Wednesday, May 15, 2019

Bahas Lengkap Seputar Keluhan Freon Kulkas


Bahas Lengkap Seputar Keluhan Freon Kulkas

Hallo pembaca seputar dunia elektronik. Seperti pada AC, kulkas kurang lebih memiliki sistem pendinginan yang sama dengan AC.

Namun dari sisi gas freon, jenis yang digunakan berbeda. Jika pada AC, umumnya freon yang digunakan adalah R22, R410 dan R32. Sementara kulkas menggunakan R12,R134 dan R600.

Untuk kulkas baru sendiri jenis freon R12 sudah lama di tinggalkan, saat ini yang paling sering digunakan adalah freon R134a dan R 600a.

Nah, untuk masalah freon kulkas, ternyata tidak sama dengan AC. Jika pada AC kita bisa langsung mengisinya, tanpa proses las. Namun pada kulkas pengisian freon akan lebih rumit. Kita harus mengelasnya terlebih dahulu.

Sebut saja pengelasan untuk memasang pentil kulkas -- pentil kulkas adalah alat yang digunakan sebagai akses pengisian freon. Pada kulkas tidak terdapat pentil bawaan seperti pada AC, sehingga perlu memasangnya dulu sebelum mengisi freon.

Pada kulkas (berlaku untuk AC juga) sebenarnya freon tidak akan habis jika tidak ada kebocoran pada sistem, pipa dan evaporator maupun kondensor. Jadi tidak ada istilah tambah freon, kalau sampai freon habis ya sudah pasti itu karena ada yang bocor.

Selain kebocoran, permasalahan freon pada kulkas juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti mampat pada instalasi dan juga perubahan gas freon menjadi angin ( ini biasa terjadi jika usia kulkas sudah tua)

Apa saja yang harus dipersiapkan pada saat hendak mengisi atau mengganti freon kulkas ?

1. Alat las
2. Manifold atau meter gas
3. Filter
4. Pentil
5. Perak las
6. Lem hijau untuk kebocoran evap
7. Kapiler
8. Freon
9. Metil
10. Borak jika diperlukan

Untuk filter, pentil, freon, kapiler dan metil -- menjadi alat yang harus ada saat mengisi freon kulkas. Tentunya selain alat las atau perlengkapan kerja.

Filter -- alat ini perlu di ganti agar sistem penyaringan kembali normal. Karena pada umumnya jika ada kebocoran freon maka oli akan naik dan terjebak pada sistem, salah satunya oli terjebak pada filter. Jangan pernah menggunakan filter lama jika kamu tidak ingin nantinya terjadi kebuntuan (mampat) yang menghambat jalan freon di instalasi.

Untuk filter lihat gambar dibawah ini.



Pentil -- alat ini merupakan akses masuk saat pengisian freon. Pertama kali freon masuk adalah melalui alat ini. Selang manifold atau meter gas akan terhubung ke pentil untuk kemudian mengalirkan freon kedalam kompresor dan instalasi pipa kulkas.

Gambar pentil lihat gambar dibawah.



Metil -- merupakan cairan yang berfungsi sebagai pembersih. Cairan ini dimasukan pada saat proses vacum pada kulkas sebelum freon di isi.

Gambar metil bisa dilihat di bawah ini.



Kapiler -- merupakan pipa berukuran kecil pada kulkas, terdapat pada sambungan filter. Kapiler dibutuhkan bukan buat menyambung atau mengganti filter yang lama, tapi digunakan sebagai pipa tambahan pada filter maupun pentil jika diperlukan.

Lihat gambar kapiler dibawah ini



Masalah vacum sebelum mengisi freon kulkas

Pentingkah proses vacum untuk kulkas?

Pertanyaan ini sering di ajukan oleh para pelanggan, sebenarnya apakah vacum perlu dilakukan pada saat pengisian freon?

Jawabannya adalah sangat penting !!

Vacum adalah proses penghampaan udara di instalasi pipa, evap maupun kondensor. Pada saat mengisi freon baru, baik itu pada AC maupun kulkas, proses vacum menjadi hal yang harus kita lakukan.

Untuk efek jika tidak divacum adalah tingkat dingin yang dihasilkan kulkas akan berkurang. Selain itu juga akan membuat kompresor kulkas mudah rusak.

Sebenarnya untuk masalah vacum, hal ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dilakukan sebelum melakukan pengisian freon pada kulkas.

Jangan pernah mengisi freon baik itu pada AC maupun kulkas tanpa melakukan vacum terlebih dahulu. Karena jika tidak maka akan membuat kerusakan fatal nantinya.

Bisakah Mengganti Jenis Freon Kulkas Dengan Jenis Yang Berbeda ?

Selama ini banyak sekali pendapat yang beredar. Apakah bisa jika freon kulkas R600 --misalnya, diganti dengan jenis lain?

Misalnya, kulkas yang menggunakan freon R600 diganti dengan freon R134. Banyak spekulasi yang beredar. Ada yang mengatakan bisa, sebagian mengatakan tidak mungkin bisa.

Saya sendiri lebih sepakat dengan pendapat yang kedua, karena tidak mungkin jenis freon  di ganti dengan jenis yang lainnya, dari oli yang digunakan saja sudah berbeda.

Sebaiknya tetap menggunakan freon bawaannya saja, jangan merubah jenis freon apalagi sampai mengoplosnya. Karena sifat dari oli nya pun bebeda, jadi akan ada masalah yang timbulkan jika kamu berani merubahnya.

Salah satu hal yang pasti terjadi ketika kamu mau mengoplos atau merubah type freon, adalah akan terjadi pengentalan oli. Hal ini akan membuat sistem menjadi buntu. Wah kalau sudah begini sih biasanya yang di korbankan adalah mesin kompresor. Bisa - bisa jebol deh tuh kompresor.

Jadi jangan dilakukan ya sob, mending pakai freon bawaan aja deh. Jangan ngoplos apalagi merubah jenis freon ke jenis yang lainnya.

Freon yang umum digunakan pada kulkas saat ini

Freon yang umum saat ini digunakan kebanyakan kulkas adalah R134 dan R600. Melihat dari spesifikasi kandungannya, kedua jenis ini berbeda satu dengan yang lainnya.

Karakteristik pada R 600 yang mudah terbakar menjadikan proses pengisian freon menjadi lebih hati-hati. Terutama pada saat kamu mau mengelas, pastikan sudah tidak ada lagi kandungan freon R600 didalam sistem instalasi kulkas.

Banyak kasus kecelakaan kerja yang melibatkan jenis freon ini, karena masih banyak teknisi yang belum paham karakteristik freon ini. Kasus paling sering terjadi adalah terjadi ledakan saat melakukan pengelasan.

Jadi hati-hati ya sob.

Sementara untuk R134, memiliki resiko ledakan lebih sedikit. Karena sifat nya yang tidak mudah terbakar menjadikannya lebih aman.

Tekanan freon pada kulkas

Untuk tekanan standar sendiri, freon pada kulkas tidak lebih dari 20 psi. Sebut saja pada kulkas 1 pintu yang relatif lebih kecil. Tekanan freon maksimalnya adalah 10 pak sampai 15 psi. Bahkan saya paling sering mengisinya dengan tekanan tidak lebih dari 10 psi, dan ini sudah cukup untuk proses pendinginan maksimal.

Beda kan ? sama tekanan pada AC yang setidaknya harus di isi sampai 70psi -- ini untuk ukuran AC paling kecil, yakni 05 PK.

Kebocoran Pada Evaporator Frezzer

Jenis kerusakan ini cukup sering terjadi. Biasanya orang menusuk tumpukan es dengan menggunakan alat tajam seperti obeng, gunting dan penusuk lainnya.

Sebenarnya sudah ada larangan tertulis pada bagian kulkas bahwa tidak boleh menusuk tumpukan es menggunakan benda tajam.

Untuk permasalahan bocor evaporator kamu bisa membaca :

Cara memperbaiki kerusakan evaporator kulkas yang bocor tertusuk benda tajam.








Artikel Terkait

Bahas Lengkap Seputar Keluhan Freon Kulkas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.