Tuesday, May 21, 2019

Ini Dia Alasan Mengapa Tidak Boleh Memasukan Bedcover Kedalam Mesin Cuci


Bedcover merupakan jenis cucian yang sebaiknya tidak di cuci menggunakan mesin cuci. Terutama mesin cuci dengan beban yang kecil.

Salah satu alasan adalah beratnya bedcover jika dalam kondisi basah. Memaksa bedcover masuk ke mesin cuci akan membuat beban mesin cuci terasa berat.

Bedcover memiliki ukuran yang besar dengan kain yang cukup tebal. Untuk mencuci bedcover sebaiknya menggunakan tangan.

Seandainya kita ingin mencuci bedcover menggunakan mesin cuci, sebaiknya menggunakan mesin cuci dengan ukuran yang besar.

Apa saja yang akan terjadi jika kita mencuci bedcover menggunakan mesin cuci?

1. Kerusakan pulsator

Pulsator adalah alat berbentuk bulat tipis di bagian dalam tabung mesin cuci. Fungsi pulsator sebagai penggerak air ketika dinamo berputar.

Beban yang terlalu berat akan membuat pulsator rusak. Kerusakan biasanya terjadi pada lubang drat yang menempel ke ass Gearbox.

2. V- belt

V- belt adalah tali karet yang terletak di bagian dekat Gearbox. Fungsinya sebagai pembantu motor dinamo memutar Gearbox. Kebanyakan kasus kerusakan v belt terjadi karena beban yang terlalu berat.

3. Dinamo

Jika kita memaksa mesin cuci dengan beban yang sangat berat, hal itu akan membuat dinamo bekerja ekstra dan membuatnya cepat panas.

Jika kita memaksakan hal tersebut, maka lama kelamaan akan membuat dinamo bukan tidak mungkin terbakar atau rusak.

4. Konsumsi listrik berlebih

Makin berat kerja mesin cuci maka akan semakin besar konsumsi listrik yang di gunakan. Dari pada memaksa mesin cuci bekerja dengan beban yang besar, sebaiknya lakukan pencucian sedikit demi sedikit.

Terutama untuk jenis mesin cuci Toploading dengan beban kecil. Jangan memaksa untuk memasukan pakaian dengan beban yang berlebih, terutama untuk jenis pakaian yang tebal dan berat seperti bedcover atau selimut dengan ukuran besar.

Walaupun mencuci bedcover menggunakan mesin cuci sebaiknya dihindari, namun tetap saja hal tersebut masih bisa di lakukan. Namun dengan catatan tidak mencampur bedcover dengan jenis pakaian lain.

Dan sebaiknya juga menggunakan jenis mesin. Cuci dengan ukuran yang besar, karena hal ini akan jauh lebih aman untuk di lakukan.

So, perhatikan beban cucianmu ya sebelum memasukannya kedalam mesin cuci. Pastikan juga kamu memisahkan jenis pakaian yang sekiranya berat dan besar.

Tetap jaga keawetan mesin cuci dirumahmu dengan mengikuti standar pencucian yang benar. Karena mesin cuci tergantung dari seberat mana beban yang di masukan.

Tetap baca artikel kami lainnya seputar mesin cuci, dan dapat update terbaru hampir setiap harinya.

Artikel Terkait

Ini Dia Alasan Mengapa Tidak Boleh Memasukan Bedcover Kedalam Mesin Cuci
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.