Saturday, May 18, 2019

7 Hal Sepele Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

7 Hal Sepele Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Kulkas adalah salah satu perabot rumah tangga yang terbilang sangat penting. Memiliki fungsi sebagai penyimpan makanan dan minuman.

Pada perkembangan teknologi yang kian cepat, pengguna kulkas juga semakin meningkat. Ada banyak faktor yang mendukung , seperti kebutuhan rumah tangga dan juga usaha.

Kulkas memiliki banyak jenis, mulai dari kulkas yang biasa dipakai dirumah tangga hingga kulkas yang di pakai sebagai penunjang usaha, showcase dan chiller misalnya.

Sebagai pengguna kita harus sadar bahwa kulkas sama seperti perabot elektronik lainnya yang mungkin saja juga bisa rusak.

Apalagi bagi kalian yang sering melakukan hal - hal yang sebenarnya terlarang untuk dilakukan. Dan berikut ini 7 hal sepele yang membuat kulkas cepat rusak.

1. Makanan Tidak Tertutup Rapat

Ternyata membiarkan makanan tidak tertutup rapat ketika dimasukan kedalam kulkas dapat membuat Kulkas menjadi lebih cepat rusak.

Ini disebabkan oleh hal sepele membiarkan makanan tidak tertutup yang akan mempengaruhi kelembapan kulkas.

Selain masalah tadi, membiarkan makanan terbuka di dalam kulkas akan membuat aroma dari makanan tersebut menyebar dan tercampur dengan aroma lainnya yang mungkin saja mengganggu kenyamanan.

Selain untuk mendinginkan makanan, kulkas juga dapat menyingkirkan kelembaban serta bau dari setiap makanan. Memaksa kulkas untuk menghilangkan bau - bauan dari makanan akan membuat fungsi kulkas dalam menghasilkan hawa dingin menjadi terganggu.

Jadi, biasakanlah untuk menutup makanan serapat mungkin saat hendak memasukannya kedalam kulkas.

2. Menyimpan Makanan Dalam Kondisi Masih Panas

Banyak diantara kita terlalu terburu - buru dalam memasukan makanan kedalam kulkas, tidak peduli kondisi makanan tersebut masih sangat panas.

Kebiasaan ini sebenarnya sangat mempengaruhi kinerja kulkas, paling buruknya adalah dapat merusak kulkas dalam waktu dekat.

Memasukan makanan panas kedalam kulkas akan membuat mesin pendingin bekerja extra. Pada proses kerja yang berat ini, jika dibiarkan terus terjadi akan membuat mesin pendingin atau kompresor menjadi lebih cepat rusak.

Sebaiknya dinginkan makanan atau minuman sebelum memasukannya kedalam kulkas. Ini akan membuat kulkas dirumah anda menjadi lebih awet.

3. Pintu Kulkas Tidak Rapat

Pintu kulkas dengan karet magnet di desain agar tidak ada celah saat pintu kulkas di tutup. Ini penting untuk menjaga suhu dingin di dalam kulkas tidak keluar.

Kebiasaan membuka pintu kulkas terlalu lama akan membuat resiko kerusakan menjadi lebih besar.

Bagi anda yang memiliki kulkas dengan keluhan pintu yang tidak tertutup rapat, maka sebaiknya waspada. Karena bisa saja dalam waktu dekat kulkas dirumah anda akan mengalami kerusakan.

Jika pintu kulkas mulai tidak rapat, maka sebaiknya untuk cepat di perbaiki. Karena jika keadaan ini di biarkan, malah akan membuat kulkas menjadi cepat rusak.

4. Meletakan Kulkas Di Ruanhan Dengan Suhu Panas

Meletakan kulkas di dapur memang terlihat sangat tepat, tapi sebaiknya anda mulai memikirkan tempat yang lebih baik lagi.

Saat kegiatan memasak di lakukan, maka udara panas akan mulai terasa di ruangan dapur. Kenyataannya situasi ini tidaklah baik untuk sebuah kulkas.

Jika suhu didalam ruangan cukup panas, maka akan membuat kulkas menjadi mudah cepat rusak. Ini karena body kulkas yang menghasilkan hawa panas terbentur dengan hawa panas dari ruangan.

Jika sudah begini maka biasanya panas yang di buang kulkas akan menjadi lebih panas. Padahal pembuangan hawa panas ini sangat di perlukan oleh kulkas.

5. Menempelkan Banyak Stiker Di Dinding Kulkas

Menempelkan stiker di dinding kulkas mungkin membuat tampilan kulkas menjadi lebih enak untuk di lihat. Namun tahukah anda bahwa kebiasaan ini dapat merusak kulkas lebih cepat.

Seperti penjelasan diatas bahwa dinding kulkas mengeluarkan hawa panas. Menempelkan stiker pada dinding kulkas akan membuat hawa panas itu tidak keluar. Jika hawa panas tidak keluar dengan sempurna, bahayanya adalah dapat merusak mesin kompresor.

Jika ingin memasang stiker, maka anda bisa menempelkannya dibagian pintu kulkas. Itu akan lebih aman karena tidak mengganggu sistem pembuangan hawa panas pada dinding kulkas.

6. Tidak Membersihkan Kulkas Dengan Rutin

Merawat kulkas akan sangat baik untuk di lakukan. Hal ini akan membuat kulkas menjadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

Lakukan perawatan kulkas minimal 6 bulan sekali. Anda bisa mulai membersihkan kulkas dari bagian dalam di lanjut ke bagian luar.

Usahakan agar kulkas tetap dalam keadaan bersih, selain membuat kulkas lebih awet. Kondisi kulkas yang bersih juga akan membuat makanan dan minuman di dalam kulkas menjadi lebih sehat.

7. Tidak Memberikan Jarak Penempatan Kulkas Pada Dinding

Jangan pernah sekalipun meletakan kulkas terlalu menempel pada dinding ( tembok). Hal ini sangat perlu di hindari, usahakan body belakang kulkas berjarak minimal 15 cm dari dinding tembok. Sementara jarak body samping kanan dan kiri berjarak 10 cm dari dinding tembok.

Ini penting agar body kulkas dapat membuang suhu panas yang di hasilkan oleh kondensor. Jangan juga membuat box kayu pada interior untuk menutupi kulkas. Membuat box interior untuk menempatkan kulkas memang terlihat indah. Namun nyatanya hal tersebut hanya akan membuat kulkas menjadi lebih cepat rusak.

Artikel Terkait

7 Hal Sepele Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.