Tuesday, May 14, 2019

Ini Sebabnya Kenapa Kulkas Baru Tidak Boleh Langsung Di Hidupkan

Ini Sebabnya Kenapa Kulkas Baru Tidak Boleh Langsung Di Hidupkan

Kenapa sih kalau kita baru beli kulkas tidak boleh langsung di hidupkan? Pasti deh, kebanyakan toko langsung menyarankan kita untuk bersabar begitu kulkas datang ke rumah, katanya begini !

" setelah sampai jangan langsung di hidupkan ya bapak ibu, soalnya nanti bisa merusak kulkas atau kulkas bisa tidak dingin atau bla bla bla dan bla bla".

Ini Dia Alasan Kenapa Kulkas Yang Baru Di Beli Tidak Boleh Di Hidupkan, Harus Tunggu Beberapa Saat.


Jadi begini, biasanya kulkas baru akan dikirim oleh jasa pengiriman atau mobil dari toko dimana kita membeli kulkas tersebut.

Pada waktu proses perjalanan itulah yang akan menjadi alasan pertama mengapa kulkas tidak boleh langsung di hidupkan setelah sampai.

Sederhananya begini,

Pada saat pengiriman terkadang kendaraan yang membawa kulkas menemui medan - Medan jalanan yang tidak rata, polisi tidur misalnya.

Jika kendaraan tersebut bergoyang maka akan membuat kulkas juga ikut bergoyang. Disinilah letak masalahnya. Didalam kompresor kulkas terdapat oli, pada saat kulkas bergetar atau bergoyang maka biasanya akan membuat oli didalam kompresor mesin bocor ke dalam sistem pendinginan.

Oli ini lah yang akan membuat sirkulasi freon dapat tersumbat. Karena jika anda langsung menghidupkan kulkas setelah kulkas sampai dirumah tanpa menunggunya beberapa saat, maka oli yang masuk kedalam sistem pendingin tadi belumlah kembali ke dalam kompresor.

Jika oli tersebut masih didalam sistem pendingin, maka akan mengalir ke daerah sistem pendingin seperti filter, evap dan kapiler. Dan pada akhirnya akan membuat kebuntuan pada sistem peredaran gas freon.

Sampai disini semoga anda semua mengerti mengapa kulkas yang baru di beli tidak boleh langsung di hidupkan, paling tidak kita harus menunggu beberapa saat sebelum menghidupkannya.

Lalu Berapa lama kah kulkas tersebut Baru Boleh Di Hidupkan?

Sebenarnya tergantung seberapa jauh proses pengiriman kulkas tersebut, dan seberapa buruk kondisi jalanan yang tidak rata yang dilalui oleh kendaraan saat pengiriman.

Namun secara umum, anda bisa menunggu selama 8-16 jam sebelum menghidupkan kulkas tersebut. Namun untuk pastinya anda bisa membaca buku petunjuk yang di peroleh saat membeli kulkas, atau bisa juga menanyakan kepada toko dimana anda membeli kulkas tersebut.

Sebagai tambahan, bahwa kulkas harus dalam proses berdiri pada saat proses pengiriman. Lalu bagaimana jika posisi kulkas dalam keadaan tidur ( tidak berdiri) ?

Jika begitu maka sebaiknya diamkan kulkas lebih dari 24 jam. Karena posisi tidur akan membuat oli didalam kompresor tumpah atau bocor lebih parah.

Selain itu pastikan juga untuk mengatur posisi kulkas pada posisi ideal dan sesuai standar saat di letakan di rumah anda.

Beri jarak area belakang kulkas 15 cm di arah dinding tembok, dan bagian kiri kanan body 10 cm dari tembok. Untuk lebih jauh dari ukuran posisi itu lebih di anjurkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terus baca artikel kami lainnya.

Artikel Terkait

Ini Sebabnya Kenapa Kulkas Baru Tidak Boleh Langsung Di Hidupkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.