Friday, August 12, 2016

Mengatasi Keluhan Pompa Air Mati Total


Mengatasi Keluhan Pompa Air Mati TotalMengatasi Keluhan Pompa air Mati total - Pada kesempatan kali ini " seputar dunia elektronik " akan membahas sebuah permasalahan yang sering terjadi pada pompa air, yaitu mati total. Mengingat pentingnya pompa air bagi kebutuhan akan sumber air bersih di rumah anda, maka kami ingin sedikit berbagi pengalaman bagaimana sebenarnya cara menangani pompa air yang mati, banyak penyebab yang bisa saja membuat pompa air mati, namun jika anda adalah orang yang awam dalam menganalisa penyebab kerusakan pompa air seperti mati total, maka kami akan sedikit membantu anda dengan berbagai penjelasan berikut ini.

Sebelum menyimpulkan penyebab pompa air yang mati, ada baiknya kita mengetahui sedikit penyebab penyebabnya, karena ada banyak penyebab yang membuat pompa air mati total dan berikut ini beberapa penjelasannya.

KABEL POWER PUTUS
Kabel power yang putus akan membuat pompa air anda mati, tidak adanya listrik yang terhubung menjadi penyebab pompa air tidak akan menyala, untuk mengatasinya silahkan anda periksa kabel listrik pompa air anda dan pastikan tidak ada yang terputus, jangan lupa untuk memeriksa stop kontak pompa dan juga sumber listriknya, jika anda tidak mengerti ada baiknya menghubungi tukang pompa air yang telah berpengalaman, anda dapat mencari tukang pompa di sekitar rumah anda ataupun dapat mencarinya di internet, seperti penyedia jasa service pompa air www.tirtaelektronik.com. Namun jika anda sedikit mengerti akan instalasi listrik, maka anda dapat memeriksanya sendiri. Cek arus listrik dari sumber kelistrikan pompa air dengan menggunakan tespen - diutamakan menggunakan multy tester sebagai pengukur, perhatikan apakah lampu tespen menyala atau tidak ketika kita mencolokan tespen ke lubang stop kontak, cara melihatnya adalah dengan memperhatikan lampu pada tespen, jika menyala itu berarti listrik dalam keadaan baik, namun jika tidak menyala atau menyala dua duanya maka itu menandakan listrik mengalami masalah, setelah memastikan listrik power terhubung atau tidak, sekarang periksalah kabel colokannya, pastikan tidak ada kabel yang putus, jika ada yang putus anda hanya perlu menyambungkannya saja.


OTOMATIS POMPA YANG RUSAK
Kerusakan otomatis juga dapat menyebabkan pompa air mati, otomatis sendiri terdiri dua jenis, yang pertama adalah otomatis pompa air yang terdapat di mesin pompa dan satu lagi otomatis di penampungan air atas atau toren yang disebut radar pelampung, segera periksa apakah otomatis pompa dalam keadaan baik, anda bisa melangsungkan kelistrikannya dengan cara menyambung dua kabel yang menuju ke otomatis, jika pompa menyala ketika kabel di bypass atau disambungkan, maka dapat dipastikan otomatis pompa air anda mengalami kerusakan, segera ganti otomatis pompa air dengan yang baru. Pemeriksaan juga harus di lakukan terhadap otomatis pompa air radar pelampungnya, jika radar pelampung juga mengalami kerusakan, anda juga dapat mengganti otomatis radar pelampungnnya dengan yang baru.


DINAMO TERBAKAR
DINAMO TERBAKAR
Motor dinamo yang terbakar juga dapat membuat pompa air mati total, gulungan pada dinamo biasanya sudah terputus karena pengaruh terbakar tadi, namun ada sebagian dinamo motor yang menggunakan fuse pemutus, fuse ini berguna untuk memutuskan arus listrik yang menuju ke motor gulungan ketika pompa mengalami gangguan, pastikan anda memeriksa gulungan dinamo dengan melihat fuse dinamonya terlebih dahulu, jika rusak anda bisa segera menggantinya, namun jika gulungan terlihat terbakar atau mengeluarkan bau terbakar, maka gulungan dinamo motor harus di gulung ulang atau di ganti.

Baca Juga : Mengatasi Pompa Air Rusak Terdengar Suara Mendengung

STOP KRAN TERTUTUP
STOP KRAN TERTUTUPStop kran yang tertutup juga dapat membuat pompa air tidak bekerja, stop kran yang tertutup akan membuat otomatis pompa bekerja, ketika tekanan semakin tinggi karena kran tertutup, maka akan membuat otomatis pompa memutuskan arus listrik yang membuat pompa air mati. Segera buka stop kran agar air dapat kembali mengalir dan membuat pompa air menyala, usahakan untuk memasang stop kran di dekat instalasi terdekat dari pompa, ini bertujuan untuk memudahkan pemeriksaan ketika pompa air mengalami kerusakan.

KAPASITOR RUSAK
Kapasitor sangat berperan besar dalam mendorong perputaran dinamo, jika kapasitor lemah atau rusak maka dinamo tidak akan mampu berputar atau menyala, kerusakan pada kapasitor pompa air dapat dilihat dari keluarnya suara menahan ketika pompa air di nyalakan, seperti suara mendengung, dinamo tidak bergerak dan hanya mengeluarkan suara menahan. Cek kapasitornya dengan multy tester, jika kapasitor rusak anda bisa segera menggantinya dengan yang baru.

BEARING RUSAK ATAU MACET
Bearing dinamo rusak juga akan membuat pompa air tidak mampu berputar, biasanya menimbulkan kemacetan putaran karena gesekan dari bearing yang sudah tidak baik, kerusakan bearing juga dapat di lihat dari suara yang mendengung dan suara pompa yang sangat keras, namun jika sudah sampai macet biasanya hanya akan mengeluarkan suara mendengung seperti menahan. 




*jika anda tidak berpengalaman ada baiknya untuk meminta bantuan ke tukang service pompa air yang telah berpengalaman.

Artikel Terkait

Mengatasi Keluhan Pompa Air Mati Total
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.