Wednesday, September 14, 2016

Mengatasi Dispenser Bocor Air

Mengatasi Dispenser Bocor Air


Mengatasi Dispenser Bocor Air

Dispenser merupakan sebuah peralatan elektronik rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penampung air minum, peran dispenser pada keperluan rumah tangga sudah terbilang penting. Fungsi dispenser bukan hanya saja sebagai penyimpan air, namun dapat mendinginkan air serta memanaskan.

Seiring dengan perkembangan elektronik dispenser mengalami beberapa perubahan dari pertama awal kemunculannya, dari yang tidak dapat mendinginkan air hingga sekarang mampu mendinginkan air minum, bahkan sebagian memiliki fitur tempat pendingin seperti kulkas mini.


Keluhan yang paling sering di alami oleh dispenser adalah kebocoran air, ini dapat terjadi karena beberapa penyebab, diperlukan pemeriksaan yang medalam dan teliti. Berikut ini beberapa penyebab kebocoran pada dispenser dan cara mengatasi dispenser bocor air.

Kran - Kebocoran yang disebabkan oleh kran

Mengatasi Dispenser Bocor Air


Kebocoran pada kran paling sering terjadi, pemakaian yang tidak hati-hati disinyalir menjadi pemicunya. Jika kebocoran terjadi pada kran pemanas maka itu disebabkan oleh efek air panas yang keluar. Cara menanganinya adalah dengan mengganti kran yang rusak atau bocor, pastikan mengganti dengan kran yang ukuran dan lubang dratnya sama, jika berbeda maka Anda akan menemukan kesulitan pada proses pemasangan.

Baca juga : Cara Mengatasi Kerusakan Handphone Setelah Tercebur Ke Air

Sambungan Selang 



Sambungan selang yang pecah atau sudah tidak rapat juga akan memicu kebocoran air pada dispenser, biasanya ini terjadi pada instalasi selang yang dilalui air panas. Pastikan untuk memasang selang lebih kuat dan rapat, jika selang robek atau pecah Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Tatakan Galon Pecah



Tatakan untuk meletakan kepala galon pada dispenser juga sering menyebabkan kebocoran, seperti pecah atau retak. Jika ini terjadi Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Jika terjadi kebocoran pada sisi-sisinya sementara tatakan masih terlihat normal, kemungkinan ini disebabkan oleh karet/seal yang melingkar di bagian bawah tatakkan.

Tabung Bocor 

Tabung pendingin atau air biasa


Tabung pemanas


Tabung bagian dalam dispenser juga kerap kali mengalami kebocoran, entah disebabkan karena tabung bocor/rembes maupun seal karetnya yang rusak. Untuk mengatasi ini Anda harus melepas total casing dispenser hingga bagian tabung dalam terlihat, letak tabung pendingin ada pada bagian atas sementara tabung pemanas pada bagian bawah, ini posisi peletakan tabung paling umum.

Sebenarnya masih ada beberapa penyebab kebocoran lainnya yang biasa terjadi pada dispenser, dan untuk memeriksanya harus dilakukan secara menyeluruh, misalnya seperti pada tutup di pembuangan akhir (tempat pengurasan air - posisinya di belakang dispenser bagian bawah), terdapat instalasi pipa yang pecah dan lain-lain, kami akan membahasnya di tulisan lainnya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan terus dapatkan update seputar elektronik di seputar dunia elektronik.

Artikel Terkait

Mengatasi Dispenser Bocor Air
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.