Monday, May 1, 2017

Tips Lengkap Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Ac

Tips Lengkap Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Ac

Tips Lengkap Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Ac | seputar dunia elektronik - Kerusakan ac paling umum adalah tidak dingin, namun sebenarnya masih banyak jenis kerusakan lainnya. Kebanyakan pengguna akan mempercayakan ac mereka kepada tukang ac jika terjadi kerusakan, meskipun harus dengan mengeluarkan uang yang kadang tidak sedikit.


Ac sendiri di era sekarang ini bisa dibilang memiliki peran yang penting sebagai fasilitas didalam rumah tangga, terutama ketika cuaca sangat panas. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa ac merupakan perlengkapan elektronik yang membutuhkan perawatan ekstra, ac setidaknya harus dirawat dengan pencucian minimal 3 bulan sekali.

Bagaimana jika perawatan ac tidak dilakukan dengan rutin ? jawabanya adalah ac pasti akan mudah rusak. Kerusakan-kerusakan ac memang ada yang ringan, seperti tidak dingin dan bocor air, namun bagaimana jika keluhannya sudah masuk ke fase yang lebih serius? maka bersiap saja anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Ketika ac anda mengalami masalah, coba deh untuk memeriksanya sendiri, siapa tahu anda dapat memperbaikinya. Dan berikut ini kami berikan tips lengkap bagaimana cara mengatasi kerusakan ac, silahkan anda simak.

1. Ac mati total

Ac dengan keluhan mati total biasanya terjadi karena beberapa kemungkinan. Bisa dari colokan listriknya, fuse atau sekring, paling parah adalah kerusakan pada modulenya. Untuk penanganan awal anda bisa memeriksa dulu colokannya, pastikan colokan masih dalam keadaan yang baik.

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa fuse sekring atau kabelnya. Diperlukan sebuah alat multy tester untuk mengukur fuse, jika fuse rusak maka ganti dengan yang baru, fuse ini biasanya terletak pada stop kontak dengan kaki 3 (colokan khusus ac) dan didalam mesin indoor atau module.

Jangan lupa juga untuk memeriksa kabel powernya, mungkin kabel mengalami putus. Gunakan kabel lain yang masih bagus untuk memeriksanya, ini jika anda tidak memiliki multy tester. Jika anda memiliki tester, maka mengukurnya bisa menggunakan tester.

Jika semuanya bagus bagaimana? ini mungkin yang paling sulit. Anda harus memeriksa modulenya (mesin indoor), namun jika anda bukan seorang teknisi ac, sebaiknya segera meminta bantuan kepada tukang ac yang telah berpengalaman.

Untuk keluhan ac mati total, mungkin 3 permasalahan tadi yang biasanya sering terjadi, untuk memastikannya harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

2. Keluhan ac tidak dingin

Jika ac tidak dingin kemungkinan terbesar berhubungan dengan gas freonya, periksalah tekanan freon, pastikan gas freon mencukupi. Jika freon kurang bahkan habis, kemungkinan besar ac anda mengalami kebocoran pada instalasi.

Untuk kebocoran freon anda bisa memeriksa sambungan neuple dan juga unit indoor serta outdoor. Untuk unit anda bisa memeriksa evaporator dan juga pipa kondesator, caranya terbilang mudah, anda tinggal membuka cassing ac sampai evaporator dan kondensor terlihat. Jika unit mengalami kebocoran, biasanya akan ada bekas oli atau minyak yang terlihat, sentuh saja, jika ada cairan seperti oli, maka sudah dipastikan itu merupakan tanda dari kebocoran.

Pipa juga perlu di periksa, pastikan pipa ac anda dalam keadaan baik, jika unit dan neuple aman, maka kemungkinan pipa ac anda mengalami kebocoran, apalagi jika usia pipa sudah terbilang lama atau tua. Coba saja ganti pipa lama dengan yang baru, untuk penggantian pipa dan kebocoran unit sepertinya anda harus menghubungi tukang ac agar tidak repot :)

Bagaimana jika tidak ada kebocoran freon ? Mungkin kompresor atau mesin outdoor mati, coba saja hidupkan ac dan lihat kebagian outdoor, apakah mesinnya hidup atau tidak. Jika hidup dan tekanan freon kurang maka sudah dapat di pastikan ac anda mengalami kebocoran freon. Namun jika kompresor mati, mungkin kompresor anda rusak, perhatikan saja suara kompresor, jika kompresor mati biasanya suaranya tidak terdengar.

Jika outdoor mati total sementara indoor hidup ? Biasanya ini berhubungan dengan kerusakan pada thermistor, mesin tidak akan menyala jika thermistor rusak, coba ganti thermistor dengan yang baru.

Apakah ada kemungkinan lainnya ? ya ada !!!

Anda bisa periksa kipas ac, entah itu pada indoor maupun outdoor. Kipas keduanya harus lah hidup, jika tidak hidup kemungkinan kipas ac anda mengalami kerusakan. Kipas pada ac berfungsi sebagai penghasil angin, pada outdoor berfungsi sebagai pembuang panas, sementara pada indoor berfungsi sebagai penghasil udara atau angin dingin. Jika kipas tidak berfungsi maka pasti akan mempengaruhi sistem kerja ac.

3. Kerusakan ac berisik


Berisik pada ac biasanya di timbulkan akibat body ac yang tidak terpasang dengan benar, atau bisa juga karena cassing ac sudah tidak dapat tertutup dengan rapat ( kendur ). Dan untuk penyebab lainnya bisa dari bearing motor fan yang sudah rusak, jika bearing rusak akan mengeluarkan suara yang sangat kasar, seperti suara gesekan.

Jika cassing kendur, maka anda bisa mengencangkannya, dan jika cassing sudah tidak bisa tertutup dengan baik, maka anda bisa menggunakan plester atau isolasi untuk merapatkannya.

Untuk kerusakan pada bearing, maka pastikan anda menggantinya dengan yang baru. Bearing sendiri terletak pada bagian motor fan, ada pada motor fan indoor dan juga motor fan outdoor. Untuk menggantinya anda harus membuka dulu motor fannya, sekali lagi ini sulit, baiknya anda meminta bantuan kepada teknisi ac yang telah berpengalaman.

4. Remote ac tidak berfungsi

Untuk keluhan ini, anda sebaiknya lekas memeriksa kondisi remote ac anda, mungkin saja baterenya habis, ganti dulu baterenya dengan yang baru. Jika setelah diganti dan remote masih tetap mati, mungkin remote ac mengalami kerusakan, ganti remote ac dengan yang baru.

Selain remote anda juga harus memeriksa sensor ac nya, mungkin juga sensornya rusak, karena jika sensor rusak meskipun remote dalam keadaan yang baik tetap saja akan membuat ac tidak bisa dihidupkan.

5. Ac kedap kedip

Keluhan ac kedap-kedip biasanya disebabkan oleh kerusakan thermistor, kipas mati, dan outdoor rusak. Khusus untuk outdoor rusak biasanya terjadi hanya pada ac berjenis inverter. Kasus kotor pada ac inverter juga dapat menyebabkan ac kedap-kedip.

Cek thermistor untuk memastikan apakah thermistor masih bisa digunakan atau sudah rusak, jika rusak segera ganti yang baru. Jika ac anda inverter dan ac terlihat sangat kotor, maka segera cuci ac sampai bersih. Pastikan juga tekanan freon stabil, freon yang kurang juga terkadang dapat membuat ac kedap-kedip, terutama untuk ac inverter.

6. Ac netes air

Cara untuk mengatasi bocor air atau air netes pada ac adalah dengan melakukan pencucian, biasanya ini disebabkan oleh penyumbatan kotoran. Lakukan pencucian ac secara berkala, jangan tunggu sampai ac-mu sangat kotor.

7. Bunga es pada ac

Jika anda melihat ada es di ac anda, kemungkinan ac anda kekurangan freon. Cek freon ac menggunakan meter gas (manipol) , jika kurang berarti ada kebocoran di instalasi. Perbaiki dengan segera agar kerja kompresor tidak berat dan menimbulkan permasalahan lainnya seperti naik oli atau kemampetan sirkulasi freon.

8. Mesin outdoor mati hidup

Jika mesin outdoor mati hidup kemungkinan terbesar adalah kerusakan pada thermistor, perhatikan setelan remote juga, bisa juga terjadi karena temperatur remote yang terlalu tinggi sehingga mesin outdoor cepat mati.

Itu tadi beberapa kemungkinan kerusakan ac yang biasa terjadi, mungkin tulisan mengenai tips lengkap bagaimana cara mengatasi kerusakan ac bisa dijadikan sebagai petunjuk untuk anda yang ingin memeriksa kerusakan ac sendiri tanpa bantuan teknisi ac. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi channel youtube kami ya bos, klik gambar berwarna merah dibawah ini untuk masuk ke channel youtube kami.



Artikel Terkait

Tips Lengkap Bagaimana Cara Mengatasi Kerusakan Ac
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Di larang mengisi kolom komentar dengan pesan bernuansa judi, agama, ras, suku dan lain lain.