Wednesday, August 17, 2016

Keluhan Ac Bocor Air, Ini Cara Mengatasinya


Keluhan Ac Bocor Air, Ini Cara Mengatasinya
Anda pernah mengalami Ac bocor ? ada air yang menetes pada bagian indoor Ac ? hampir setiap pengguna Ac pernah mengalami ini. Kebocoran air pada Ac bisa terjadi karena adanya penyumbatan sistem pembuangan, keadaan Ac yang sangat kotor menjadi penyebab utama penyumbatan ini terjadi, kotoran yang menumpuk dapat menutup sistem pembuangan, biasanya membentuk lumut atau lendir. Jangan pernah membiarkan Ac anda dalam keadaan sangat kotor, biasakan melakukan service Ac secara berkala.

Lalu bagaimana cara mudah mengatasi kebocoran air pada Ac

Seperti yang sudah di bahas tadi, bahwa kebanyakan penyebab kebocoran Ac disebabkan oleh penyumbatan pembuangan, hal ini terjadi karena kondisi Ac yang sedemikian kotor, maka untuk mengatasi ini anda hanya perlu melakukan service Ac, setelah di cuci biasanya kebocoran air pada Ac tidak akan terjadi lagi, mengingat ketika proses pencucian juga akan membersihkan saluran pembuangan air Ac, dan ini akan memperlancar sistem pembuangannya.

Namun bagaimana jika kebocoran Ac terjadi pada waktu yang tidak tepat, seperti pada malam hari. Tidak mungkin juga kan memanggil jasa service ac di malam hari, setidaknya anda harus menunggu sampai esok hari. Jangan kuatir, anda masih tetap dapat mengatasinya dengan langkah sederhana berikut ini.


Anda hanya perlu mencari bagian pembuangan Ac yang keluar, biasanya berbentuk seperti selang air atau selang flexibel (selang khusus pembuangan Ac). Setelah ketemu anda bisa meniup selang tersebut secara hati hati, tiup dari bagian ujung selang paling akhir (bukan selang yang masuk ke indoor - melainkan selang paling ujung di akhir pembuangan yang menetes keluar), jika ketika ditiup terdapat tekanan berat, maka berarti pembuangan tersebut memang mampet, terus tiup selang hingga terasa lebih ringan ketika ditiup. Anda juga dapat menyedotnya dengan perlahan, tapi ingat jangan terlalu kuat untuk menyedot, bisa bisa air pembuangan malah masuk ke mulut anda dan tertelan :)

Lakukan hal tadi hingga air keluar dengan banyak, dan pastikan seluruh kotoran yang menghambat keluar. Tunggu hingga air di pembuangan benar benar menetes. Namun jika masih tetap bocor, kemungkinan penyebab kebocoran berikutnya adalah terjadi di pembuangan belakang Ac, jika ini terjadi disarankan sebaiknya anda menghubungi tukang service Ac berpengalaman, lakukan pencucian secara menyeluruh hingga kebocoran air pada Ac dapat teratasi.

Demikian cara sederhana mengatasi kebocoran air pada Ac, semoga dapat bermanfaat.


Artikel Terkait

Keluhan Ac Bocor Air, Ini Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.