Saturday, July 13, 2019

2 Kebiasaan Buruk Yang Akan Membuat Dispenser Cepat Rusak

2 Kebiasaan Buruk Yang Akan Membuat Dispenser Cepat Rusak

Dispenser sepertinya harus kita akui saat ini telah menjadi salah satu perabot elektronik yang sangat di perlukan.

Yang awalnya hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan air biasa tapi sekarang juga bisa sebagai tempat air dingin dan panas.

Bahkan beberapa dispenser saat ini dilengkapi dengan mini kulkas di bawahnya.

Mengingat fungsi dispenser yang cukup penting dan banyak. Rasanya tidak adil jika kita tidak menjaga dan merawatnya.

Namun sayangnya masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui pentingnya merawat dispenser.

Taukah kalian bahwa ada 2 kebiasaan buruk yang akan membuat dispenser cepat rusak. Dan jika kebiasaan ini dilakukan akan membuat kalian rugi.

1. Tetap menghidupkan dispenser padahal air di galon kosong.

Pada kondisi galon kosong sebaiknya kalian mematikan dispenser. Banyak sekali pengguna yang tidak menyadari bahwa membiarkan dispenser dalam kondisi galon kosong akan membuatnya cepat rusak.

Dua bagian yang rusak jika kalian membiarkan dispenser hidup dalam kondisi galon kosong adalah elemen pemanas dan kompresor pendingin ( ini untuk dispenser dengan model air dingin).

Elemen pemanas akan rusak jika tabung air panas dalam kondisi kosong. Selain merusak hal ini juga akan membahayakan. Memang didalam sistem pemanas dispenser terdapat alat otomatis yang memutus kerja elemen jika kondisi panas sudah overheat.

Tapi bayangkan saja jika alat ini tidak bekerja. Wah, element pasti akan nyalah terus tuh. Dan hal ini bisa saja membuatnya menjadi terbakar dan memicu sumber api.

2. Penempatan dispenser terlalu mepet tembok.

Penempatan dispenser yang ideal menjadi kunci supaya awet dan tahan lama. Terutama untuk jenis dispenser air dingin.

Dispenser air dingin dilengkapi dengan mesin pendingin bernama kompresor. Sistem kerja alat ini bukan hanya penghasil dingin untuk dispenser, tapi juga membuang panas lewat pipa kondensor yang biasanya terpasang di body belakang dari dispenser.

Hawa panas yang dibuang ini membutuhkan sirkulasi yang baik. Jadi, jika kalian menempatkan posisi dispenser terlalu menempel ke tembok maka akan membuat sirkualis pembuangan panas tadi menjadi terganggu.

Sampai disini apakah kalian mengerti bahwa setidaknya ada dua kesalahan yang biasa kita lakukan terhadap dispenser kita dirumah.

Dan fatalnya adalah dua kebiasaan buruk ini sering kita lakukan. Jadi mulai sekarang, pastikan kalian merawat dispenser dirumah kalian dengan benar ya guys.

Semoga tuliasan ini bermanfaat. Kalian bisa sebarkan tulisan ini dengan menyertakan sumbernya.


Artikel Terkait

2 Kebiasaan Buruk Yang Akan Membuat Dispenser Cepat Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.