Tuesday, December 12, 2023

Penyebab Mesin Cuci Bersuara Kasar Dan Cara Memperbaikinya Sendiri Di Rumah

Penyebab Mesin Cuci Bersuara Kasar Dan Cara Memperbaikinya Sendiri Di Rumah


Seputar Dunia Elektronik - Mesin cuci merupakan sebuah alat rumah tangga yang terbilang penting di era sekarang ini. Penggunaan mesin cuci bisa meringankan pekerjaan dalam mencuci dan juga mengeringkan pakaian.


Terkadang mesin cuci dapat menimbulkan suara kasar yang sangat mengganggu. Mungkin beberapa orang tidak masalah dengan suara kasar yang tiba tiba muncul pada mesin cuci mereka. Tapi sebagian lainnya mungkin akan sangat merasa terganggu bahkan dapat membuat jengkel.


Penyebab Mesin Cuci Bersuara Kasar


Yang perlu di garis bawahi adalah mungkin saja suara kasar pada mesin cuci merupakan tanda awal dari kerusakan yang lebih serius. Jadi, tidak ada salahnya kita segera melakukan perbaikan.


Dalam artikel ini saya akan membahas penyebab mesin cuci bersuara kasar dan bagaimana cara mengatasinya.


1. Posisi mesin cuci tidak rata


Perlu di pahami bahwa penempatan mesin cuci pada permukaan lantai yang tidak rata atau mungkin kaki mesin cuci yang kurang pas akan membuat mesin cuci sedikit berisik saat di gunakan.


Ini disebabkan karena pada saat posisi mesin cuci tidak stabil maka akan bergoyang. Tabung bagian dalam mesin cuci akan bergerak tidak stabil dan ini akan mengakibatkan benturan. Jika sudah begitu maka mesin cuci biasanya akan mengeluarkan suara kasar atau suara seperti terbentur.


Untuk mengatasi ini, sebaiknya kita menempatkan mesin cuci pada permukaan lantai yang rata. Atau jika memungkinkan kita bisa men-setel bagian kaki mesin cuci sampai posisi mesin cuci benar benar rata.


2. Beban terlalu banyak


Perhatikan beban atau jumlah pakaian yang ingin kita masukan ke dalam mesin cuci. Ini penting untuk menjaga fungsi mesin cuci tetap baik. Beban yang di paksakan akan membuat mesin cuci tidak awet.


Jangan terlalu banyak memasukan pakaian ke mesin cuci. Usahakan untuk memilih jenis bahan pakaian dan model pakaian. Hindari memasukan bed cover kedalam mesin cuci terutama jika mesin cuci kita berukuran kecil.


Memaksa kerja mesin cuci dengan beban berlebih biasanya akan membuat beberapa part rusak seperti gearbox, pulsator dan belt. Jika ini terjadi biasanya mesin cuci akan mengeluarkan suara kasar.


3. Ada skurp atau baut yang longgar.


Pada bagian body atau cover belakang mesin cuci di kencangkan dengan Skrup atau baut. Jika skrup kendur maka akan membaut mesin cuci menjadi lebih berisik. Untuk mengatasi masalah ini kita hanya perlu mengencangkan skrup atau baut menggunakan obeng. Pastikan skrup pada mesin cuci terpasang dengan kencang untuk menghindari body mesin cuci bergetar.


4. Bearing Mesin Cuci Aus


Jika bearing atau klaher mesin cuci mengalami Aus, maka biasanya akan menghasil suara yang cukup keras atau bising. Melakukan penggantian bearing di perlukan jika memang kondisinya sudah rusak. Memaksa mesin cuci hidup dengan kondisi bearing rusak selain dapat mengeluarkan suara bising juga dapat mengganggu kerja mesin cuci.


6. Gearbox Rusak


Kasus berisik pada mesin cuci sebagian besar disebabkan oleh kerusakan gearbox. Alat ini rusak biasanya disebabkan oleh penggunaan mesin cuci yang terlalu berat. Jika gearbox rusak maka kita harus menggantinya dengan yang baru.


7. Pulsator Bermasalah


Pulsator memiliki fungsi seperti papan penggilas. Alat ini memiliki peran sangat penting. Pada bagian pulsator terdapat lubang dengan gigi sebagai pengait ke Ass gearbox. Jika gigi ini rusak maka akan bisa mengeluarkan suara berisik.


Agar pulsator tetap awet sebaiknya kita menyesuaikan beban pakaian. Hindari memasukan pakaian terlalu banyak ke mesin cuci. Jika pulsator rusak maka kita bisa menggantinya dengan yang baru.


8. Benda asing


Benda asing seperti pakaian dalam, plastik bahkan kancing baju juga dapat membuat mesin cuci berisik. Pastikan selalu memeriksa pakaian yang akan di cuci. Keluarkan semua benda asing dari saku pakaian untuk menghidari masuk kedalam tabung mesin cuci.


Jika benda asing sudah terlanjur masuk, maka kita bisa mengambilnya dengan membuat pulsator atau bahkan tabung mesin cuci. Untuk melakukan ini sebaiknya kita meminta bantuan kepada teknisi mesin cuci yang profesional.


Itu tadi beberapa hal yang membuat mesin cuci bersuara kasar atau berisik. Selalu perhatikan cara mencuci agar mesin cuci di rumah senantiasa awet dan tidak mudah rusak.


Artikel Terkait

Penyebab Mesin Cuci Bersuara Kasar Dan Cara Memperbaikinya Sendiri Di Rumah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.