Wednesday, May 8, 2019

Penyebab Pompa Air Mati Total


Ada beberapa penyebab pompa air mati total. Bisa dari otomatis, kabel putus, atau dinamo terbakar. Pada beberapa hal perlu di lakukan pemeriksaan yang tepat untuk mengetahui penyebab pastinya. Pemeriksaan tidak boleh dilakukan dengan cara menebak - nebak. Diperlukan ketelitian dan juga peralatan penunjang seperti multy tester sebagai alat pengukur.

Saya sendiri sebagai seorang teknisi tidak boleh asal tebak dalam menganalisa -- walaupun mungkin sudah tahu mengenai penyebabnya tanpa memeriksanya terlebih dahulu. Tapi sebagai seorang yang profesional maka saya perlu juga melakukan pemeriksaan satu persatu terhadap komponen didalamnya.

Dan dari beberapa pengalaman yang sudah saya dapat. Setidaknya ada 4 hal yang sering terjadi -- yang menjadi penyebab pompa air mati total. Ialah kabel putus, otomatis rusak, kerusakan kapasitor  dan yang terakhir adalah kerusakan dinamo motor. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa penyebab - penyebab tersebut, maka silahkan kalian baca artikel ini sampai selesai.

Kabel Putus

Sebelum kalian menganalisa penyebab yang terbilang berat, maka sebaiknya dengan kemungkinan yang paling ringan, seperti putus kabel. Karena penyebab ini cukup sering terjadi maka saya membuat permasalahan putus kabel ini menjadi hal pertama yang harus diperiksa.

Cek arus dari colokan utama, pastikan bahwa ada arus listrik disana. Kemudian cek kondisi kabel, tikus sering kali menjadi momok yang menyebabkan putus kabel.

Otomatis Rusak

Jika kabel sudah diperiksa, maka lanjut ke pengecekan bagian otomatis pompa. Anda bisa memeriksa bagian otomatis pompa ataupun bagian otomatis radar pelampung toren.

Jika tidak memiliki tester sebagai pengukur. Anda bisa melangsungkan listrik yang menuju ke otomatis. Cara manual ini banyak digunakan teknisi untuk memastikan apakah otomatis masih bekerja atau tidak.

Kerusakan Kapasitor

Selanjutnya adalah kapasitor, alat ini berfungsi sebagai penggerak motor dinamo. Ciri fisik jika kapasitor rusak adalah tampilan fisik yang tak biasa seperti menggelembung dan keluar cairan seperti lelehan lilin.

Jika fisik sudah menggelembung atau mengeluarkan cairan, maka anda bisa langsung mengganti kapasitor pompa dengan yang baru.

Kerusakan Dinamo ( Terbakar )

Untuk masalah dinamo mungkin menjadi masalah paling berat. Mengingat biaya yang di keluarkan cukup besar, maka anda harus menyiapkan kocek yang tak sedikit.

Cirinya adalah bisa dari mencium aroma terbakar yang keluar. Jika ada seperti bau terbakar maka bisa jadi dinamonya sudah hangus.

Penanganan dinamo terbakar adalah dengan cara menggulung ulang lilitan dinamo tersebut.

Artikel Terkait

Penyebab Pompa Air Mati Total
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.