Thursday, January 23, 2020

Benarkah Lampu Timer Ac Berkedip Karena Kekurangan Freon


Semalam saya mendapatkan pertanyaan bagus dari salah satu pelanggan, yaitu mengenai permasalahan lampu timer yang berkedap kedip.

Apakah ada hubungannya dengan kekurangan freon atau memang ada kesalahan dalam setting timer pada remot?

Untuk menjawab pertanyaan hal tersebut saya pun merasa perlu untuk mengajukan beberapa pertanyaan balik. Salah satunya adalah bagaimana kondisi Ac tersebut, apakah dinginnya normal atau tidak.

Pada kasus tidak dingin maka biasanya kedap kedip pada lampu timer memang disebabkan oleh kekurangan freon. Ini ada hubungannya dengan thermistor pipa yang tidak bisa membaca hawa dingin.

Pada Ac merk daikin dan panasonic biasanya memiliki protek sistem dimana indikator lampu timer berkedip dan memutus fungsi kompresor jika dirasa tidak atau kurang dingin.

Sensor ini terjadi disebabkan oleh kemapuan thermistor yang tidak dapat membaca hawa dingin pada pipa. Sistem protek ini sebenarnya sangat baik sebagai pelindung kerja kompresor jika unit mengalami kurang freon.

Karena pada dasarnya ketika Ac mengalami kurang freon maka kompresor akan bekerja lebih lama. Kompresor akan berkerja tanpa henti karena memang tidak didukung oleh thermis yang seharusnya memutus kerja jika hawa ruangan sudah dingin maksimal.

Nah, bayangkan jika thermistor tidak mengirimkan sinyal protek yang memutus kerja kompresor. Wah, kompresor bisa jebol deh karena hidup terus tanpa henti.

Mungkin itu sebabkan Daikin dan Panasonic menggunakan sistem ini. Ketika freon kurang maka lampu timer berkedip sebagai tanpa bahwa ada sistem kerja yang tidak beres.

Lalu kenapa ketika Ac kotor dan tidak dingin lampu timer tidak berkedip?

Oke saya jawab.

Jadi begini teman teman. Ketika Ac kotor maka biasanya Ac tersebut tidak akan dingin. Tapi, tidak dinginnya hanya pada ruangan. Bukan pada pipa evap Ac !

Thermistor yang melakukan protek saat Ac kurang freon dan menunjukan tidak dingin hanya berkerja pada thermis pipa Ac. Bukan pada thermis yang ruangan, karena thermis pada Ac ada dua jenis. Pertama thermis ruangan dan yang kedua adalah thermis pipa.

Nah, thermistor pipa ini lah yang melakukan protek dan membuat lampu timer blink atau kedap kedip. Jadi, Ac yang kotor sebenarnya masih mampu menghasilkan dingin pada pipa evap, dimana thermistor pipa berada.

Walaupun Ac tidak dingin, yang hanya disebabkan oleh Ac yang kotor. Maka timer tidak akan berkedip. Itu karena thermistor pipa masih membaca hawa dingin pada pipa evap.

Berbeda jika Ac kurang atau habis freon, maka thermistor tidak bisa membaca hawa dingin pada pipa evaporator. Ya, kurang lebih penjelaaannya seperti itu ya teman teman.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.



Artikel Terkait

Benarkah Lampu Timer Ac Berkedip Karena Kekurangan Freon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.