Sunday, March 31, 2019

Padahal AC Baru Tapi Kok Tidak Dingin, Ini Mungkin Penyebabnya !

Padahal AC Baru Tapi Kok Tidak Dingin, Ini Mungkin Penyebabnya !

Apakah anda baru saja membeli AC ? Mau sebagus apapun merk AC yang sudah kamu beli dan mau sebaik apa fitur di AC tersebut, tetap saja tidak bisa kamu nikmati jika AC baru tersebut sudah mengalami kerusakan, seperti tidak dingin contohnya.

Tidak sedikit orang yang kecewa saat membeli AC. Baru beli dan baru saja di pasang namun ternyata AC tersebut malah tidak dingin. Lalu apa yang salah dari kasus ini?

Jika kamu mengira bahwa AC baru bisa memberikan jaminan langsung dingin maka kamu salah. Karena jujur saja, saya telah banyak menemukan kasus tidak dingin pada AC baru lebih dari 100 kali dalam profesi saya sebagai tukang AC selama 10 tahun terakhir.

Lalu apa saja yang membuat AC tidak dingin meskipun notabennya AC tersebut adalah AC baru ?

1. Salah Menentukan PK AC.

Penting sekali kamu menyesuaikan PK AC dengan luas ruangan dirumahmu. Setiap ukuran PK AC harus disesuaikan dengan volume sebuah ruangan. Jika tidak, maka percuma kamu memasang AC karena hasilnya tidak akan memuaskan.

Disini bukan salah AC nya atau merk AC tersebut, tapi yang salah ya kamu. Masa AC PK kecil dipasang untuk ruangan yang besar.

Jadi sebelum membeli AC baru maka sebaiknya kamu mengerti dan paham dengan masalah PK. Kamu bisa ukur atau mengira ngira luas ruangan dirumahmu yang ingin kamu pasangi AC. Konsultasilah dengan toko dimana kamu membeli AC, mintalah ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan.

2. Kebocoran Neuple (Sambungan Pipa)

Untuk kasus ini jelas kesalahan dari tukang AC yang memasang. Biasanya mereka kurang teliti dalam memeriksa sambungan. Melakukan pemeriksaan pada Neuple menjadi hal yang harus dilakukan dalam tahap finishing pemasangan AC.

3. Salah Setting Remote

Ketika kamu menghidupkan AC pastikan settingan remote sudah benar. Kamu perlu belajar untuk mengetahui fungsi setiap mode pada setelan remote AC. Remote AC biasanya di lengkapi beberapa fitur mode seperti cool,fan,dry dan auto. Mode cool menjadi posisi setelan paling dingin.

4. AC Bermasalah

Masalah AC yang umum meskipun baru adalah kerusakan yang memang sudah dari pabrik, istilahnya adalah produk gagal. Untuk permasalahan ini biasanya pelanggan tidak mengetahuinya, apalagi untuk mereka yang awam. Pastikan selalu menyimpan bukti pembelian sebagai ketentuan garansi.

5. Pipa AC Terlalu Panjang

Posisi ideal sebuah unit AC adalah dengan pemasangan pipa yang tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek. Sesuaikan panjang pipa dari setiap ukuran AC, karena pipa yang terlalu panjang akan membuat AC menjadi kurang atau tidak dingin.

6. Salah Menempatkan Outdoor AC

Kesalahan pengguna dalam menempatkan lokasi pemasangan outdoor juga dapat membuat AC menjadi tidak dingin. Biasanya meletakan unit outdoor pada ruangan tak berpentilasi seperti kamar mandi, dapur atau ruangan tertutup lainnya. Pastikan kamu menempatkan outdoor AC dituangkan terbuka agar proses pembuangan hawa panas dari outdoor dapat berjalan sebagaimana mestinya.

7. Ruangan Terbuka

Selalu memastikan ruangan tertutup rapat menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Ruangan yang terbuka akan membuat udara dingin terbuang dan membuat AC seolah tidak dingin. Jadi rapatkan ruangan ber AC dirumahmu agar dingin yang dihasilkan jauh lebih maksimal.

8. AC Jenis Lowwatt

AC lowwatt memiliki kelemahan yang cukup mengganggu, yaitu proses pendinginan yang relatif lama dari pada AC standar. Namun itu masih dalam batas normal. Jadi sebelum membeli AC lowwatt sebaiknya kamu memikirkan hasil dingin yang akan dihasilkan, agar nantinya kamu tidak kecewa.

9. Salah Sambung Kabel Koneksi Ke Outdoor

Kesalahan penyambungan kabel dari unit indoor ke outdoor dapat membuat mesin outdoor tidak beroperasi. Ini karena tidak adanya arus listrik yang menuju ke outdoor.

10. AC Tidak Berkualitas

AC dengan kualitas rendah memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah tidak memberikan hasil dingin yang maksimal. Sebaiknya kamu gunakan AC dengan merk - merk yang sudah ternama.

11. Pemasangan AC Tidak Di Vacum

Masalah paling baru belakangan ini adalah masalah Vacum. Kamu perlu mengetahui bahwa AC dengan freon R32 dan R 410 haruslah divacum terlebih dahulu pada saat proses pemasangan. Jika tidak maka bersiaplah AC-mu mengalami kerusakan seperti tidak dingin, kurang dingin atau yang paling parah adalah kerusakan kompresor.

Artikel Terkait

Padahal AC Baru Tapi Kok Tidak Dingin, Ini Mungkin Penyebabnya !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.