Wednesday, August 10, 2016

Sejarah Handphone

Sejarah Handphone
Martin Cooper
Sejarah  Handphone - Adalah Martin Cooper yang pertama kali menemukan handphone pada tahun 1973, tepatnya tanggal 03 April 1973,ia adalah seorang karyawan motorola, walaupun banyak disebut sebut  bahwa penemu handphone adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola, sebuah divisi dimana Martin Cooper bekerja. Ide yang ia cetuskan adalah membuat sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah di bawa untuk bepergian secara flexibel.

Martin Cooper bersama timnya menghadapi tantangan mengenai bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil, mengingat ini belum pernah ada sebelumnya. Namun akhirnya sebuah hanphone atau telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat 2 kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$ 1juta. Pada tahun 1983, handphone portabel berharga US$4 ribu (36Juta Rupiah) setara dengan US$10ribu (90juta).

Baca juga : Mengatasi Keluhan Handphone Tidak Dapat Signal (No Signal)

Setelah berhasil memproduksi handphone, tantangan berikutnya adalah mengadaptasi insfrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi handphone tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, ini setara dengan lima chanel TV yang tersalur keseluruh dunia.

Amos Joel Jr
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi seluler adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia,kelahiran 12 Maret 1918, ia diakui oleh dunia sebagai pakar dalam bidang switching, dia sangat berperan besar dalam komunikasi seluler pada saat itu, Amoes Joel Jr membuat sistem penyambung (switching) telepon genggam dari satu wilayah sel ke wilayah sel lainnya, switching ini bekerja ketika pengguna handphone bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lainnya sehingga pembicaraan tidak terputus, karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan handphone menjadi nyaman.

Meski Martin Cooper yang berperan besar pada penemuan handphone pertama kali namun sayangnya pada saat itu justru Motorolah yang lebih dikenal sebagai perusahaan yang menemukan handphone, pada saat itu kapasitas baterai hanya mampu bertahan tidak lebih dari 20 menit ketika di gunakan.


Artikel Terkait

Sejarah Handphone
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.