas meminta bantuan tukang AC untuk memeriksanya.

Ciri selanjutnya adalah bagian outdoor AC menjadi cepat mati. Untuk beberapa merk AC ciri ini akan terlihat. Ini disebabkan karena modul atau thermis AC memproteksi kerja outdoor jika AC mengalami kekurangan freon.

Namun yang menjadi catatan adalah bukan dari bagaimana kamu mengenali ciri AC yang mengalami kurang freon. Tapi bagaimana kamu bisa cepat tanggap dalam melakukan perbaikan.

Jangan pernah menganggap remeh AC yang mengalami kekurangan freon. Karena akan ada banyak dampak kerusakan yang bisa terjadi, salah satunya adalah kerusakan kompresor.

Jadi jika kamu sudah melihat atau merasakan ciri - ciri tersebut, maka cepatlah untuk melakukan service. Jangan biarkan AC dirumahmu malah mengalami kerusakan yang semakin parah.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan tetap terus berkunjung ke blog ini.


Artikel Terkait

Mengenal Ciri - Ciri AC Kurang Freon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.