Sunday, September 3, 2023

Cara Benar Merawat Kulkas Agar Awet Tidak Mudah Rusak

Cara Benar Merawat Kulkas Agar Awet Tidak Mudah Rusak



Cara Benar Merawat Kulkas Agar Awet Tidak Mudah Rusak -  Kulkas merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang kita gunakan hampir setiap hari. Namun, sama seperti peralatan lainnya di rumah, kulkas ternyata juga membutuhkan perawatan yang rutin. Selain service kulkas yang dikerjakan oleh teknisi, ternyata kita juga dapat merawat kulkas secara berkala dengan cukup mudah loh. Nah, kenapa sih perawatan kulkas itu sangat penting untuk dilakukan? 

Selain membuat kulkas terlihat tetap gress, merawat kulkas juga akan membuat membuatnya jauh lebih awet. Jika kulkas tidak mudah rusak bukankah kita akan juga menghemat pengeluaran untuk perbaikan kulkas ? Mengingat biaya service kulkas yang cukup mahal, maka merawat kulkas bisa menjadi opsi terbaik agar kita tidak sebentar sebantar melakukan perbaikan kulkas.


Dengan merawat kulkas juga kita akan membuat kualitas makanan di dalam kulkas menjadi higienis terbebas dari bakteri atau kuman jahat. Ada banyak sekali manfaat saat kita melakukan perawatan kulkas. so tunggu apalagi, segera lakukan perawatan dengan baik dan benar minimal 6 bulan sekali.


Berikut ini berapa cara merawat kulkas yang perlu dilakukan secara rutin dan pastikan lakukan dengan benar.


Cara Benar Merawat Kulkas


1. Periksa segel pintu kulkas Segel yang longgar di pintu kulkas memungkinkan udara dingin merembes keluar, membuang energi dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pertama, pastikan segel bebas dari sisa makanan. Kita harus membersihkan segel pintu kulkas sekitar dua kali setahun atau enam bulan sekali dengan menggunakan sikat gigi dan larutan soda kue dan air. Kemudian coba tes dengan menggunakan uang kertas. Jepit uang kertas di pintu kulkas sehingga setengahnya masuk dan setengahnya keluar. Jika mudah lepas, Anda mungkin perlu memeriksakan segel pintu dengan bantuan teknisi. Lakukan perbaikan dengan segera, karena kondisi pintu yang tidak rapat akan membuat kulkas menjadi cepat rusak.



2. Jaga bagian kondensor kulkas tetap bersih Ketika tertutup debu, jika tertutup debu maka kulkas tidak dapat bekerja secara efisien. Setiap enam bulan sekali, tarik mesin dari dinding untuk memperlihatkan gulungan atau bagian di belakang, atau lepas kisi-kisi jika gulungan berada di bagian bawah depan.  Cabut steker kulkas, dan sedot debu maupun kotoran pada kumparan kondensor kulkas menggunakan vacuum cleaner. Jika tidak ada vacum cleaner kita bisa menggunakan kuas dan sikat gigi. Pastikan debu di beagian belakang kulkas bersih maksimal. Catatan : Kulkas memiliki kondensor berbagai type. Kulkas stadar kondensor hanya ada di dalam body, maka bersihkan body kulkas sampai bersih dari debu. Untuk kondensore terlihat atau di bawah, kamu bisa membersihkannya dengan kuas halus sampai kondensor benar benar bersih bebas dari debu.



3. Sebaiknya atur suhu kulkas dengan tepat,  suhu kulkas yang salah akan bekerja terlalu lama atau sebaliknya. Suhu kulkas yang ideal adalah antara 2 sampai 4 derajat celcius dan suhu freezer pada minus 17 derajat celcius, tergantung ukuran PK dari kulkas.  Ada beberapa cara untuk menjaga kulkas pada suhu yang tepat, dan yang paling penting adalah memastikan segel pintu tetap berfungsi baik. Pengaturan suhu kadang menjadi penting, tergantung jumlah makanan di dalam kulkas. Sesuaikan ukuran suhu mengikuti jumlah makanan di dalam kulkas, jangan paksa kulkas bekerja extra.



4. Isi kulkas Kulkas membutuhkan "massa termal" alias banyak bahan makanan di dalamnya untuk mempertahankan suhu rendah sambil menggunakan lebih sedikit energi. Makanan dan minuman dingin sangat membantu menyerap udara hangat yang masuk saat Anda membuka pintu kulkas.  Jika Kamu merupakan tipe orang yang sering makan di luar atau kulkas terlalu besar untuk kebutuhan Kamu, maka cukup simpan beberapa botol air saja di sana. Pastikan Kamu tidak mengisi kulkas terlalu banyak, isi kulkas secukupnya saja. Perlu ada sirkulasi udara di sekitar bahan makanan. Jangan menutupi sirkulasi udara di dalam kulkas. Hindari makanan yang menumpuk terkesan penuh.  Bersiaplah untuk pemadaman listrik Jika listrik padam, cara mudah untuk menghilangkan semua energi yang dihemat adalah dengan membuka pintu kulkas setiap jam untuk memeriksa makanan. Tutup pintunya dan gunakan makanan dari dapur. Kulkas yang belum dibuka akan menjaga makanan tetap aman selama lima jam. Freezer akan mempertahankan suhunya selama 48 jam jika penuh dan 24 jam jika setengah penuh, namun dengan catatat tanpa pintu terbuka dan celah. Kerapatan pintu sangat amat berpengaruh.


5. Bersihkan Ruangan Dalam Kulkas


Penting sekali untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Gunakan lap bersih atau tisu untuk membersihkan bagian dalam kulkas mulai dari rak, bagian frezer, botol minuman dan seebagainya. Lakukan 3 bulan sekali agar tidak ada bakteri jelek yang dapat membuat kualitas isi kulkas menjadi tidak higienis. Untuk bagian body dalam kulkas hindari penggunaan sabun, kecuali untuk rak.  Kalaupun menggunakan sabun pastikan untuk membilas sisa sabun sampai benar benar bersih dan tidak meninggalkan bau sabun.


Tambahan dari saya adalah tetap berhati hati saat listrik padam. Segera cabut colokan, dan ketika listrik hidup maka jangan langsung menghidupkan kulkas. Tunggu beberapa saat minimal 10 menit. ini penting mengingat kulkas di lengkapi dengan Relay yang cara kerjaya tidak bisa langsung. Perlu waktu beberapa saat untuk menghidupkan kulkas setelah kulkas mati, jika di paksakan langsung hidup maka bisa saja membuat relay rusak dan kompresor kulkas tidak akan mau bekerja.


Selain merawat kulkas dengan benar, pastikan juga kamu memilih kulkas sesuai dengan kebutuhan. Ini penting agar tidak salah pilih kulkas. Perhatikan juga posisi menempatkan kulkas. Pastikan jarak body kulkas ada jarak dengan dinding tembok rumah kamu. Jangan terlalu mepet, beri ruang terbuka agar tak mengganggu sistem pembuangan panas kulkas yang ada di body kulkas ( sentuh dinding kulkas maka akan terasa hangat ).


Memilih merk kulkas juga menjadi sangat penting. Pastikan merk yang kamu pilih adalah merk terbaik. Ada banyak merk ternama di pasaran saat ini. kamu bisa memilih salah satunya. Sekali lagi saya sarankan untuk melakukan perawatan kulkas minimal 6 bulan sekali dan kamu bisa merasakan manfaatnya.


Artikel Terkait

Cara Benar Merawat Kulkas Agar Awet Tidak Mudah Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.