Thursday, September 15, 2016

Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air


seputarDuniaelektronik.com | Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air - Sensor pada Ac merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem kerja Ac yang berhubungan dengan fungsi remote, sensor Ac seakan memberikan fungsi perintah kepada Ac yang dapat disesuaikan dengan kehendak penggunanya namun tetap pada fungsi yang sudah disesuaikan. Seperti saat kita ingin menaik turunkan temperatur, mengatur swing, menyetel fan speed atau fitur lainnya, maka remote-lah yang memiliki fungsi-fungsi tersebut.  Hanya dengan remote kita dapat mengatur semuanya, dan sensor Ac lah yang menjadi perantara dari fungsi-fungsi tersebut menuju komponen lainnya yang mengatur program utama yaitu module Ac.

Gejala kerusakan pada sensor biasanya ditandai dengan tidak berfungsinya tombol remote ketika di tekan atau di operasikan, namun ini hanya jika remote dalam keadaan baik, dengan kata lain memang kerusakan benar-benar disebabkan oleh permasalahan pada sensor. Kerusakan sensor Ac dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah terkena air pada saat proses pencucian.

Lalu bagaimana cara mengatasi sensor Ac yang terkena air ?  dan apakah basah pada sensor Ac dapat menyebabkan kerusakan ? Berikut penjelasannya.
Baca juga : Fungsi Dan Penjelasan Tentang Thermistor Ac
Apakah sensor Ac yang basah terkena air dapat rusak ? ya bisa ! Jika sensor Ac basah ketika listrik dalam keadaan hidup maka besar kemungkinan akan mengalami konslet, ini yang akan membuat sensor Ac rusak. Lalu bagaimana jika listriknya di matikan pada saat sensor Ac terkena air (saat pencucian) ? ini lebih meminimalkan resiko kerusakan, walaupun tetap ada kemungkinan, namun paling tidak jika listrik dimatikan akan lebih aman dari bahaya konsleting.  Pada akhirnya tetap saja kehati-hatian dalam melakukkan pencucian Ac-lah yang patut di perhatikan.

Ketika sensor Ac rusak/mati karena basah sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini sebagai langkah perbaikan.
1. Keringkan mata sensor /sensor Ac dengan menggunakan kain kering atau tisu, lebih bagus lagi Anda bisa memanaskan sensor yang basah dengan menggunakan korep api, namun jangan sampai membakarnya, usahakan sampai sensor Ac benar-benar kering.

2. Jika cara di atas belum berhasil maka Anda bisa melepaskan sensor Ac yang basah tadi dan membiarkannya kering melalui bantuan sinar matahari, biarkan beberapa saat sampai sensor Ac tidak basah lagi, sebelum menjemurnya Anda bisa melepaskan sensor Ac terlebih dahulu, namun hati-hatilah dalam melepasnya.

3. Cara lain adalah dengan cara mematikan arus listrik power, diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali. Namun sensor yang basah juga tetap harus di keringkan. Ingat !! pastikan sampai kering.

4. Gunakan solder, panaskan tiap titik sirkuit pada papan sensor Ac, panaskan kembali titik-titik tersebut, jika di perlukan maka lakukanlah penyolderan baru.

5. Ganti mata sensor, jika sensor basah terkena air maka yang paling sering terjadi adalah terjadi kerusakan pada mata sensor, jika ini terjadi maka Anda bisa mengganti mata sensor dengan yang baru.
Jika cara-cara tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah, berarti sensor Ac Anda dapat dikatakan telah mengalami kerusakkan yang cukup serius, Anda bisa men-servicenya atau ganti dengan yang baru.

Catatan penting sebelum mencuci Ac :
  • Sebelum mencuci Ac ada baiknya melepas sensor Ac
  • Bungkus daerah module Ac agar tidak terkena Air
  • Berhati-hati dalam mencuci
  • Matikan power listrik pada Ac ( cabut colokannya )
Setelah proses pencucian selesai, ada baiknya menyalakan unit Ac dengan menggunakan mode fan pada remote, tandanya adalah yang bergambar kipas. Langkah ini sebagai proses pengeringan Air pasca pencuian. Jika mode ini dipakai, maka hanya kipas atau indoor saja yang menyala, outdoor unit tidak akan menyala, langkah ini dinilai aman sebagai antisipasi kerusakan setelah melakukan pencucian Ac.

Semoga tulisan mengatasi sensor ac yang terkena air dapat bermanfaat, salam seputar dunia elektronik [dot] com

Baca artikel lainnya :

Artikel Terkait

Mengatasi Sensor Ac Yang Terkena Air
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.