Sunday, September 11, 2016

Berbagai Macam Virus Yang Bisa Menyerang Ponsel Dan Cara Penyebarannya

Berbagai Macam Virus Yang Bisa Menyerang Ponsel Dan Cara Penyebarannya

Sistem keamanan yang tidak terlalu baik disinyalir menjadi penyebab mudahnya virus masuk ke sebuah ponsel, caranya-pun bermacam-macam,bisa melalui koneksi bluetooth,aplikasi,file korup,infared,wifi,internet,email,bahkan media sosial seperti facebook dan twiter.

Virus ini akan merusak sistem pada ponsel maupun penghapusan data, tergantung dari jenis virus itu sendiri. Setiap jenis virus mempunyai efek merusak yang berbeda-beda, yang paling parah adalah merusak program pada ponsel. ketika program dirusak maka akan banyak data yang ikut dirusak,hilang,dan bisa juga membuat sistem pada ponsel benar-benar lumpuh.

Ada dua virus yang setidaknya dapat dikatakan merupakan virus ponsel paling populer, yaitu Worm dan Trojan Horse, dari kedua virus inilah berbagai macam virus lainnya disebarkan.

Worm 

Worm atau biasa disebut virus cacing, merupakan sebuah virus yang bertempat tinggal pada memori ponsel yang aktif dan memilki kemampuan menduplikasi dengan sendirinya. Virus ini menyebar ke ponsel melalui email,chatting,LAN,dan bluetooth.

Salah satu contoh virus worm adalah cabir. Cabir menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk kedalam ponsel melalui inbox.  Cara kerjanya adalah dengan menginfeksi akses bluetooth yang terbuka. Cabir memiliki nama lain yakni SymbOS/Cabir.A atau bisa juga dinamai Cabir.A,worm atau bisa juga disebut virus Caribe.

Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik sekitar 15-20 menit sekali. Sebenarnya cabir tidak akan merusak ponsel dengan kerusakan yang serius, hanya akan menguras baterai karena sistemnya membuat ponsel melakukan pencarian buletooth ke perangkat lainnya. Untuk mencegah atau menangani virus ini sebenarnya cukup mudah, hanya perlu mematikan perangkat Bluetooth pada ponsel kita dan mengaktifkan perangkat Bluetooth saat dibutuhkan saja.

Selain cabir salah satu virus worm lainnya adalah Commwarrior, virus ini menyebar melalui MMS dan koneksi Bluetooth, uniknya setiap tanggal 14 ponsel akan me-Reset dengan sendirinya jika telah terinfeksi virus ini. Nama lain dari virus ini adalah SymbOS/Commwarrior.a. Virus ini bekerja dengan mengirim file yang menarik ke ponsel kita, untuk mengatasinya sebaiknya Anda jangan menyalakan perangkat Buletooth secara sembarangan, gunakan pada saat yang di butuhkan saja.

Baca juga : Mengatasi Keluhan Hanphone Tidak Dapat Signal ( No signal)

Trojan Horse

Trojan Horse merupakan suatu program jahat yang berpura-pura ramah, jenis virus ini sangat pandai berkamuflase, akan sangat sulit mengenali virus ini. Trojan dapat merusak program ponsel (sangat berbahaya). Trojan tidak dapat menduplikasi dirinya seperti halnya wrom.

Salah satu jenis trojan adalah Skulls yang memiliki nama lengkap SymbOS.skulls, virus ini memilki nama lain SKULLS.A.  Virus ini bekerja dengan mengganti sistem pada operasi ponsel dan mengubah ikon menu utama menjadi gambar tengkorak, parahnya lagi skulls bukan hanya merubah gambar, namun juga dapat melumpuhkan aplikasi yang ikonnya telah di ubah tadi. Skulls memiliki tiga jenis, yakni Skulls A, Skulls C, dan Skulls H

Cara mencegah virus ini adalah dengan menolak untuk menginstall aplikasi ini dan selalu menutup koneksi Bluetooth. Salah satu jenis virus Trojan lainnya adalah Doomboot, virus dooboot bekerja dengan membuat file korup, setelah ponsel terinfeksi maka doomboot akan menempatkan virus lainnya kedalam ponsel, efeknya adalah membuat ponsel tidak dapat melakukan booting. Biasanya virus ini masuk seolah-olah menyerupai game doom versi symbian.

Virus ini sangat pandai sekali menyaru atau menyamar, sebagian orang tertipu karena ponsel tidak akan memunculkan tanda walaupun sudah terinfeksi. Virus ini juga akan mudah menyebar melalui Bluetooth dengan membuat baterai menjadi boros. Yang paling berbahaya dari virus Doomboot adalah menyebabkan ponsel tidak dapat melakukan booting ketika kita mematikan ponsel dan menyalakannya kembali.

Berikut tadi berbagai macam virus yang bisa menyerang ponsel dan cara penyebarannya, jika Anda memiliki informasi tambahan, silahkan tulis dikolom komentar. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Berbagai Macam Virus Yang Bisa Menyerang Ponsel Dan Cara Penyebarannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.