Wednesday, August 10, 2016

Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon


Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon

Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon Ac - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai proses pemvacuman Ac dan proses bagaimana melakukan pengisian freon Ac, namun ada baiknya anda membaca artikel kami sebelumnya mengenai "Bagian Komponen Ac split" agar anda semakin mengerti, sebenarnya untuk proses dan pengisian freon tidaklah terlalu sulit, asalkan terlebih dahulu anda mempelajari dan mengetahui bagian komponen Ac secara keseluruhan. 

Proses vacum Ac membutuhkan kesabaran, mengingat proses vacum yang dilakukan memerlukan waktu yang tidak sebentar, paling tidak akan membutuhkan waktu agak lama dari pada pemasangan Ac tanpa proses vacum, anggap saja anda membutuhkan waktu 30 menit lebih lama dari pemasangan ac biasa yang pemasangannya tanpa melakukan pemvacuman, lumayan lama kan :), walaupun waktu pengerjaan lebih lama, namun pada proses pemasangan Ac dengan melakukan pemvacuman dapat dikatakan merupakan prosedur pemasangan paling sempurna, tentunya akan mendapatkan hasil kerja yang lebih baik pula.

Baca juga : Cara Membersihkan Filter Ac Sendiri

Lntas bagaimana proses pengerjaanya, simak penjelasan berikut ini :

  1. Pasang selang MPG ( Manipol Pressure Gauge) biasa di sebut dengan nama meter gas, pasang selang ke kompresor dengan selang warna biru ke SUC (tekanan rendah) dan warna merah ke DIS (tekanan tinggi).
  2. Hidupkan atau coba sistem Ac, perhatikan tekanan pada MPG. Tekanan standar pada high pressure menunjukan : 15 - 17 kg/cm2 dan low pressure 1 1/2 - 2 kg/cm2, apabila tekanan kurang dari ukuran itumaka matikan system Ac dan lanjutkan pada langkah pemvacuman.
  3. Lepas selang kuning untuk pembuangan sisa refrizregrant pada sistem dan buka kedua keran warna biru dan merah secara perlahan,mengapa harus perlahan? karena untuk mencegah oli keluar dari kompresor, setelah habis terbuang semua maka tutup kembali kedua keran tadi.
  4. Pasang selang warna kuning pada tabung refrizregrant, tabung gas harus dalam keadaan tertutup, lakukan proses pemvacuman dengan menghidupkan mesin vacum, buka semua keran (3 keran), waktu vacum bervariasi, ada yang 10 menit dan 20 menit, makin lama makin baik, terutaman untuk freon jenis R32.
  5. Tutup semua keran pada MPG dan matikan mesin vacum,tunggu sampai beberapa saat untuk memastikan tidak adanya kebocoran pada sistem, untuk mengetahui ada kebocoran atau tidaknya anda dapat melihat jarum pada MPG,  jika jarum bergerak dan cenderung naik, maka ini mendandakan ada kebocoran, namun jika stabil dan jarum tidak naik, maka sudah tidak ada kebocoran pada sistem, jika jarum stabil maka anda dapat menghidupkan kembali mesin vacum untuk melakukan pemvacuman kembali, ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem benar benar bersih dan sudah tidak ada lagi angin di dalam sistem.
  6. Langkah berikutnya adalah proses pengisian freon, lakukanlah pengsisian freon secara perlahan, jangan terburu buru, isi penuh freon dengan tetap memperhatikan ampere kompresor, sesuaikan tekanan freon dengan ampere kompresor.
  7. Setelah proses pengisian freon selesai, lanjutkan dengan melepaskan selang dari kompresor dan tabung freon, tutup pentil dengan baik dan pastikan sekali lagi bahwa tidak ada kebocoran pada sistem, seperti kebocoran pada neuple maupun tutup pentil.
Demikian tadi proses vacum Ac dan pengisian freon Ac, namun untuk jenis freon lain seperti R32 usahakan prosesnya lebih teliti lagi, mengingat jenis freon ini sangat sensitif terhadap kotoran dan air, pastikan pemvacuman dilakukan sebaik mungkin, semoga tulisan ini bermanfaat, sampai jumpa pada tulisan kami yang lainnya.

Sumber artikel : dari berbagai sumber
Sumber gambar : http://alatberat1985.blogspot.co.id


Artikel Terkait

Proses Vacum Ac Dan Pengisian Freon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.