Thursday, September 15, 2016

Cara Membersihkan Ac Sendiri Di Rumah Step By Step

Cara Membersihkan Ac Sendiri Dirumah Step By Step | seputar dunia elektronik



Mencuci Ac memang baiknya menggunakan jasa service Ac profesional, namun tidak ada salahnya melakukannya sendiri, selain dapat menghemat pengeluaran, membersihkan Ac sendiri  juga bisa dijadikan media praktek bagi Anda yang sedang ingin belajar mencuci Ac. Jika Anda ingin mengetahui cara membersihkan Ac sendiri di rumah step by step, maka Anda wajib menyimak langkah-langkahnya dalam tulisan berikut ini.

Ingatlah untuk  selalu membersihkan Ac secara berkala dan teratur,  banyak sekali manfaat yang akan di dapat jika Ac selalu dalam keadaan bersih, silahkan baca juga manfaat service ac secara berkala. Ac yang bersih jauh lebih hemat listrik, lebih dingin, menghasilkan udara bersih, lebih awet, dan banyak manfaat lainnya terutama bagi kesehatan.


Perlengkapan :

  • Kuas
  • Sikat Gigi
  • Selang
  • Semprotan 
  • Obeng
  • Tespen
  • Kain lap bersih
  • wadah seperti ember
Setelah perlengkapan sudah disiapkan maka kini saatnya memulai prakteknya, dan berikut cara membersihkan Ac sendiri dirumah step by step :

Bagian Indoor Unit

Perhatian !! untuk mencabut listrik Ac dan sensor Ac

1. Buka filter Ac

Buka filter Ac sebelum membuka casing Ac, perlahan saja mengingat akan ada banyak debu yang menempel, baiknya anda menjauhkan si buah hati jika sedang melepaskan filter atau mencuci Ac.

Setelah filter terlepas Anda bisa langsung mencucinya hingga bersih, gunakan sabun agar hasilnya lebih maksimal, namun jangan disikat.

Gunakan bahan yang lembut untuk membersihkannya.

Baca juga : Cara Membersihkan Filter Ac Sendiri

 2. Buka casing Ac

Langkah selanjutnya adalah membuka casing Ac, ingatlah untuk membuka skrup nya atau pengait lainnya, namun jika tidak mau repot, maka casing tidak perlu dibuka, gunakan kain lap saja untuk membersihkannya (namun nanti setelah evaporator sudah dibersihkan - baca langkah ketiga).


Catatan : Jangan sampai ada pengait atau body yang patah, jangan lupa juga untuk membuka sensor Ac (berhati-hatilah untuk sensor). Cuci casing (jika bisa dibuka) dengan bersih dan lap dengan kain bersih sampai kering.

3. Bersihkan indoor pada bagian evaporator

Selanjutnya adalah membersihkan indoor Ac pada bagian evaporator, bisa dengan menggunakan semprotan maupun selang yang dialiri air,  bisa juga menggunakan kuas atau sikat gigi. Namun jangan tergesa-gesa agar air dan kotoran tidak tumpah kemana-mana, jika Anda bisa memasang plastik (seperti tukang Ac) maka itu lebih baik.

4. Bersihkan fan  indoor 

Setelah evaporator kini beralih untuk membersihkan fan indoor. Fan indoor adalah tempat menghasilkan hembusan angin, terletak di bagian bawah agak dalam di indoor unit, bentuknya seperti celah pori bersirip. (lihat gambar disamping).

Anda bisa membersihkan bagian fan ini dengan menggunakan kuas, sikat gigi atau kain lap untuk membersihkannya. Pada gambar disamping pembersihan dilakukan dengan menggunakan Air, namun harus dengan plastik penampung. Jika Anda belum mengerti mohon untuk tidak melakukan seperti di gambar.  Penggunaan kuas atau sikat gigi lebih aman karena terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Catatan : Sebelum membersihkan bagian indoor ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Cabut colokan atau listrik Ac
  • Sensor harus di lepas
  • Hati-hati terhadap module Ac
  • Baiknya menggunakan plastik (seperti yang di gunakan tukang Ac pada umumnya)
  • Jika menggunakan air , maka pastikan Ac sudah kering sekali
  • Gunakan kain lap yang lembut untuk mengelap

Bagian outdoor unit 



Untuk bagian outdoor unit / kompresor unit langkah untuk membersihkannya terbilang mudah. Anda bisa menyiramnya langsung dengan air atau dengan selang air, tidak perlu membuka casing agar kelistrikan outdoor lebih aman dari siraman air.

Penting !! : untuk jenis inverter untuk berhati-hati dalam melakukan pembersihan dengan air, karena ada komponen kelistrikan di bagian dalam outdoor (module inverter). Jika kurang hati-hati maka bisa saja module inverter tersebut tersiram dan menyebabkan kerusakan fatal.

Anda bisa membersihkan outdoor unit lebih sering, mengingat bagian ootdoor unit lebih cepat kotor karena posisi pemasangannya di luar ruangan. Demikian tadi cara membersihkan Ac sendiri di rumah step by step, semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya :

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Ac Sendiri Di Rumah Step By Step
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.