Thursday, May 9, 2019

Harga Peralatan Service Ac

Harga Peralatan Service Ac

Diantara kalian ada yang ingin menjadi tukang AC ? Atau sedang ingin membuka usaha service AC? Jika iya, maka memiliki peralatan service AC menjadi hal pertama yang harus kalian pikirkan.

Ada banyak sekali alat - alat yang nantinya dibutuhkan untuk keperluan service AC, seperti stim pencuci, bor, manyfold, terster, tang ampere dan lain sebagainya.

Setiap peralatan service memiliki harga yang bervariatif, ini tergantung dari merk dan kualitas perkakas tersebut. Makin bagus merk dan makin bagus peralatan tersebut, maka makin mahal juga harganya.

Berikut ini harga peralatan Service AC yang akan saya bagikan.

1. Stim Pencuci AC

Stim AC adalah sebuah mesin untuk mencuci AC. Dari semua peralatan penunjang service AC maka alat ini merupakan hal yang paling penting, dan memiliki harga yang lumayan mahal.

Harga stim pencuci AC dipasaran mencapai 500 ribuan hingga diatas 3 jutaan. Ini tergantung merk dan kualitas. Saya sendiri memakai stim pencuci AC yang lumayan murah, hanya 900rbuan.

2. Bor

Bor harus ada jika kalian menerima job pemasangan AC. Jika kamu ingin menjadi tukang AC atau sedang ingin membuka usaha service AC, maka bor harus kalian masukan dalam list barang yang akan dibeli. Bor menjadi perkakas kedua yang wajib dan kudu kalian beli.

Harga bor dipasaran berkisar di 700 ribuan, ini untuk harga bor paling murah dengan kualitas standar. Sementara untuk harga paling mahal ada di kisaran harga 2 jutaan keatas.

3. Manyfold Atau Meter Gas

Selanjutnya adalah meter gas (manyfold). Alat ini penting sebagai alat ukur tekanan freon. Jika kalian ingin membeli alat service AC, maka memasukan manyfold ke dalam daftar belanjaan kalian menjadi hal yang penting.

Untuk manyfold harga paling murahnya adalah 90 ribuan hingga diatas 400 ribuan untuk kualitas terbaiknya.

4. Obeng

Obeng menjadi alat yang wajib juga dimiliki. Ada beberapa jenis obeng, namun yang paling penting adalah obeng min dan plus.

Untuk harga obeng relatif murah, kalian hanya perlu menyiapkan budget 20ribuan saja untuk mendapatkan obeng dengan kualitas biasa.

5. Tang

Tang berguna sebagai alat penjepit, pemotong kabel dan pemegang. Jadi sebagai tukang AC atau pendingin, rasanya akan sangat merepotkan jika tidak memiliki tang.

Harga tang terbilang tidak terlalu mahal, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 50ribuan saja.

6. kunci Inggris

Kalau kunci yang satu ini rasanya harus kalian miliki deh, karena memiliki fungsi vital sebagai alat penunjang kerja bagi seorang teknisi pendingin. Kalau bisa milikilah beberapa ukuran kunci Inggris. Mulai dari yang kecil sampai yang besar, atau minimal yang sedang.

Kunci Inggris kecil biasanya di bandrol dengan harga 50ribuan untuk kualitas yang sudah lumayan bagus.

7. Kunci L

Kunci L menjadi penting saat kita akan membuka atau menutup Valve AC. Nah jika kalian akan melakukan pumpdown atau penutupan jalan freon pada katup (Valve) maka itu menggunakan kunci L.

Harga kunci L berkisar 50.000 kurang lebih, kalian bisa mendapatkannya di toko listrik atau matrial.

8. Kunci Pas

Setelah itu adalah kunci pas. Entah itu yang ringpas, atau hanya kunci pasnya saja. Kunci pas akan memudahkan kerja seperti pada saat membuka mur baut, membuka Neuple dan lain lain.

Kunci pas bisa di beli dengan satuan atau satu set. Untuk harga satu set biasanya cukup mahal, paling tidak kalian harus menyiapkan budget diatas 200ribuan untuk kualitas kunci pas yang lumayan bagus.

9. Cutter Pipa

Selanjutnya adalah cutter pipa atau biasa disebut potong pipa. Alat berbentuk mungil ini sangat penting sebagai pemotong pipa AC. Dipasaran harga potong pipa atau cutter pipa berkisar 50ribuan.

10. Mesin Vacum

Mesin Vacum akan sangat di butuhkan saat pemasangan AC, khususnya AC baru. Alat ini cukup lumayan mahal. Bahkan bisa saja lebih mahal dari alat stim pencuci AC. Dipasaran harga mesin Vacum berkisar di angka 800ribuan untuk harga paling murah, sementara untuk yang mahal bisa di atas 2 jutaan.

11. Flering Pipa

Selanjutnya adalah alat flering pipa, alat ini berfungsi sebagai pengembang pipa untuk pembuatan sambungan nut Neuple.  Harga flering paling murah dipasaran mencapai harga 150rban untuk type multy. Sementara untuk yang paket lengkap menembus 300rbuan.

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai harga peralatan Service AC. Mungkin masih sangat banyak yang belum saya bahas. Jadi, saya akan update terus tulisan ini.


Artikel Terkait

Harga Peralatan Service Ac
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.