Tuesday, December 3, 2019

Penyebab Yang Membuat Pembuangan Air Mesin Cuci Keluar Kecil

Penyebab Yang Membuat Pembuangan Air Mesin Cuci Keluar Kecil

Penyebab Yang Membuat Pembuangan Air Mesin Cuci Keluar Kecil - Seputar Dunia Elektronik.

Kali ini kita akan membahas mengenai permasalahan mesin cuci, yaitu soal penyebab yang membuat pembuangan air mesin cuci keluar kecil.

Pernahkan kalian mengalami permasalahan dimana mesin cuci di rumah kalian tidak maksimal dalam mengeluarkan air sisa cucian? Atau bisa dibilang air pembuangan yang keluar sangatlah kecil.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh sirkulasi pembuangan air yang tersumbat. Bisa karena kotoran, sisa benang pakaian, kertas, kancing baju, plastik bahkan koin logam.

Dari semua itu koin logam menjadi masalah paling sering saya temui saat melakukan perbaikan mesin cuci. Koin yang menutup pipa pembuangan pada mesin cuci akan membuat saluran air kekuar menjadi terhambat, dan efeknya tentu saja adalah membuat air sisa cucian tidak keluar sempurna alias sangat kecil.

Untuk mesin cuci dua tabung mungkin tidak terlalu masalah jika air pembuangan keluar sangat kecil, kalian mungkin akan hanya merasa kesal menunggu proses pembuangan air.

Namun berbeda dengan mesin cuci otomatis seperti toploading maupun frontloading. Pada saat air pembuangan keluar dengan tidak lancar atau kecil, maka hal tersebut akan mengganggu sistem kerja dari mesin cuci itu sendiri.

Salah satunya adalah hasil pakaian yang nantinya tidak terlalu kering atau bahkan dapat menyebabkan eror pada saat proses spin sedang berlangsung.

Untuk mengatasi hal ini kalian perlu untuk membuka bagian pulsator mesin cuci dan juga seal pembuangan. Kalian harus mencari sampah atau koin di dalam sistem pembuangan.

Buka pulsator dan lihat apakah banyak sampah seperti plastik, kancing baju atau koin didalam tabung mesin cuci. Kalian juga harus membuka seal pembuangan serta memeriksa selang pembuangan.

Keluarkan semua benda yang mungkin menyumbat sistem pembuangan pada mesin cuci. Jangan lupa juga memeriksa drain motor khusus untuk mesin cuci top loading, karena beberapa kali saya juga menemui masalah terjadi pada alat ini.

Mungkin itu saja beberapa hal yang biasanya dapat membuat pembuangan air pada mesin cuci menjadi tersumbat. Kalian juga harus setidaknya beberapa bulan sekali untuk membersihkan tabung mesin cuci. Ini penting agar kondisi mesin cuci senantiasa bersih dan selalu terawat.

Ada beberapa mesin cuci dengan merk tertentu dilengkapi dengan fitur cleen tube, dimana fitur ini memiliki fungsi untuk membersihkan tabung dalam. Kalian bisa menggunakan fitur ini sesekali untuk melakukan pembersihan tabung mesin cuci.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua, dan terus baca artikel kami yang lainnya. Demikian tadi tulisan mengenai penyebab pembuangan air

Artikel Terkait

Penyebab Yang Membuat Pembuangan Air Mesin Cuci Keluar Kecil
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.