Thursday, October 6, 2016

Cara Memasang Selang Mesin Cuci Satu Tabung

Cara Memasang Selang Mesin Cuci Satu Tabung

Tidak semua orang dapat melakukan pemasangan selang pada mesin cuci satu tabung, pemasangan selang dilakukan dari keran ke selenoid (inlet) tempat air masuk ke mesin cuci. Walaupun tergolong mudah namun jika Anda awam maka tetap saja akan terasa sulit, dan oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberi tahu bagaimana cara memasang selang mesin cuci satu tabung dengan mudah, silahkan untuk Anda simak

#1. Hal pertama adalah menyiapkan selangnya.


Biasanya selang sudah dapat ketika Anda membeli unit mesin cuci baru, namun jika tidak dapat maka Anda dapat membelinya di toko material terdekat di tempat Anda (biasanya ada).

Jika selang sudah siap maka silahkan buka plastik segelnya, lalu siapkan selang. Usahakan untuk meletakkan mesin cuci tidak terlalu jauh dari kran air, ini bertujuan agar selang dapat di atur dengan rapih dan tidak terlalu membutuhkan selang yang panjang.

#2. Pasang ujung selang ke kran air

Setelah Anda mengukur jarak mesin cuci ke keran, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang ujung selang ke kran air (lihat gambar di bawah)


Pasang ujung selang ke kran air lalu kencangkan, usahakan posisi lurus agar tidak bocor.

Lihat gambar di atas : 1 dipasang ke A dan 2 dipasang ke B . Pada gambar diatas ujung keran berbeda, jika pada ujung keran A maka akan cukup mudah memasangnya (hanya tinggal di tekan). Namun untuk ujung kran B, maka ujung selang harus di pasang ke kran dengan cara yang agak sedikit sulit, pemasangannya harus dengan hati2 agar tidak bocor, setelah itu kencangkan.


Cukup mudah bukan ? Baik, selanjutnya pasang ujung selang yang sebaliknya ke inlet (bagian pengisian mesin cuci) lihat kembali pada gambar :


Untuk bagian ujung selang yang ke mesin cuci jauh lebih mudah pemasangannya, Anda hanya perlu memutarnya sampai kencang, perhatikan jangan sampai ada yang bocor. Lihat lagi gambar di bawah untuk lebih lengkapnya (siapa tau Anda masih bingung, hehe)


Dan berikut sketsa lengkapnya :

Bagaimana ? mudah bukan ? Namun beberapa jenis selang memiliki ujung sambungan yang berbeda-beda, Anda bisa menyesuaikannya sendiri. Jika ujung selang hanya menggunakan ring pengerat/pengikat, maka itu jauh lebih mudah , seperti gambar berikut :


Jika Anda masih tetap tidak bisa dan bingung, maka baiknya untuk memanggil tukang mesin cuci, biarkan si abang tukang service mesin cuci yang memasangnya :) , mohon maaf jika penjelasan pada tulisan ini kurang lengkap, Anda bisa tulis masukan di kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga :

Artikel Terkait

Cara Memasang Selang Mesin Cuci Satu Tabung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

6 komentar

February 13, 2017 at 6:27 AM delete

Tq infonya gan...berguna sekali

Reply
avatar
February 13, 2017 at 6:27 AM delete

Tq infonya gan...berguna sekali

Reply
avatar
October 10, 2017 at 9:48 PM delete

wah infonya sangat bermnafaat..sebelumnya saya selalu salah dalam pemasangan selang seperti ini...makasih kak

Reply
avatar
November 17, 2017 at 5:43 AM delete

Good to know..will try it soon

Reply
avatar
November 18, 2017 at 6:36 PM delete

Gan? Setelah dipasang selang, airnya gk bisa masuk ke mesin cuci,, gimana? Tlng sarannya

Reply
avatar
May 16, 2018 at 5:26 AM delete

terimakasih, sangat membantu sekali

Reply
avatar

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.