Thursday, November 30, 2023

Arti Kode DE Pada Mesin Cuci, Ini Penjelasannya

Arti Kode DE Pada Mesin Cuci

Mesin cuci kamu eror ? keluar kode DE ? tidak usah panik ! Saya akan sedikit menjelaskan kenapa mesin cuci bisa eror dan keluar tanda DE. Jika di singkat, DE merupakan kepanjangan dari Door Eror, dengan kata lain ada masalah pada sensor pintu. Sesuai dengan arti DE tadi, maka sudah jelas sekali bahwa kode yang keluar meruapakan tanda bahwa mesin cuci mengalami masalah pada sistem sensor pintu.


Arti Kode DE Mesin Cuci


Untuk sensor pintu ada beberapa model. Ada yang menggunakan sensor magnet, switch bahkan sensor seperti kaca kecil atau fuse. Saya sih sudah menemukan setidaknya 3 model sensor pintu seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi.


Kerusakan Mesin Cuci Eror DE karena Kabel Putus.


Sebelum memutuskan untuk memvonis bahwa sensor pintunya bermasalah, saya biasanya melakukan pengecekan kabel di awal kerja. ya siapa tau ada kabel putus karena ulah si omen alias tikus burik. Tapi kalau ngak ketemu ada tanda kabel putus, ya kita harus cuirga sama kerusakan sensor. Tinggal cek saja mesin cuci nya pakai sensor pintu model apa. Sensor magnet atau switch ( kita ngak bahas soal sensor model mirip fuse ya, nanti pusing ).


Tiap merk mesin cuci berbeda dalam menggunakan model sensor. Namun umumnya menggunakan sensor magnet dan switch. Untuk memastikan kita bisa membuka area cover belakan mesin cuci bagian atas.


Kode DE karena Sensor Pintu Rusak


Sensor pintu mesin cuci memiliki fungsi untuk memproteksi fungsi kerja putaran mesin saat kita membuka pintu. Sederhananya begini. Jika kita membuka pintu maka kerja mesin otomatis akan berhenti dan jika kita tutup maka mesin akan kembali hidup.


Kerusakan Sensor ini biasanya memberikan tanda berubah alarm warning disertai keluarnya kode DE. Mau jenis sensor switch ataupun magnet pasti tetap akan mengirimkan sinyal eror. Nah, jika mesin cuci di rumah kalian mengeluarkan alarm warning disertai keluarnya kode DE maka bisa saja masalah ini disebabkan oleh kerusakan sensor pintu. 


Untuk mengatasi ini kita bisa mengganti sensor pintu dengan yang baru. Namun untuk beberapa kasus kita juga bisa mem bypass kabel yang menuju ke sensor tersebut. Kabungkan dua kabel yang menuju ke sensor. jumlah kabel juga ada yang 3 kabel ya. untuk memudahkan kita bisa melihat wiring diagram.


Buat kalian yang mau lihat beberapa video mengenai Service Mesin Cuci mungkin bisa mengunjungi Channel Youtube kita di " Masarie Youtube Channel ". Kalian bisa melihat beberapa tutorial tentang perbaikan mesin cuci dan berbagai elektronik disana.



Artikel Terkait

Arti Kode DE Pada Mesin Cuci, Ini Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.