Friday, September 30, 2016

Cara Memperbaiki Kerusakan Evaporator Kulkas Yang Bocor Tertusuk Benda Tajam

Cara Memperbaiki Kerusakan Evaporator Kulkas Yang Bocor Tertusuk Benda Tajam


Cara Memperbaiki Kerusakan Evaporator Kulkas Yang Bocor Tertusuk Benda Tajam

Kerusakan evaporator kulkas karena tertusuk benda tajam sudah sangat sering terjadi, ini bukanlah permasalahan baru. Masalah yang ditimbulkan oleh kelalaian pengguna ini dapat di bilang merupakan sebuah kerusakan yang cukup serius.

Langkah yang harus dilakukan ketika frezeer atau evaporator mengalami kebocoran

  1. Jika gas / freon terlihat setelah tertusuk maka sebaiknya Anda mencabut colokan listrik kulkas dan tetap membiarkan pintu kulkas terbuka. Sebaiknya juga segera keluarkan isi kulkas terutama makanan dan air yang terbuka. 
  2. Segera bersihkan sisa es untuk menghindari air masuk ke bagian evaporator yang bocor.
  3. Jangan mencolok kabel listik kulkas, jika anda meminta bantuan tukang service kulkas, maka biarkan sampai tukang kulkas tersebut datang. Namun jika ingin memperbaiki sendiri, maka segera tambal kebocoran agar tidak ada air atau kotoran yang masuk ke evaporator.
  4. Berdoa , hehehe. Semoga tidak ada air dan kotoran yang masuk ke evaporator melalui titik yang bocor. 
  5. Jangan anggap no 4 sebagai lelucon, ini serius !! air atau kotoran yang masuk ke bagian dalam evaporator akan mengganggu sistem sirkulasi dan bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih fatal.
Lalu bagaimana cara memperbaiki evaporator yang sudah bocor ? Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan mengganti evaporator dan yang kedua adalah dengan menambalnya.

Ganti evaporator
Ini sebenarnya adalah cara terakhir, mengingat kebocoran evaporator sebenarnya masih dapat diatasi dengan menambal titik kebocoran, selama kebocorannya tidak besar. Bersiaplah untuk mengeluarkan biaya yang tidak sedikit ketika harus mengganti evaporator.

Tambal Evaporator
Penambalan evaporator hanya dapat di lakukan jika diameter lubang tidak terlalu besar, karena jika lubang kebocoran agak besar maka akan menyulitkan penambalan. Untuk kebocoran dengan sobekkan memanjang juga tidak bisa di tambal, apalagi jika kebocoran menembus ke sisi lainnya dari evaporator.

Baca juga : cara membuka kipas kulkas bagian frezzer atas

Bagaimana proses penambalan ?

1. Pertama cari titik yang bocor, Anda bisa menyalakan kulkas (ingat !! permukaan evaporator dalam keadaan sudah kering dari air )

2. Amplas bagian yang bocor, namun hati-hati debu akibat pengamplasan jangan sampai masuk ke dalam evaporator yang bocor

3. Tambal dengan Lem hijau atau dexton (lem campur)

A. Lem hijau : Panaskan titik yang bocor dari arah bawah (jangan di panaskan pada area yang bocor - lakukan pemanasan dari sisi sebaliknya saja), jika sudah panas, tempelkan lem hijau pada titik yang bocor, biarkan lumer namun dengan gerakan cepat agar cairan lem hijau tidak masuk ke dalam titik yang bocor. Jika lem hijau masuk maka akan menyebabkan penyumbatan.

B. Lem D3xton (lem campur ) - Campurkan kedua lem d3xton, hitam dan putih dengan skala 50:50, jika ingin lebih kering bisa menggunakan lem yang berwarna putih lebih banyak. Setelah itu oleskan lem yang sudah dicampur ke titik yang bocor, diamkan satu hari minimal (5 menit belum cukup walaupun lem dexton dapat kering hanya dengan 5 menit).

4. Setelah proses penambalan selesai maka silahkan untuk mengisi freon kulkas kembali.

*Cara mengisi freon kulkas akan kami bahas pada tulisan yang lainnya.

Catatan sebelum mengisi freon :

  • Gunakan freon yang sesuai 
  • Ganti filter
  • Pasang Pentil
  • Lakukan proses vacum
  • Perhatikan Ampere kompresor
  • Jangan terburu-buru dalam mengisi freon kulkas
Sampai dalam tahap ini maka proses perbaikan kebocoran evaporator pada kulkas telah selesai, namun nyatanya tidak semua bisa mengerjakannya sendiri, terutama bagi mereka yang awam.

Jika Anda belum berpengalaman atau belum cukup mengerti, ada baiknya menggunakan jasa tukang service kulkas yang telah berpengalaman. Demikian tadi cara memperbaiki kerusakan evaporator kulkas yang bocor tertusuk benda tajam, semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Memperbaiki Kerusakan Evaporator Kulkas Yang Bocor Tertusuk Benda Tajam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

July 9, 2018 at 4:50 PM delete

Kalo bagian atas evaperator nya rusak,berpengaruh kah ?

Reply
avatar
January 23, 2021 at 3:59 PM delete

Kalo bagian atas kulkas 2 pintu.ketusuk obeng kecil.dan yg ketisuk bukan arah smping kiri atau kanan.tpi belakang.gimana?

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.