Monday, May 20, 2019

Kerusakan Pengering Mesin Cuci Tidak Hidup Padahal Drain Motor Berfungsi

Kerusakan Pengering Mesin Cuci Tidak Hidup Padahal Drain Motor Berfungsi

Pada kerja mesin cuci toploading, drain motor atau katup pembuangan air harusnya terbuka. Air di keluarkan dan selanjutnya motor dinamo berputar untuk proses spin atau pengering.

Lalu ada beberapa kasus yang sering saya temui. Meskipun air sudah keluar pada saat proses spin, nyatanya spin tetap tidak mau berputar. Artinya disini adalah drain motor bekerja dengan baik, namun tabung pengering tidak mau berputar. Lalu sebenarnya apa yang membuat hal ini terjadi?

Secara umum saya menemukan dua masalah yang sering terjadi. Pertama disebabkan oleh eror pada modul dan yang kedua adalah karena katup rem tidak bekerja dengan baik. Untuk kasus rem maka ini berkaitan dengan gearbox, bisa juga di bilang gearbox mengalami masalah.

Apakah dinamo motor juga bisa mengakibatkan pengering tidak mau berputar?

Bisa saja, namun kecil kemungkinannya. Karena disini fungsi pencuci dalam keadaan normal, yang bermasalah hanya pengeringnya saja.

Tapi tetap ada kemungkinan, dinamo menjadi lemah karena beberapa faktor. Saya pernah menemui masalah ini, setelah di cek ternyata masalahnya ada pada kapasitor, setelah kapasitor di ganti, maka spin kembali dapat berputar.

Agak heran sih, karena pencuci normal, tapi nyatanya memang ketika saya mengganti kapasitor maka spin kembali bekerja.

Ok, balik ke dua kasus tadi. Kerusakan modul dan gearbox. Namun saya akan membahas yang gearbox dulu. Setelahnya baru ke masalah modul atau panel.

Gear Box rusak membuat spin tidak bisa berputar.

Ini disebabkan (biasanya) oleh masalah rem. Jadi tuas rem pada gearbox tidak bekerja sehingga putaran tertahan.

Saya cukup sering menemui permasalahan ini. Beberpa kali bisa saya atasi dengan mengakalinya, dan yang lainnya gagal. Terpaksa deh harus mengganti gearbox dengan yang baru.

Untuk mengakalinya, biasanya saya harus melihat keluhannya dulu di lokasi, jika bisa di akali maka saya akali. Tapi jika tidak bisa, maka saya menyarankan pelanggan untuk mengganti gearbox tersebut dengan yang baru.

Di bagian bawah (gearbox) terdapat gear dengan tuas penekan. Disana proses washing dan spin di atur. Tarikan tuas di lakukan saat drain motor bekerja menarik tali. Normalnya adalah saat penarikan maka tuas menekan gear sehingga tabung pengering berputar. Pergeseran gear juga membuka rem agar putaran tidak tertahan. Nah, kebanyakan kasus spin tidak berputar disebabkan oleh rem yang tidak terangkat atau terbuka.

Namun dari pada anda pusing mengakali gearbox, lebih baik sih menggantinya dengan yang baru. Namun untuk harga gearbox pada mesin cuci satu tabung, baik toploading maupun frontloading biasanya di bandrol dengan harga cukup tinggi.

Modul eror dapat membuat spin tidak berputar.

Kasus modul atau panel bisa di bilang adalah kasus kerusakan paling besar. Karena semua program di atur disana. Ibaratnya modul adalah otak dari mesin cuci satu tabung otomatis.

Untuk masalah modul biasanya terjadi kerusakan pada bagian program, atau bisa juga karena ada jalur di mainboard yang terputus. Untuk program sendiri biasanya, kami teknisi melakukan perbaikan dengan service ringan. Tapi tidak usah di jelaskan ya, karena agak sulit menjelaskan lewat tulisan, nanti mudah mudahan saya bisa membuat video tutorialnya di youtube. Hehe.

Namun kabar baiknya adalah bahwa perbaikan modul tidak semahal ketika kita mengganti gearbox. Kecuali jika memang harus mengganti panel. Mungkin itu saja dulu penjelasan saya kali ini. Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Kerusakan Pengering Mesin Cuci Tidak Hidup Padahal Drain Motor Berfungsi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.