Sunday, May 19, 2019

Kenapa Air Sumur Bor Di Rumah Saya Berbau ? Ini Penjelasannya

Kenapa Air Sumur Bor Di Rumah Saya Berbau ? Ini Penjelasannya

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan pertanya dari seorang pelanggan. Ia bertanya mengenai permasalahan tentang air dirumahnya yang agak berbau. Katanya sih bau nya itu seperti air comberan.

Untuk kasus sumber air yang bau, kita harus mengetahui dulu beberapa hal. Mulai dari kedalaman sumur tersebut, daerah dan berapa batang pipa dan casing yang di gunakan.

Lalu kenapa air sumur dirumah bisa berbau atau kotor ?

Kedalaman Sumur

Kedalaman sumur adalah hal pertama yang harus di periksa. Sumur yang tidak terlalu dalam beresiko menimbulkan bau, terutama jika pusat sumur sangat dekat sekali dengan kali, got, pembuangan sampah bahkam septitank.

Ideal sumur bor kebanyakan dibuat diatas kedalaman 25 meter. Untuk daerah jakarta timur misalnya. Kedalaman maksimal 30 meter sudah bagus.

Jadi, sebelum membuat sumur bor, pastikan meminta kedalaman yang ideal kepada tukang sumur bor yang anda gunakan.

Daerah Tempat Tinggal

Daerah tempat tinggal juga dapat mempengaruhi kualitas air tanah. Timggal di daerah dengan titik sumber air yang bagus akan dapat memberikan hasil air bor yang bagus pula. Namun point ini bisa di akali dengan mencari sumber air yang bersih sesuai dengan kedalaman maksimal dan menggunakan filter pembersih air.

Panjang pipa

Panjang pipa sebenarnya berhubungan dengan kedalaman sumur. Jadi saya pikir poin ini tidak perlu kita bahas lagi, karena penjelasannya sama dengan poin satu mengenai kedalaman sumber.

Masalah casing pipa

Casing adalah sebuah pipa besar ukuran 3 inc ke atas, umumnya 4 inc. Pipa ini sebagai penahan rembesan air. Nah, kebanyakan kasus air bau dan kotor disebabkan oleh masalah ini.

Pipa casing yang bocor, kurang rapat dan kurang dalam akan membuat rembesan air dari atas.

Air yang bersih adalah air yang tersaring secara alami oleh bebatuan dan tanah. Pipa casing ini menjaga air atas tidak langsung ke sumber. Jadi, jika pipa casing ini bocor, maka akan membuat air dari atas (umumnya air kotor) langsung jatuh ke sumber.





Artikel Terkait

Kenapa Air Sumur Bor Di Rumah Saya Berbau ? Ini Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.