Monday, May 27, 2019

Ciri - Ciri Outdoor AC Sudah Mau Rusak

Ciri - Ciri Outdoor AC Sudah Mau Rusak

Kali ini saya akan membahas mengenai ciri-ciri outdoor AC yang sudah mau rusak. Perlu di ketahui bahwa bagian outdoor AC terdapat beberapa komponen penting seperti kompresor, kipas dan kapasitor.

Belum lagi bagian non elektronik seperti kondensor, camulator dan Valve (katup). Dimana bagian bagian ini juga rentan terhadap kerusakan.

Lalu bagaimana sih ciri-ciri outdoor AC yang sudah mau rusak, atau usianya sudah tidak akan lama lagi?  Apakah memiliki ciri khusus atau tanda yang mungkin bisa kita jadikan pegangan sebagai bahan analisa mengenai sejauh mana outdoor tersebut masih bisa bertahan.

Pertama : suara mesin kompresor

Umumnya gejala awal dari kerusakan outdoor terutama pada bagian kompresor, kita dapat mendengar suara mesin terdengar agak kasar.

Tanda ini menunjukan bahwa ada kerja kompresor yang tidak beres. Kasusnya biasanya disebabkan oleh motor kompresor yang sudah mulai aus, kekurangan oli dan juga masalah pada piston kompresor.

Namun outdoor yang berisik tidak melulu disebabkan karena mesin kompresor. Bisa saja suara berisik tersebut terjadi karena kerusakan bearing kipas, skrup body yang kendur dan juga masalah lainnya.

Namun untuk kasus kompresor, maka biasanya ini menandakan bahwa ada yang tidak beres pada kerja kompresor. Jika sudah begitu maka sebaiknya anda waspada, karena bisa saja itu merupakan tanda bahwa outdoor AC akan mengalami kerusakan.

Ciri atau tanda jika outdoor AC sudah mau rusak selanjutnya adalah terjadi kontak body. Artinya ada kebocoran arus listrik yang membuat body outdoor mengalir setrum.

Jika anda memegang body outdoor atau pipa lalu terjadi sengatan listrik, mau kecil atau besar. Maka hal tersebut, biasanya menandakan bahwa kompresor mengalami short atau bermasalah.

Mungkin ampere kompresor mengalami kenaikan atau sudah terjadi kebocoran arus listrik. Hal ini jelas berbahaya buka hanya untuk mesin outdoor tersebut, namun juga berbahaya untuk seseorang yang mungkin saja memegang atau menyentuh bagian outdoor AC tersebut..

Jika listrik sudah mengalami kebocoran, maka biasanya usia outdoor tersebut tidak akan lama. Untuk memastikannya maka anda bisa menggunakan multy tester dan melakukan pengukuran.


Artikel Terkait

Ciri - Ciri Outdoor AC Sudah Mau Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.