Sunday, September 3, 2023

Cara Benar Dan Mudah Mengatasi Suara Kulkas Yang Berisik

Cara Benar Dan Mudah Mengatasi Suara Kulkas Yang Berisik


Penyebab Kulkas menimbulkan suara berisik mungkin bisa di sebabkan oleh beberapa hal, salah satunya mungkin terjadi kerusakan pada bagian kipas, penutup belakang kendur, atau terjadi getaran yang tidak wajar. Dalam beberapa kasus, keluhan suara kulkas yang berisik diperlukan pemeriksaan secara teliti dan menyeluruh.

Jika suara kulkas di rumah kalian terdengar lebih kasar atau berisik, sebaiknya jangan menganggap remeh masalah ini. Karena bisa jadi, jika di biarkan malah akan membuat kondisi kulkas menjadi lebih parah. Dan berikut ini cara benar dan mudah mengatasi suara kulkas yang berisik versi seputar dunia elektronik.


Cara Benar Dan Mudah Mengatasi Suara Kulkas Yang Berisik Karena Masalah Sepele.


Suara bersisik mungkin bisa saja disebabkan oleh masalah yang sepele, terdapat skrup atau baut yang longgar misalnya. Biasanya kelonggaran skrup terjadi di area belakang. Perhatikan juga baut atau alas kompresor kulkas, bisa jadi baut tersebut sudah mulai longgar sehingga membuat mesin kompresor menjadi bergetar. Kecangkan skrup atau baut yang longgar. Jika karet kaki kompresor sudah menipis, maka kita bisa menggati alas kaki kompresor tersebut. cara paling mudah adalah membuat ganjalan dari material karet. Ganjalan yang biasa saya pakai untuk alternatif biasanya dari alas sandal jepit.


Kulkas Berisik Disebabkan Oleh Kipas.


Kulkas umumnya memilik fan atau kipas. Untuk kulkas ukuran besar seperti 2 pintu jumbo atau 3 pintu biasanya memliki kipas tambahan di bagian belakang, kipas yang dipakai untuk membuang hawa panas dari kondensor dan kompresor. Biasanya kipas ini sesekali terjadi masalah, kerusakan pada Ass dan bering misalnya, ini akan membuat kipas mengeluarkan suara yang cukup kasar. Jika memang suara kasar pada kulkas di sebabkan oleh kipas, maka sebaiknya kita mengganti kipas dengan yang baru.


Untuk masalah kipas kita juga perlu melihat ke area dalam frezer, disana juga terdapat kipas. Bukan tidak mungkin masalah kulkas berisik juga disebabkan dari sana. Terutama jika kulkas mengalami gangguan pada sistem defrost. Kulkas akan mengalami menumpukan es di dalam evap sehingga membuat putaran kipas menyentuh lapisan es. Untuk masalah ini kita bisa mencoba cara mudah, yakni mematikan kulkas beberapa waktu, minimal 8 jam. Tapi jika beberapa hari masalah kembali terjadi, maka berarti telah terjadi masalah pada komponen defrost. Anda bisa mencari teknisi berpengalaman untuk mengatasi masalah ini dan sebaiknya segera lakukan perbaikan.


Kulkas Berisik Karena Mesin Kompresor Bermasalah.


Taukah kamu, sebuah kulkas dilengkapi jantung mesin yang bertugas sebagai pendingin utama bernama kompresor. Sebuah mesin yang terletak di bagian belakang umumnya berbetuk bulatan besar berwarna hitam. Idealnya kompresor tidak mengeluarkan yang kasar, walaupun tetap mengeluarkan suara namun tidak terlalu berisik.  Pada kondisi tertentu kompresor dapat mengeluarkan suara yang cukup kasar, terutama jika kompresor mulai menunjukan gejala kerusakan.


Suara kompresor yang kasar bisa terjadi karena kondisi mesin yang sudah tua, kurangnya oli atau bahkan mungkin bisa menjadi tanda awal kompresor akan tutup usia. Jika memang suara kasar kulkas di sebabkan oleh kompresor, sebaiknya kita mengganti kompresor dengan yang baru, atau Anda bisa konsultasi lebih dulu kepada teknisi kulkas yang sudah berpengalaman. Opsi mengganti kompresor hanya dilakukan jika kondisi mesin memang sudah benar-benar tidak layak.


Suara Kulkas Berisik Karena Pipa Bersenggolan Dengan Body Kulkas.


Kasus ini juga sering sekali terjadi, terutama pada bagian pipa kapiler yang bersentuhan dengan pipa lain atau bersentuhan dengan body kulkas. Kita bisa chek ke bagian belakang kulkas. Periksa dengan teliti apakah ada bagian pipa yang bersentuhan dengan body kulkas, jika ada maka kita bisa menjauhkannya.


Untuk memeriksa masalah pada kulkas yang berisik sebenarnya cukup mudah. Hanya saja diperlukan ketelitian. Periksa satu persatu bagian kulkas luar dan dalam. Cari sumber suara berisik dan lakukan penanganan. Seperti pada kasus pipa yang bersenggolan misalnya, kita hanya perlu menjauhkan pipa agar tidak bersentuhan. Karena prinsipnya, kompresor menghasilkan getaran yang cukup kuat saat bekerja. Sehingga tiap pipa tidak ada yang boleh bersentuhan, jika bersentuhan maka akan menimbulkan suara yang cukup kasar.


Perhatikan Permukaan Kulkas


Permukaan kulkas harus rata dan sejajar, jika posisi kulkas miring kadang akan membuat suara getaran. Misalnya pada rak dalam, jika posisi penempatan kulkas tidak rata akan membuat rak di dalam mengeluarkan suara. Atur posisi kaki kulkas menjadi rata, kita bisa melakukan penyetelan pada kaki kulkas dengan memutar ke kiri atau ke kanan, sesuaikan sampai posisi kulkas benar-benar rata sejajar.


Suara Berisik Dari Rak Atau Kaca Kulkas Bagian Dalam.


Perhatikan Rak dalam kulkas, bisa jadi masalah suara berisik disebabkan oleh rak atau bagian kaca-kaca di dalam kulkas yang sudah kendur. Perhatikan rak satu persatu, jika sumber suara sudah di temukan maka segera perbaiki. Jika rak kulkas sudah mulai kendur maka kita bisa mengganjalkan atau gunakan lakban bening untuk merekatkan.


Jika tidak mau repot dalam mengatasi suara berisik pada kulkas, maka kita bisa menggunakan layanan Jasa Service Kulkas yang sudah berpengalaman. Mungkin itu saja beberapa penyebab serta cara benar dan mudah mengatasi suara kulkas yang berisik, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Benar Dan Mudah Mengatasi Suara Kulkas Yang Berisik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.