Sunday, December 1, 2019

Kerusakan Mesin Cuci Sharp Toploading Tidak Bisa Spin Air Tidak Keluar

Kerusakan Mesin Cuci Sharp Toploading Tidak Bisa Spin Air Tidak Keluar

MESIN CUCI SHARP TIDAK BISA SPIN DAN BUANG AIR

Hari ini saya mendapat panggilan service mesin cuci di salah satu pelanggan dengan keluhan tidak bisa spin dan air pembuangan tidak keluar. Merk mesin cuci jenis toploading dengan merk sharp terbaru.

Sebenarnya mesin cuci tersebut terbilang baru, kurang lebih pemakaian belum genap 1 tahun. Agak heran juga sih dengan kondisi terbilang baru namun sudah mengalami masalah.

Kerusakan Mesin Sharp Toploading Tidak Bisa Spin Dan Air Pembuangan Tidak Keluar.

Singkat cerita akhirnya sayapun memperbaiki mesin cuci tersebut. Setelah di cek ternyata motor drain tidak berkerja, sehingga hal tersebut membuat air pembuangan tidak keluar.

Dan ternyata disinilah masalahnya, jelas motor spin tidak akan jalan jika air pembuangan tidak mengalir keluar. Ini disebabkan karena water level sensor masih membaca air didalam tabung mesin cuci.

Saya pun mulai membongkar drain motor tersebut, setelah terbuka dan terlihat ternyata tali pada drain motor yang terhubung ke tuas pembuangan dalam kondisi terlepas, ini membuat tuas tidak tertarik dan tidak bisa mengeluarkan air sisa cucian.

Kasus ini terbilang ringan sesungguhnya, karena kita hanya perlu memasukan kembali tali drain motor kedalam tuas pembuangan air.

Ya, hanya perlu memasang kembali tali tersebut. Karena setelah itu maka drain motor sudah bisa kembali bekerja menarik tuas pembuangan saat proses spin atau pengeringan.

Nah, buat kalian dirumah yang mungkin sedang mengalami permasalaham ini. Maka sebaiknya untuk membongkar body penutup bagian belakang mesin cuci. Setelah terbuka maka bisa melihat kebagian drain motor.

Hidupkan mesin cuci pada mode spin dan start. Lihat apakah tali tuas bekerja. Jika bekerja biasanya ada suara "kretek" seperti tertarik.

Jika tidak maka kemungkinan permasalahan terjadi pada kerusakan drain motor, tali ke tuas lepas atau copot, dan bisa juga karena sirkulasi pembuangan tertutup koin logam dan kotoran.

Masalah lain jika spin atau pengering tidak bekerja juga bisa disebabkan oleh masalah sensor pintu. Cek saja satu persatu, namun jika masalah tak kunjung teratasi, maka segera meminta bantuan kepada tukang service mesin cuci yang sudah berpengalaman.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Terus baca artikel kami yang lainnya dan dapatkan manfaat untuk solusi perbaikan elektronik di rumah Anda.

Artikel Terkait

Kerusakan Mesin Cuci Sharp Toploading Tidak Bisa Spin Air Tidak Keluar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.